Ponsel Cina Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Photobucket
diambil dari tulisan kecil yang dimuat di tabloid sinyal nomer 53 di bulan november 2008 yang kebetulan ditulis oleh saya sendiri

Tentu anda sudah pernah mendengar tentang ponsel cina, kadang disebut juga ponsel lokal…., akhir-akhir ini memang banyak iklan tentang ponsel cina beredar di media-media.
Apa sih yang ada dibenak anda saat mendengar istilah ponsel cina?

1. Harga Miring
2. Ada TV-nya
3. Dual On GSM-GSM/GSM-CDMA

Mungkin banyak diantara anda yang meragukan kualitas ponsel-ponsel ini, tapi sebenarnya tidak selamanya begitu. Tapi mungkin tidak kalah banyak juga diantara anda yang telah memilikinya? Saya juga telah membeli beberapa ponsel cina. Beberapa? Mungkin itu menjadi pertanyaan anda, yah saya memang bisa dikatakan memiliki 4 ponsel cina, merek Z, K, H dan G. Dua ponsel saya dibawa kedua adaik saya, sementara yang Dual On GSM saya bawa kemana-mana. Satu saya tinggal dirumah karena perang tarif GSM membuat saya tidak tertarik lagi membawa hape CDMA yang telah 2 tahun saya bawa. Benar…, saya punya ponsel Cina berumur 2 tahun yang masih dalam kondisi baik.

Tapi ada yang mengganjal hati saya, ternyata dari keempat ponsel cina tadi tidak satupun mencantumkan nilai SAR, ato yang lebih dikenal sebagai tingkat radiasi ponsel. Padahal nilai SAR itu adalah standar keamanan internasional terkait radiasi ponsel, dimana kita sering mendengar adanya dugaan bahwa radiasi ponsel bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kangker. Memang ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya, tapi ada juga sedikit penelitian yang menyatakan bahayanya radiasi ponsel.

Mungkin anda cenderung percaya bahwa radiasi ponsel baik-baik saja, selama ini tidak ada masalah kan…, kemudian banyak juga penelitian yang menyangkal berbahayanya radiasi ponsel. Tapi kalo mau sedikit skeptis, mungkin saja berbahayanya radiasi ponsel sengaja ditutupi oleh perusahaan yang bergerak di bisnis ini melalui penelitian-penelitian tadi yang mungkin dibiaya oleh mereka, karena bisnis ini memiliki keuntungan yang luar biasa . Pernyataan ini mungkin bisa direnungkan, mengapa tingkat radiasi ponsel ditetapkan batas atas oleh standar kesehatan internasional jika tidak berbahaya?

Oke lah anggap saja jika standar internasional menjamin keamanan kita untuk ber-ponsel ria, tapi bagimana jika ada produsen yang tidak mencantumkan tingkat radiasi ponsel di buku manualnya?
Yah jawabannya silahkan anda pikirkan sendiri….., saya cuma memberi pertimbangan saja….

28 comments on “Ponsel Cina Berbahaya Bagi Kesehatan ?

  1. Wah, ini sih emang bahaya banget. Bukannya menilai atau merendeah-rendahkan ponsel lokal. Tetapi sebagai konsumen, kita layak untuk tahu dan menerima lebih dari yang kita keluarkan. Ini kan perdagangan. Konsep perdagangan seharusnya memberi nilai dengan ditukarkan nilai, pada satu titik, konsumen akan selalu menang terhadap produsen, dan kalau ada produsen yang pada nyatanya berlaku tidak adil terhadap konsumen itu patut untuk diberikan sangsi. Tidak dicantumkan SAR bukan hanya merugikan ketika kita sebagai konsumen tidak mengetahui kadar radiasi yang mampu menyebabkan kanker, misalnya. Selain itu, bisa saja menimbulkan reaksi berantai, seperti jika kita di pom bensin, apakah aman memakai ponsel lokal ketika menerima panggilan padahal kita tidak mengangkatnya sama sekali. Mungkin, bila radiasinya besar, tanpa diangkat pun mampu menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Hemat saya, hal tersebut sebaiknya diberitahukan kepada YLKI yang menangani masalah keluhan konsumen. Jelas ini sangat merugikan dan memungkinkan timbulnya bahaya dengan tidak mencantumkan nilai SAR pada paket ponsel yang dibeli konsumen, dan konsumen harus lebih mawas diri lagi.
    Trims.

  2. saya 2x beli ponsel cina,dipake telpon lama, bikin telinga sakit kadang sampe pusing& layarnya juga gak adem banget mata cepet capek.. gak tau deh ada hubungannya dengan radiasi ponsel apa ndak..

  3. gini aja dah bagi kalian2 semua mau beli hape cina pilih hape yg benar2 produk asli cina yg sudah go international pasti mutunya baik, jangan pilih produk pesanan produsen lokal yg ke cina sana pake merek buatan sendiri, produk asli cina yg ada di indonesia:
    virtuV
    k-touch
    huawei
    zte
    titan
    haier
    maxtron
    alcatel(venera)
    benQ(discontinue)
    sagem(discontinue)
    vk-mobile(discontinue)
    i-mobile,thailand(tambahan)
    selain produk di atas adalah produk pesanan lokal,jadi jangan beli deh entar nyesal loh…

    • Tetep zte, ktouch dan haier yg sy punya tdk nyantumin SARnya mas.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Ponsel Cina Berbahaya Bagi Kesehatan ?”

  4. iya bener juga sih mas adit SAR ga di cantumkan,tinggal kita aja pintar2 milih hape cina yg sesuai kebutuhan kita

  5. wah gue br liat trnyata di buku manual nexian gue jg ngk ad tingkt SARnya..n wkt liat diwbsetnya jg cm nmpilin gmbar hp ngk ad brp tngk radiasi ni hp..wh gmn t?

    • Kalo mas ga percaya hape menyebabkan kangker ya gpp mas, kalo percaya nelponnya pake speaker ato hf aja.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Ponsel Cina Berbahaya Bagi Kesehatan ?”

    • Cba taruh hp agan dekat speaker aktip lalu miscol ntu hp. Ntar kan itu speaker bakal bunyi “nrutut nrutut” hehehe… Keras nggaknya suara itu nunjukin tingkat radiasinya.

  6. mas,q mw tanya.q punya hp gstar tipe 238.lo buat internetan itu tulisanya besar2.gak enak dibaca n ngabisin pulsa.Bisa gak ya lo internetan jadi kayak nokia yang tulisannya kecul2?

      • Oh ya mas,hp q tu lo kabel datax disambungkan ke komputer,itu ngecharge di komputer.Jadi gak bisa buat transfer data…
        Gimana ya mas caranya biar bias transfer data…
        Tolong dibalas ya mas…

        • Sy duga utk trasfer data mesti pake card reader.

          -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Ponsel Cina Berbahaya Bagi Kesehatan ?”

  7. Setuju……………
    Aku jg lbh nyaman & aman pake Nokia….
    Pd hal dulu aku pake Siemens ME 45 lho & msh ada & idup mpe sekarang. Trus pernah jg pake Soner. 😀
    Mas Adit, thnx ya infonya?! Nti saya sharingkan ke tmn2 deh.

  8. iya sih dengar dengar memang begitu….. tapi hp cina mau merk apa aja perasaan gak pernah ada SARnya deh mas…..

  9. Setelah baca yang di atas saya langsung liat di buku manual hp saya.
    dicantumkan 0,655 W/kg. eh.. itu maksud nya apa ya?

Tinggalkan Balasan

