Nokia N8 vs HTC Desire HD

n8desire5.jpg

Bingung menentukan mana ponsel yg cocok buatmu antara Nokia N8 dan HTC Desire HD?  Saya bantu dgn mengutip sebagian perbandingannya dari AAS.

NOKIA N8 vs HTS Desire HD

n8desire1.jpg

Harga

£370 SIM-free
vs

£460 SIM-free

Jelas N8 unggul disini dgn harga yg murah

Firmware Terakhir


v11

vs
Android 2.2

Tidak ada yg bs dibandingkan dsn

Desain dan material

Aluminium shell, atasan plastic, full-face glass capacitive
touchscreen, 135g
vs

Kombinasi plastic dan aluminium, full-
face plass capacitive touchscreen, 164g

Lagi-lagi ini masalah selera, sesuaikan dg dirimu aja.

Dimensi

113 x 59 x 13 mm

vs
123 x 68 x 12 mm

Lagi-lagi masalah selera, tak bisa dibandingkan

Connectivity

Pentaband 3G, Wi-Fi b/g/n,
Bluetooth 3.0, ‘USB on the go’ (to
USB disks/accessories)

vs
Dual band 3G, Wi-Fi b/g/n,
Bluetooth 2.1, DLNA

Masalah konektivitas ini N8 unggul dari Desire, fitur USB OTG memang berhasil mencuri perhatian, plus Bluetooth versi 3.

Input mechanisms


Virtual qwerty landscape
keyboard with writing aids, plus
virtual numeric ‘T9′ input in
portrait mode. Compatible with
most Bluetooth and USB keyboards
vs

Virtual qwerty keyboard in both
portrait and landscape modes,
with excellent writing aids, plus
surprisingly good voice search in
most cases. Compatible with some Bluetooth keyboards

Disini Desire lebih unggul karena penulisan dgn virtual qwerty bisa dalam mode potrait

Durability

‘Gorilla glass’ display and camera
glass, unibody construction, no
obviously removable panels,
access slots very secure
vs
Standard glass display and camera glass, unibody
construction, removable battery
panel on right, removable plastic
rear section for microSD and SIM

Disini jelas n8 unggul karena layarnya memiliki durability yang baik, disilet ga masalah

Display

3.5″ (360 x 640 pixels) AMOLED
with anti-reflection layer,
gorgeous indoors, still quite
readable in sunlight
vs
4.3″ (480 x 854 pixels) ‘Super LCD’, good indoors at full brightness,
hard – but not impossible – to read in sunlight

Walaupun n8 pake layar AMOLED yang membuatnya lbh baik saat dibaca outdoor, tapi luas layar dan pixelnya kalah dr desire. Disini desire lbh unggul

Interface

Symbian^3, kinetic scrolling
everywhere, multi-touch where
needed, three homescreens of
live widgets
vs
Android 2.2 plus HTC Sense, multi- touch where needed, up to 7
homescreens plus multiple
‘scenes’ (sets of homescreens),
heavy widget focus and flexibility
in terms of size and placement

Tidak perlu komen, masalah user interface, symbian masih ketinggalan dari android.

Speed, RAM

Good, with 130MB free RAM and a Broadcom graphics processor to
help out with effects, transitions
and multimedia. Video playback is terrific, with a wide range of codecs supported
vs
Excellent, 623MB user RAM, runs
with over 150MB free even with
many apps running, impressively.
Video playback is patchy – codec
compatibility is theoretically better than the N8, but some
videos showed display corruption
or aspect ratio weirdness/
cropping

Angka sudah berbicara, desire lebih baik disini.

Memory capacity (storage)

250MB of (C:) system disk, plus
16GB mass memory and microSD
expansion. Apps can be installed
on any disk
vs
1.5GB of system disk, plus microSD expansion. Apps can be
specially written to be
transferred to card, though not
that many have been so far.

Jelas disini n8 unggul mutlak bkn hanya dari total memori tapi juga kebebasan penginstalan lokasi aplikasi.

Camera (stills)

Superlative 12 megapixel stills,
with huge sensor, professional
optics and Xenon flash. Exposed
camera glass.
vs
Over-processed but colourful 8 megapixel stills (they don’t bear
enlarging very much), with dual
LED flash. Interestingly, capture
can be quite quick as auto-focus
gets to work as soon as the
device detects that you’ve stopped moving the phone about, so it’s ready for the snap.
Exposed camera glass.

Walaupun kamera desire tetap punya kelebihan, tp secara keseluruhan n8 unggul secara telak.

Camera (video)

HD (1280 by 720) video is superb,
fixed focus but large depth of
field, from 50cm to infinity, CD-
quality 48kHz audio capture in
stereo and with pro-quality digital mikes
vs
HD (1280 by 720) video is decent
and there’s initial autofocus on a
scene, but further focus changes
have to be manually applied by
tapping on the screen. Audio capture is poorish at 8kHz
sampling and in mono only.

Walaupun sama-sama kualitas HD, tapi n8 unggul dari kualitas video dan audio tangkapannya

GPS and navigation

Good GPS, backed up by Nokia Wi-fi location, with Ovi Maps 3.4
worldwide free voice-guided sat-
nav. Maps can be pre-loaded by
continent, country or area or loaded over the air. Includes
digital compass
vs
Good GPS, backed up by Google
Wi-Fi location and the latest
Google Maps and with real time
voice navigation now active in the UK and a number of other
countries. Includes digital
compass. Oddly, also includes a
Locations mapping service, based
on Route 66 software, and which
does include preloaded country maps – but you have to pay for
real time navigation

Sama-sama bagus, tapi nokia memberikan gratis fitur navigasinya, sedangkan di android untuk menggunakan navigasi musti bayar bulanan. So n8 unggul dsn.

Audio out

Loud, medium quality mono
speaker, 3.5mm jack, A2DP, FM
transmitter for sending music or
voice to a car radio, Dolby Digital
Surround Sound (through HDMI port)
vs
Quiet, tinny mono speaker,
3.5mm jack, A2DP, DLNA sharing
to compatible hi-fi, Dolby Digital
Surround Sound

Kualitas speaker n8 setingkat lebih baik.

Web browsing

Symbian Web (webkit-based),
functional without ever really
impressing, though there is Flash
Lite support (including video) if
needed and multi-touch for zooming
vs
Browser with official Flash 10
support, very responsive and fast
to render pages and their
javascript. There’s multi-touch,
multiple windows and also intelligent reflowing of text
blocks after zooming

Symbian ketinggalan masalah browser dari android, jadi desire unggul.

Email

All purpose Mail client provides
‘push’ facilities for Mail for
Exchange, Hotmail, Gmail, Yahoo!
mail and many others – works
well on the whole but some limitations and annoyances
vs
Tightly integrated (and generally
superb) Gmail client, plus a
general purpose POP3/IMAP/
Exchange client

Social networking

A Web Runtime-based, extensible
social tool, currently working for
Facebook (full functionality) and
Twitter (limited functionality).
Overall a little slow and clunky. Some integration with Contacts.
vs
Multiple clients, with Peep,
Facebook, Twitter and the
FriendStream aggregator.
Confusing to set up but eventually
quick and slick, with status updates appearing in the People
(Contacts) applications.

Masalah integrasi dengan sosial network spt facebook desire masih lebih baik.

Other application highlights out of
the box


Quickoffice viewers, Dictionary,
Zip manager, Photo editor, Video
editor, Web TV, Search
vs
YouTube client, Quickoffice viewers, Flashlight, Wi-fi hotspot,
SoundHound, Search anywhere,
BBC News and Weather, (Kobo)
Reader, News (Google Reader
client), HTC Likes (curated
freeware store), Desk Clock, Blocked Callers

Desire lebih kaya aplikasi yang langsung hadir di ponsel

Application store and ecosystem

Ovi Store client v2.0, hundreds of
native Symbian applications are
compatible. There’s currently no
automatic update system and
apps are expected to go online and check for themselves if
updates exist
vs
The Android market boasts many
tens of thousands of applications –
though quality is variable, there’s
no shortage of choice. Application updates are automatically
checked for and offered

Ketersediaan aplikasi pada store dan kemudahan mendapatkannya masih lebih baik desire

Battery and expected life

1200mAh, not strictly user replaceable (though it’s not that hard if you own a Torx T4 screwdriver), microUSB or 2mm charging, moderate users may get two days, nightly charging needed for power users
vs
1230mAh, battery can be
swapped, microUSB charging,
nightly charging needed for all
users. Daytime top-ups needed for power users

Walaupun kapasitas batre n8 lebih kecil tapi lebih baik dari desire. Pemakaian biasa akan menghabiskan batre n8 dlm 2hr sementara desire 1hr, untuk pemakaian berat desire perlu di cas siangnya kalo n8 bs bertahan sampe malam.

Ongoing firmware support and OS updates

Prospects excellent, Nokia are
expected to ship a firmware
update in the next month and then a big upgrade in February, with new browser, re-jigged
homescreen mechanics and new
portrait qwerty overlaid
keyboard. Most experts estimate
support and upgrades will
continue for up to 18 months. Many OS modules and components
can be upgraded as-and-when
using the ‘Sw update tool’ in the
device
vs
HTC do ship updates to their
devices, but the frequency has been erratic and there’s usually a
delay in introducing new versions
of Android due to the work
needed in integrating all the
various extra modules and
functions for their Sense UI.

Untuk penyempurnaan firmware dan OS, n8 masih lbh perhatian.

MANA LEBIH BAIK ?

n8desire4.jpg

Bisa kamu lihat tidak ada yg terbaik diatas, masing2 punya plus dan minus. Jadi kamu musti sesuaikan dgn kebutuhanmu.

Contoh, jika cari hape yang mantap internet, email plus layar luasnya, desire adalah pilihannya. Sebaliknya jika nyari kemampuan kamera dan musik yang baik, ya pilih n8. Jadi kuncinya adalah sesuaikan dgn kebutuhan masing-masing.

Bagaimana jika kebutuhan kita tumpang tindih, jd misal butuh internet mantap dan kamera bagus? Nah disini muncul prioritas, mana yang lebih dibutuhkan?

Saya kutip pakar hape yang punya pandangan berbeda thd 2 pilihan diatas:

Tim Salmon
tim4b.jpg

Tim lebih menyukai HTC Desire karena dia sangat menyukai layar lebar Desire yang cocok buat matanya yang mulai menua, Tim juga senang dengan web browser Desire, apalagi dengan RAM yang besar sehingga dia tidak khawatir kekurangan memori. Tim jarang foto2an, jd dia tak masalah dgn kamera Desire yang kalah kelas, demikian juga dengan batre Desire yang boros tak masalah karena Tim tak pernah jauh dari Charger

Steve Litchfield
s_1518_2.jpg

Steve sebaliknya lebih menyukai Nokia N8 karena lebih ‘ponsel’, steve juga tak mau kehilangan kesempatan foto2 saat acara malam hari. Steve suka mendengar lagu sehingga lebih suka n8, apalagi steve tak perlu khawatir kehabisan batre utk menonton video karena batre n8 akan kuat dipaksa kerja keras sampe malam hari

Nah mereka berdua beda kebutuhan jadi tahu yang terbaik bagi mereka berbeda, mereka juga tahu kelemahannya dan tidak masalah dengan kelemahan tsb. Saya katakan mereka adalah yang tau mana kebutuhan dan prioritasnya.

Bagaimana dengan kamu? Pikirkan lagi… Butuhkah kamu ponsel dengan interface keren ala android? Butuhkah kamu ponsel dengan kamera super?

Nah untuk mengakhiri tulisan ini saya berikan pandangan saya.

Saya akan menggunakan hape hanya buat kebutuhan email, browsing, dan ngeblog aja. Sesekali foto macro untuk keperluan blog jd ga perlu lah kamera canggih2 amat. Musik? Sering juga tapi ga mementingkan kualitas krn biasa dicolok spiker altec saya. Nonton Video jarang di hape.
Wah seharusnya saya lebih cocok dengan HTC Desire kan? Tapi nanti dulu saya lbh suka browse pake operamini jd ga penting lg kehebatan desire, email jg ga butuh canggih2 ama, ngeblog dah cocok dgn wordmobi. Ditambah prioritas saya yang utama adalah batre, durability (suka jatuhkan hp saya) dan harga (buat apa mahal tapi ga sy butuhkan). So pasti saya pilih n8 kalo diantara ke2 hape diatas (kalo boleh milih lagi sy cukup e63 atau e5, atau cukup e51 sy yg skrg).

Bagaimana dgn kamu?

sumber: aas,google

Posted by nokia e51

About these ads

36 comments on “Nokia N8 vs HTC Desire HD

  1. Sepertinya saya masih lebih familiar dengan symbian, tapi pengen juga sih ngerasain android. Mo coba x8 ato tunggu c6-01 aja ya. Ada saran?

  2. Maaf Gak Nyambung ,,Bro…Menurut Master2 disini video Call 3G Nokia bisa direkam gak ? Ada Aplikaskinya gak ?? Thanks yah

  3. Oh ya bro ? Udah ketemu belum aplikasi yang buat rekam video call 3G Nokia ? Kalo gak ada…Ada gak bro,aplikasi buat capture / ambil foto waktu kita lagi video call ?

  4. wah, menurut saya N8 dibenamkan proc dan RAM yang relatif kecil karena sudah mampu menjalankan Symbian bahkan Belle, sedang Android membutuhkan resource yang tinggi CMIIW
    yang jelas disesuaikan dengan kebutuhan + selera, tapi kl boleh memilih,,,,,,, N8 :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s