Nokia E52…, Sukses atau Gagalkah??

Mungkinkah Nokia E52 menjadi produk gagal?
Berikut opini saya akan tanda-tanda kegagalan Nokia E52

Apa saja yang membuat saya berpikir bahwa Nokia E52 bakal menjadi produk gagal (dibandingkan Nokia E51), akan saya ungkap dibawah ini. Tapi untuk menyamakan persepsi, produk gagal disini saya artikan sebagai produk yang tidak memenuhi selera pasar (baca: ga laku!)

KETINGGALAN ZAMAN

Samakan persepsi lagi ya…, ketinggalan zaman disini adalah selera pasar yang sudah berubah, bukan teknologinya

  1. Layar Standar

    Hari gini ga pake touch screen…., itu mungkin gambaran selera pasar saat ini, lihat bagaimana hebohnya penjualan iphone, nokia 5800, samsung star dan LG cookie. Bukan bermaksud menjelekkan layar yang standar, tapi layar sentuh lagi trend, sehingga Nokia E52 akan sulit dilirik.

  2. Keypad Standar

    Sekarang juga lagi demam Blackberry, sampai-sampai semua ponsel merk lokal mengeluarkan tiruan Blackberry, ditambah layanan Facebook yang identik dengan ponsel berkeypad QWERTY, bahkan katanya loh…., penjualan nexianberry memecahkan rekor dunia sebagi ponsel paling laris pada hari launching perdananya (klaim XL kepada okezone).

  3. Desain Standar

    Desain SLIM dipopulerkan oleh Motorolla V3, walaupun tetap menarik banyak orang, desain slim sudah tidak seheboh zaman Motorolla V3 dulu

  4. Fitur Lama

    Tidak ada fitur atau konsep yang baru di E52, wifi sudah bejibun ponsel yang mengadopsinya, GPS juga sudah banyak yang bisa, casing stainless juga sudah banyak pendahulunya…, sementara HSUPA dan processor 600 MHz adalah fitur yang tidak kasat mata (orang kebanyakan jarang ada yang peduli akan hal itu).

BANYAK BUG

Belum sebulan launching, beberapa bug terdeteksi di ponsel ini, hal seperti ini merupakan kasus yang cukup menarik karena jarang-jarang nokia E-Series banyak bug (walaupun termasuk sedikit ketimbang N-series), setidaknya hal itu saya amati pada Nokia E51 dan Nokia E50. Berikut Bug dan kekurangan yang saya dapatkan laporannya:

  1. Facebook bikin Restart

    Ada beberapa laporan kalo menglik icon facebook membuat hape ini restart, yang pertama adalah seoran pengunjung blog saya

    Dan kasus ini juga dilaporkan di GSMArena

  2. Sering Hang

    Di FP ada yang melaporkan kalau ponsel sering hang, ini juga saya dapatkan laporannya di GSMArena

  3. Daya Tangkap Sinyal Kurang

    Saya dapatkan laporan pertama dari teman di FP dengan inisial PY bahwa dia merasa sinyal E52 tidak sebaik ponselnya yang lain, ternyata di GSMArena juga ada seseorang yang mengatakan seperti itu:

  4. Casing Meragukan

    Banyak yang meragukan kualitas bahan Nokia E52, dikatakan tidak sebaik Nokia E51, bahkan ada yang meyakini casingnya dari plastik seperti yang saya sering temui diGSMArena, salah satunya berkata seperti ini

  5. Kualitas Telpon Yang Kurang

    Saya mendapatkan kalau GSMArena menemukan suatau masalah minor saat menelpon, berikut petikan dari mereka

  6. Ngunci Keypad Beda

    Mungkin kebanyakan tidak masalah dengan cara mengunci keypad yang tidak biasa di nokia, tapi ternyata tetap ada yang merasa hal ini bisa jadi deal breaker

  7. Performa Kamera Kurang

    Ini adalah salah satu kekurangan utama dari E52, seperti diungkapkan GSMArena

  8. Video Recording Jelek

    Kemampuan video recording yang buruk juga diungkapkan GSMArena

  9. Tidak Bisa TV Out

    Nah ini pertama kali saya lihat dikeluhkan seorang pengunjung blog saya, dan juga dikeluhkan di FP, yang kemudian saya baca di GSMArena suatu kekurangan utama juga

TIDAK SEPERTI KAKAK-KAKAKNYA


ini adalah nokia E50 dan Nokia E51 milik saya

Saya coba bandingkan dengan kakak-kakak dari Nokia E52, yakni Nokia E50 dan Nokia E51 (kebetulan saya masih menyimpan kedua ponsel tersebut).

  • Kelahiran

    Saat launching Nokia E50 dilepas dengan harga 3,2jt, Nokia E51 juga dengan harga 3,2jt, dan demikian juga Nokia E52 diluncurkan dengan harga 3,2juta. Bukan hal yang aneh berhubung kehadiran mereka saling menggantikan

  • Kehidupan

    Saat E50 lahir, ponsel tipis dengan casing stainles masih booming, jarangnya smartphone jaman itu juga membuat E50 menjadi salah satu smartphone termurah di jamannya. Kamera tertinggi saat E50 launching adalah 2 megapixel, membuatnya tidak terasa jelek dibanding yang ada dipasaran. Sayang saat itu E-Series tidak sesukses yang diharapkan. E50 menghilang dipasaran dengan harga 1,6jt.

    Saat E51 lahir, belum banyak ponsel yang memiliki wifi, sehingga menjadikan E51 ponsel wifi termurah, hal ini cukup booming dikalangan mahasiswa, saat itu ponsel tipis masih terasa trend-nya, dan E51 juga adalah salah satu pionir ponsel dengan processor yang kencang. E51 bisa dikatakan perintis kesuksesan Nokia E-Series, sampai akhir life cyclenya E51 tidak punya direct rival membuat harganya stabil dan ending di 2,5juta.

    Nokia E52 lahir saat trennya adalah QWERTY keypad dan layar sentuh, tidak ada gebrakan berarti dari E52 dengan kata lain kurang istimewa dibanding ponsel di jaman ini, okelah fiturnya diatas E51, tapi E51 jelas lebih punya keistemewaan dibanding ponsel-ponsel pada jamannya, bahkan saya rasa E50 pun punya keistimewaan yang lebih baik dari E52 (dibanding ponsel-ponsel pada jaman masing-masing). So sangat sulit bagi E52 menandingi kesuksesan E51, tapi bekas-bekas kesuksesan E51 saya yakin akan membuat E52 masih akan dilirik sebagian orang, saya perkiraakan E52 akan diskontinu di harga 1,6jt – 2jt

AKHIR KATA

Saya akan membeli hape ini !!
Teman saya bertanya kenapa membeli ponsel yang ada bugnya…., saya punya alasannya, tidak ada satupun ponsel yang tidak punya bug, dan dari pengamatan saya, dibanding bug ponsel nokia lain, e52 tidak terlalu parah. Dan bug itu tidak ada di semua ponsel E52.

Masalah facebook yang bikin resart ternyata dialami sebagian kecil pengguna, masalah hang juga demikian, dan kedua hal tersebut saya rasa akan bisa diatasi oleh firmware terbarunya nanti.

Daya tangkap sinyal kurang…, mmm melihat daya tangkap sinyal E51 yang diatas rata-rata ponsel saya, mestinya ini cuma berarti daya tangkapnya setara ponsel-ponsel saya lainya…., dan ini nampaknya dialami sebagian orang saja ditambah pengukurannya memakai perasaannya (walupun pakai perasaan, tapi saya cukup mempercayainya).

Casing meragukan? E-Series adalah ponsel nokia yang memiliki build quality terbaik, sampe-sampe eldar (mobile-review) mengatakan N-Series patut iri akan kehebatan itu, dan saya membuktikan sendiri, setelah hampir 3 tahun menggunakan E50 dan tak terhitung sudah E50 saya jatuh, tetap tidak meniggalkan lecet di bodi, lecet di keypad cuma karena kebanyakan sms aja. Dan kalaupun casing E52 tidak cukup baik (saya cenderung percaya ini, tapi saya tidak percaya casingnya plastik), tapi pasti masih diatas rata-rata ponsel kebanyakan, saya tidak akan khawatir ponsel ini terjatuh, tidak akan saya isi silikon karena yakin dah ga akan lecet.


Lecet di E50 saya hanya karena sering sms

Fitur yang tidak sesuai selera pasar juga ga masalah, kan cuma selera kebanyakan dan selera saya justru ada pada hape seperti E52 (saya pada dasaranya menilai Nokia E52 adalah produk terbaik bagi saya), dan ini malah menguntungkan!
Kenapa menguntungkan? Karena prediksi saya Nokia E52 akan ada disekitar harga 1,6jt – 2jt sebelum diskontinu disebabkan karena kurangnya minat orang pada E52 (sekarang pada demam BB dan Touchscreen kan), ketertarikan orang akan E52 saya kira berdasar kepada sisa-sisa kebesaran Nokia E51. Belum lagi tantangan dari Nokia E55, yang juga sangat dinantikan. Dan rencana saya juga baru mengganti hape saya tahun depan dimana E52 sudah diharga perkiraan saya (saya tidak pernah membeli ponsel teknologi terbaru, karena biasanya harganya masih belum masuk akal).


Nokia E55

Benarkah begitu? Kita tunggu saja, karena ternyata search engine justru menunjukkan minat orang pada E52 cukup banyak.


Search engine menuju blog ini

ARTIKEL TERKAIT PONSEL QWERTY

ARTIKEL REKOMENDASI LAINNYA

sumber: GSMArena, FP, My Blog

Iklan

507 comments on “Nokia E52…, Sukses atau Gagalkah??

  1. Pak Adit,

    Ternyata sampeyan mengkoleksi Nokia E Series, khususnya E 5X.
    Saya tidak beda jauh dengan sampeyan. Nokia E50 masih ada walau sudah habis keypad nya, karena keseringan SMS. Dan sayangnya waktu cari E51, susahnya minta ampun tuk beli HP ini. Kenapa susah ? karena waktu mau beli, saya memang cari nya yang bekas-2… hehehe….
    Ada yang saya mau tanya pak adit,
    1. Ada referensi untuk mencari body tulang, keypad dari Nokia E50 ?
    Paling mudah memang tinggal cari ke NCS resmi. Tapi barangkali sampeyan ada info yang tidak harus membeli disitu.
    2. Masih adakah yang jual Nokia E51 bekas, dengan kondisi barang bisa dikatakan cukup baik ?
    3. Saya ingin mengganti casing atas Nokia E52 saya, karena banyak pangkon baut dan clip nya sudah jebol. Ada refernsi bisa mencarinya dimana ?
    Domisili saya di SBY. atau kalo perlu ke jakarta, bisa diinforkan ada dimana ?

    Matur nuwun.

    Salam,
    Rama Wijaya

  2. slam mas..

    aku udah naksir am E52 udh lma tp krna terkndala macam hal…
    aku mo tanya…

    skrang rata-rata harga E52 berkisar brpa ya d psaran??

    thx sblmnya…

    matur nuwun….

  3. makasih buat infonya,,,e52 adalah hp yg sangat pas buat ane,,,apalagi setelah d upgrade versi 091.003 tanggal versi 3 april 2012

  4. Saya mau tanya..
    1. Untuk ketahanan baterai gimana??? klu dengerin musik tahan brp lama?
    2. Processornya ada kendala ga selama pemakaian?
    Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s