Menulis Rumus Matematika di WordPress bag.1

Photobucket
Finaly……
Akhirnya saya tau cara menulis rumus matematika di wordpress…
Dulu cuma mendengar saja bahwa wordpress compatibel dengan latex, tapi belum tau caranya ampe sekarang.
Biasanya saya menulis matematika di equation word 2007 yang kemudian saya screenshot dengan lalu saya simpan dalam bentuk gambar yang akhirnya saya muat di wordpress….

Oke caranya adalah memberikan tanda $ di awal dan akhir rumus yang kamu buat.
Dalam tanda $ rumus dimulai dengan sintax latex lalu spasi lalu rumusnya
Sebagai contoh:

latex adit38
jika saya beri tanda $ didepan dan akhir kata latex adit38 akan menjadi:
adit38

jika menulis pembagian, gunakan kode frac
misal saya tulis:
latex \frac{1}{2}
jika saya kasi tanda $ didepan dan belakangnya akan menjadi
\frac{1}{2}

yang pada umumnya jika menulis
latex \frac{a}{b}
jika dikasi $ didepan dan belakangnya akan menjadi
\frac{a}{b}

khusus kalau cuma bentuk pecahan sederhana, ga perlu tanda {}
contohnya
latex \frac12
pun akan menjadi
\frac12
tapi harus menulis angka loh setelah frac, jika nulis huruf mesti dikasi tanda {}, jika tidak
penulisan latex /fracab
akan dapat peringatan seperti ini:
\fracab

oya, jika kamu ingin menuliskan pangkat, bisa seperti ini
latex {a}^{2}
yang akan tampil seperti ini
{a}^{2}

jika sebaliknya ingin menulis subscript
latex {a}_{2}
yang akan tampil seperti ini
{a}_{2}

Oke…., sekian dulu yah, selamat mencoba…

Tapi ngomong-ngomong saya ga bisa latex sejak kuliah dulu nih….
“Memalukan!” demikian kata dosen saya bernama Johan Matheus Tuwankotta, tapi saya keukeuh ga mau belajar latex karena pake word saja udah bagus kata saya. Tapi dosen saya yang biasa dipanggil pak Theo tetep mengatakan anak matematika ga pake latex untuk nulis skripsi dan sekaligus presentasinya adalah “penyakit masyarakat matematika” hehehe….
Tapi beliau hadir di seminar skripsi saya, dan memberikan segudang pertanyaan yang bikin saya kelabakan…., tapi saya berterima kasih ma pak Theo atas semua ejekannya, termasuk yang saya ingat betul perkataannya yang bilang saya gaptek hape (sambil mempamerkan Nokia 9500 serta treo 650 miliknya), tapi sekarang saya ga gaptek lagi pak….., saya berani adu cangih hape (walau hape saya lebih murah)
Bahkan bentar lagi mudahan jago latex
Hahaha…….
Eh koq malah curhat…
Yadah, besok kita bicara lagi yach tentang ini, namanya juga baru tertarik belajar latex setelah 6 tahun tidak percaya dengan kata-kata pak Theo (bahkan sampe opik aja bisa menggunakan latex)

54 comments on “Menulis Rumus Matematika di WordPress bag.1

  1. konser…..!!???
    boleh-boleh aja sie….
    tapi saia gak tanggung biaya ke dokter THT ia pak….
    hehehehe……

    • Hehe…
      Nemu ga disengaja, kebetulan ada yg ngomentari tulisanku pake latex, tp merasa aneh krn bkn gambar, iseng di sunting, trus jd bs deh…

  2. thanks sir…..!
    boleh dicoba ne….
    tapi g papa kan pake cara yang terdahulu dulu? kan masih belajar….

  3. 1. Sip mas infonya.
    2. Salam kenyal yah. Ngajar Matimatian ya mas Adit?
    3. 38? Wah itu laire mesti bareng aku dunk πŸ˜€
    4. Kasih kodenya lateks semua dunk, biar pada nyobain.
    5. Masih marahan ama pak Theo mas? πŸ™„ πŸ˜€
    6. Mohon dengan sangat mas Adit bisa mosting tentang semua kode lateks seperti komengku no.4 di halaman tersendiri, maaf aku masih perawan bin formulax mas. πŸ˜€

    • 1. makasi
      2. salam kenyal juga…, yup ngajar mati-matian juga
      3. waduh 38 itu NIM saya dulu waktu kuliah
      4. Nanti saya coba muat semua
      5. Nga pernah marahan koq……, saya fans-nya pak Theo
      6. Makasi idenya…, tapi belum bisabulan mei ato juni ini yah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s