Nokia 5800, The iPhone Killer

Tertarik membeli ponsel buatan perusahaan komputer Apple yang terkenal dengan nama iPhone?
Anda tidak salah, kehadiran iPhone benar-benar membuat produsen ponsel lain kebakaran jenggot, lalu membuat tandingannya seperti Samsung, LG ato HTC…, Sayangnya tidak satupun yang berhasil menandingi ketenaran iPhone, padahal dari segi fitur tidak kalah dari iPhone, bahkan beberapa lebih baik, ponsel-ponsel itu gagal menjadi iPhone killer.

Baru-baru ini hadir juga Sony Ericsson Xperia 1 (X1), salah satu misinya mungkin sebagai the real iPhone killer, tapi harganya yang 800 USD pasti membuat orang berpikir banyak untuk membeli ponsel ini, kita tau harga iPhone yang di lock (satu paket) dengan salah satu operator di luar sana 199 USD untuk yang 8 GB dan 299 USD untuk yang 16 GB (tapi versi unlock-nya dijual hingga 800 USD juga sebenarnya).

Tapi sekarang hadir calon iPhone killer lain, yakni keluaran produsen ponsel terbesar dunia, Nokia 5800 Xpress Music. Mungkinkah Nokia 5800 bisa menjadi pembunuh iPhone?? Mari kita lihat keunggulan-keunggulan dari Nokia 5800 terhadap iPhone berikut yang saya dapatkan dari beberapa sumber ditambah beberapa pendapat pribadi saya.

Alasan-alasan kenapa Nokia 5800 jauh lebih baik dari iPhone

  1. Ukuran

    Nokia 5800 mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada iPhone, sehingga 5800 lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan.

    Ukuran iPhone: 115,5 x 62,1 x 12,3 mm

    Ukuran Nokia 5800: 111,1 x 51,7 x 15,5 mm

  2. Berat

    Nokia 5800 memiliki berat 25 gram lebih ringan ketimbang iPhone

    Berat iPhone: 133 gram

    Berat Nokia 5800: 109 gram

  3. Resolusi Layar

    Nokia 5800 memiliki layar yang resolusinya jauh lebih baik dari iPhone

    Layar iPhone: Touchscreen 3,5 inci dengan resolusi 480 x 320

    Layar Nokia 5800: Touchscreen 3,2 inci dengan resolusi 640 x 360

  4. Daya Tampung

    iPhone keluar dengan 2 kapasitas memori internal 8GB dan 16GB, tanpa tambahan memori eksternal, sementara Nokia 5800 memiliki slot memori eksternal, dimana pada kotaknya disertai memori 8GB. Pemilik Nokia 5800 memiliki kebebasan untuk menambah jumlah memorinya, dibandingkan pemilik iPhone.

  5. Metode Pengetikan

    iPhone: hanya menggunakan jari

    Nokia 5800: jari, stylus, plectrum dan tulisan tangan

  6. Fitur

    iPhone memiliki banyak fitur yang hilang seperti fungsi cut, copy dan paste, menyimpan lampiran email (attachment email) ke memory, tidak support dengan earphone pihak ketiga (kalo rusak ga bisa beli yang ga ori loh), ringtonenya ga bisa diganti, menambah aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa, banyak memiliki software bugs juga serta beberapa hal-hal teknis lainnya. Sementara Nokia 5800 tidak memiliki masalah tersebut dan banyak tambahan fitur yang lain.

  7. Baterai

    Nokia 5800 mampu memutar musik hingga 36 jam sementara iPhone hanya 24 jam, batre Nokia 5800 bisa dilepas juga, sementara batre iPhone menyatu dengan ponselnya.

    iPhone memiliki waktu bicara 5 jam dan waktu stanby 300 jam

    Nokia 5800 memiliki waktu bicara 8,8 jam dan waktu stanby 406 jam.

  8. Warna

    Warna iPhone hanya hitam (8 GB dan 16 GB) dan putih (16 GB saja), sementara Nokia 5800 ada warna merah, biru dan hitam.

  9. Kamera

    iPhone: 2 MP, tanpa flash, tanpa zoom, tanpa ada kamera video call

    Nokia 5800: 3,2 MP, Flash, 3X digital zoom dengan lensa buatan Carl Zeiss dan ada kamera depan untuk video call dan video conference.

  10. Video Calling

    iPhone tidak bisa digunakan untuk video call, sementara di Nokia 5800 bisa

  11. Video Recording

    iPhone tidak bisa merekam video, sementara Nokia 5800 termasuk video calling.

  12. Layanan Music

    iPhone: layanan berbayar melalui Apple iTunes, kita bayar lalu didownload melalui jaringan operator

    Nokia 5800: label “Comes with Music” membuatmu bebas mendownload music seberapapun kamu mau selama 1 tahun dengan GRATIS

  13. Voice Dialling

    iPhone tidak bisa voice dialling sementara Nokia 5800 bisa

  14. Voice Recording

    iPhone tidak bisa merekam suara sementara Nokia 5800 bisa

  15. Web Browser

    Browser internet iPhone tidak support flash sementara browser internet nokia 5800 sudah mendukung flash.

  16. FM Radio

    iPhone tidak memiliki radio FM sementara Nokia 5800 memilikinya

  17. Bluetooth

    Bluetooth pada iPhone hanya untuk headset bluetooth, tidak bisa transfer file, sementara pada Nokia 5800 bluetooth bisa untuk untuk transfer file dan headset bluetooth. Kualitas audio geadset bluetooth Nokia 5800 lebih baik karena berteknologi A2DP.

  18. Messaging

    iPhone: Tidak bisa memfoward SMS, tidak bisa menghapus beberapa sms (harus satu-satu atau semua), juga tidak mendukung sms ke banyak orang sekaligus, dan juga tidak bisa MMS.

    Nokia 5800: Bisa melakukan semua diatas.

  19. Price

    Nokia 5800 dijual dengan harga 279 euro atau 385 USD tanpa di lock ke operator tertentu, sementara iPhone dijual dengan harga 199 USD dan 299 USD untuk 8Gb dan 16Gb dengan di lock ke operator tertentu, sementara iPhone yang tidak di lock dijual sampai dengan harga 800 USD.

  20. Pengalaman Produsen

    Apple adalah pemain baru di dunia perponselan walaupun mereka sangat berpengalaman di bidang komputer, bahkan iPhone adalah ponsel pertama yang mereka buat. Sementara Nokia adalah raksasa di industri ponsel, dengan market share dunia mencapai 40%.

  21. Sistem Operasi

    Sistem operasi symbian sangat populer sehingga banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia, sementara sistem operasi iPhone adalah yang pertama, jelas belum populer

  22. Service Center

    Butuh bantuan penaganan masalah pada iPhone? Anda akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menemukan service center-nya, apalagi tinggal di kampung seperti saya. Sedangkan Nokia memilki service center yang banyak, bahkan di kampung saya ada satu.

  23. Spare Part

    Spare part dari Nokia 5800 seperti baterai dan charger bakal lebih mudah karena tipenya pasti dibuat sesuai dengan yang sudah ada di pasaran.

  24. Aksesoris

    Aksesoris dari Nokia 5800 pasti bakal lebih banyak dijumpai karena Nokia sudah jauh lebih memasyarakat ketimbang iPhone.

  25. User Interface

    Memakai ponsel Nokia jelas tidak memerlukan adaptasi lagi karena tampilan antar muka-nya sudah dikenal luas dikalangan masyarakat, tentu bakal berbeda dengan tatap muka iPhone.

Tapi ke25 alasan diatas tidak membuat iPhone tanpa kelebihan ketimbang Nokia 5800, desain yang lebih elegan (subjektif sih), bodi yang lebih tipis, dan model yang tidak pasaran beberapa diantara kelebihan iPhone. Tapi sayang niat iPhone sebaga revolusi smartphone terganjal oleh ketidakmampuannya menyimpan lampiran email, tidak bisa berbagai files via bluetooth dan kemampuan browser-nya yang kurang baik membuatnya kurang pantas sebagai smartphone……, bahkan mengirim MMS dan video calling juga tidak bisa. Kesimpulan mana yang terbaik tentu berbeda di tiap orang, tapi jika anda mencari alasan atau dukungan kenapa memilih Nokia 5800 ketimbang iPhone sudah saya kumpulkan disini, semoga bisa membantu.

Iklan

226 comments on “Nokia 5800, The iPhone Killer

  1. HP Nokia 5800 ternyata Fitur-fiturnya memang bagus. Modelnya tidak begitu ketinggalan. Secara keseluruhan, gue mengakui gak pernah bermasalah dengan handphone ini, karena gue sendiri belum memilikinya. Gue masih setia dengan Nokia 3315, uh….bandel habis….baterai 1 bulan tidak pernah habis, karena memang jarang gue nyala’in. Selamat deh buat yang punya, kalau udah bosan, dengan rela, ikhlas dan terpaksa, gue rela diwarisi.

  2. mw nanya nih.. hp 5800xm klw keseringan donlot game/aplikasi bisa kena virus g? trus dngr2 klw pngn aman dr virus harus d komputer. udh gw coba tp ga tau caranya…

  3. mas saya jg mau nanya….
    knpa nokia 5800 v50 ga bs di hack,,,padahal sy dah buat sertifikat online n helloox2 dah di install…pas loading di installing root cert…lama bgt…n klo instll rom patcher v lite..bisa tp file patcherxx.ldd na hrs di move ke c”/sys/bin….
    apa nokia v50 dah kebal ma hacking…??/
    saya sebenarnya mempunyai 1500app,themes,n game hd…tp cm helloox2 yg ga bisa di pake waktu hacking na…
    di v31 dah bisa tp ntah knp v50 agak aneh…
    truz..sy semenjak hack di v50 ga bkerja homescreen orange n vodafone ga bekerja…
    ya terpaksa sy pke hs nokia x6 ky biasa….waduh kbanyakan nanya n sharing na…
    atas imbalan nya…
    nich link game n application s60v5…tp tdk smua sign…
    ceLL11.COM
    S60V5.US
    FILLMOBILE.COM
    WAPKING.COM
    NOKIAS60V5.COM
    ZEDGE.COM
    DAH TUH Z MOGA2 BISA BANTU YG LAEN…

  4. p kbr mas…mo tanya nwegh..ketika iseng mau delete semua contact yang ada di phonebook malah minta password…saya ga tau passwordnya, soalnya saya blum lama pake 5800 ini…tolong ya mas…thanks sebelumnya

  5. I recently stumbled across iPhoneUnlockr, which is a cool iphone unlocker site, but has this neat viral twist, so you can get your iphone unlocked for Free! It’s pretty sweet, so I think you should check it out.

    You should check out http://iphoneunlockr.com now!

  6. RAIMU GOBLOK NEMEN DIT, GAK NGERTI REFERENSI PONSEL AE GAYA MATAMU COK JANCOK. JAWAB SAK GOBLOKE RAIMU LHA KOEN IKU NGERTI OPO BLOK GOBLOK. ADIT KOPLAK ASU LOE . . .BANYAK BACOT GAK TAU APA2.GATAK !!!

  7. HEI ADIT ASU DANCOK NEK AREK2 TAKON IKU JAWABEN SENG JELAS. OJO KOK JAWAB SAK ITILE MAKMU. KOEN GOBLOK YO DIT?? GAK NGERTI MASALAH HP KO NGULAS2 SEGALA..SOK PINTER. SAKNOE REK… AK SAKNO AREK2 SENG KOEN BUJUKI KARO JAWABAN GATAKMU . . MATIO AE DIT ADIT, JANCOK WE !!!

  8. wah maksih berat mas reviewnya..bner2 menarik…sya juga baru punya…cuma ingin nanya kira2 mas nya ngerti ga cara update firmwareya nokia 5800 ini?? butuh waktu yang lama
    oh iya saya agak susah nyetting gprsnya…gman ya mas??mksih sebelumnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s