SMS Pro Telkomsel vs SMS Plus XL

vs

Ada dua layanan SMS yang cukup menarik yang diluncurkan dua operator indonesia, yakni sms pro dari telkomsel dan sms plus dari xl, apa saja fitur-fitur yang dimiliki layanan ini, saya coba iseng membandingkan.



Pertama-tama kiat lihat yuk fitur-fitur dari SMS Pro dan SMS Plus ini:

SMS AUTOREPLY

Ini seperti aplikasi yang saya bahas bernama SMS Autoreply, fungsinya adalah untuk langsung membalas sms yang masuk denagn pesan yang bisa di set sebelumnya. Fitur ini didukung oleh SMS Pro dan SMS Plus

SMS COPY

Ini adalah fitur untuk mengirim smsmu langsung ke nomer lain yang kamu daftarkan. Kedua fitur ini ada ada pada sms pro dan sms plus. Jadi jika kamu dapat sms daris seseorang maka sms itu akan dikirim ke nomer yang telah kamu tentukan.

SMS DIVERT

Ini seperti halnya sms copy, tapi cuma disini nomer yang kamu aktifkan fitur ini tidak akan mendapatkan sms aslinya, hanya nomer yang kamu daftarkan. Fitur ini hanya didukung oleh SMS Pro Telkomsel.

SMS BLACKLIST

Fitur ini memungkinkan kita memblacklist nomer-nomer tertentu, sehingga nomer yang kita blaclist tidak akan kita terima di inbox sms kita. Ftur ini didukung oleh SMS Plus dan SMS Pro.

SMS WHITELIST

Fitur ini memungkinkan kita hanya menerima dari sms dari nomer-nomer yang kita daftarkan, jadi jika ada nomer diluar daftar kita mengsms, maka sms-nya tidak akan masuk ke inbox kita. Fitur ini hanya ada pada SMS Pro dari Telkomsel

Bagaimana cara menggunakannya serta biaayanya?

SMS Plus

Silahkan telpon ke *799# lalu kamu tinggal aktifkan layanan yang kamu inginkan.

Biaya berlangganan perbulan untuk masing-masing fitur SMS Plus adalah Rp.1000, sementara setiap sms autoreply dan copy yang dikirim dikenakan biaya Rp350/sms (nasional) dan Rp.500 (internasional)

SMS Pro

Silahkan sms ke 2255 dengan isi pesan Menu, lalu reply sms balasan sesuai pilihan layanana yang diinginkan. Tapi sayang saat saya mencobanya, jaringan telkomsel sedang eror, sampai beberapa jam kedepan tetap eror, tapi intinya jika jaringa tidak error kita bisa memilih layanan saat sms balasan dairi 2255.

Tarif berlangganan SMS Pro adalah Rp.1000 untuk autoreply, copy dan divert, dan Rp.2000 untuk whitelist dan blacklist. Sementara sms autureply, copy dan divert dikenakan biaya tambahan 150/sms, sayang tidak dijelaskan berapa tarif untuk sms internasional. Oya…, ada biaya tambahan untuk mengutak-atik menu, yakni 350/sesi, denga satu sesi adalah maksimum 30 menit.

KESIMPULAN

Dari segi fitur, Telkomsel SMS Pro tampak lebih lengkap, tarif langgannannya cenderung sama cuma lebih mahal difitur tertentu, demikian juga tarif tambahan dari tiap sms, Telkomsel lebih murah. Tapi mungkin tidak adanya autoreply buat sms dari luar negeri mungkin bisa membuat kecewa pelanggan. Ditambah belum stabilnya sistem (saat saya mencoba) mungkin menghambat proses registrasi layanan.

Tapi proses yang ribet dan membuat menggunakan aplikasi semacam SMS Autoreply, MCleaner dan Total Forwarding lebih menarik untuk dipakai jika ponsel mendukung, dimana menggunakan aplikasi ini tarif sms forward dan autoreply jadi lebih murah, dan tidak mesti hanya pada 2 operator diatas.

Iklan

59 comments on “SMS Pro Telkomsel vs SMS Plus XL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s