Membuat Blog Secara Offline

Setelah saya mengupgrade office XP saya ke office 2007, saya menemukan bahwa di word 2007 kita bisa membuat blog secara offline.
Cuma diperlukan koneksi internet saat mengupload tulisan saja, luar biasanya cuma dengan satu kali klik kita bisa mengupload tulisan, tidak perlu copy paste seperti biasa, bahkan gambar pun otomatis di upload, sungguh menghemat biaya dan waktu.

Bagaimana caranya?
Berikut saya berikan tutorialnya, karena saya masih newbie juga, mohon dimaklumi jika ada kesalahan

Langkah 1
Buka word 2007 anda, lalu klik logo office seperti di gambar, lalu klik new

Langkah 2
Lalu muncul jendela baru, pilih new blog spot

Langkah 3
Lalu muncul tampilan seperti gambar dibawah

Karena anda baru pertama kali menulis blog secara offline, maka anda harus mendaftarkan acount anda ke word 2007, langkah-langkahnya saya bahas di langkah 4 sampai langkah 7.
Oke, klik manage account sekarang.

Langkah 4
Kemudian muncul jendela baru

Klik New

Langkah 5
Begitu muncul jendela baru yang lebih kecil seperti gambar dibawah

Pilih provider blog anda, misalkan saja wordpress.

Langkah 6
Begitu muncul jendela baru seperti gambar dibawah

Isikan nama blog anda di tulisan yang di select (berwarna biru), lalu isikan user name dan pasword, kemudian klik ok

Langkah 7
Khusus langkah ini anda memerlukan koneksi internet, tidak diperlukan lagi untuk membuat tulisan berikutnya.
Jake anda tidak terkoneksi dengan internet, maka akan muncul tulisan berikut

Langkah 8
Silahkan anda mulai menulis blog, anda pun bisa memasukkan gambar dengan memilih tab Insert pada gambar dibawah yang saya lingkari

Langkah 9
Setelah selesai menulis dan anda terkoneksi dengan internet, anda bisa memasukkan kategori tulisan anda lalu klik publish seperti pada gambar dibawah yang dilingkari merah, anda tentukan mau di publish langsung atau cuma di masukkan draft dulu

Langkah 10
Silahkan anda tunggu sampai proses uploading selesai
Photobucket
Jika sudah selesai, maka ada tanda bahwa tulisan anda telah di published oleh word 2007 lengkap dengan tanggal dan jamnya, seperti gambar dibawah ini.

Nah demikian isi tutorial untuk membuat blog secara offline, mungkin bukan sesuatu hal yang baru, tapi tidak ada salahnya saya berbagi, saya rasa bisa jadi alternatif menyalurkan hobi menulis pada blog anda.
Karena saya juga baru belajar, maka saya mengharapkan saran dan kritiknya, jikalau anda bisa menemukan hal yang tidak saya tau, sekiranya berkenan memberitahu saya. Terima kasih.

22 comments on “Membuat Blog Secara Offline

  1. saya sangat baru berkenalan dengan blog dan saya mau tanya : bagus mana sih blog di blogspot atau di wordpress ?
    Maksudnya dari segi kemudahan, efisien atau kecepatannya….
    Terima kasih sebelumnya dan salam kenal.

  2. @arief
    saya jg baru belajar, tdk kompeten menjawabnya.
    tapi saran sy arief coba yg mana aja, mulai dr skrg jg, kalo ttg wordpres, kita bs diskusikan.
    Tapi kata org, kalo niatnya bisnis, enakkan dikit pake blogspot, kalo niatnya diskusi enakan WP.

  3. mas..tau ga settingan word 2007 jika blognya dari domain dan hosting yg lain..semacam co.cc
    tp softwarenya tetep pke wordpress..tolongin ya..

  4. @deni
    terima kasih atas pertanyaannya, kebetulan sy belum bisa menjawab, tapi coba saya diskusikan dgn audi yg komennya paling atas.

  5. Ping-balik: Wordmobi | Manajemen Blog Komplit Tanpa PC | Blognya Adit38

  6. penjelasan yang bagus … masalahnya, blog saya sudah kehabisan kapasitas gambarnya, sehingga harus melakukan setting Picture option .. pada langkah ke7. saya menggunakan http://www.photobucket.com karena kapasitasnya gede banget .. ada yang pernah nyoba? sy lagi ngutak-atik ga bisa-bisa ..

Tinggalkan Balasan

