Baru Beli Venera Voyager V1 !!


Venera Voyager Melengkapi Koleksi Ponselku

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memutuskan membeli blackberry wannabe bernama venera voyager yang merupakan bundling telkomsel, dan katanya ini brand amerika, rumor yang beredar juga mengatakan inilah BB wannabe terbaik, benarkah? Baca saja ulasan saya seharian mengoprek ponsel ini ya…., mohon maaf kalo reviewnya agak amburadul dan foto-fotonya cuma hasil fotografer amatir.


desain keren V1

Desain Venera Voyager (saya sevut saja V1 yah) terkesan esklusif dibanding ponsel blackberry wannabe lainnya, bukab desain contekan E71, BB maupun HTC, jadi ga jijay ngelihatnya. Enak dipegang ni hape, keypad QWERTYnya pun uenak tenan…., dari BB wannabe lain yang pernah saya coba, inilah yang paling empuk, termasuk d-padnya nyaman digunakan, bisa dibandingkan dengan gstar-berry yang ga nyaman digunakan. Kelemahan dari desainnya cuma dua, tutup batre yang lumayan susah dibuka (tapi ini membuatnya lebih kokoh), dan tulisan telkomselnya (waduh ilfil kalo liat logo telkomselnya di depan dan di belakang).


samping kanan V1

Disamping kanan V1 tampak jog dial layaknya ponsel-ponsel pintar sony ericsson seri-P, bisa sebagai pengatur volume mp3 dan telpon, juga mengakses menu-menunya. Yang paling asik jog dial ini bisa digunakan saat mengakses opera mini. Di atas jog dial ada colokan miniUSB yang berguna sebagai charger sekaligus earphone, bisa charging via laptop juga nih…..


samping kiri V1 (ups…, saya kurang rapat menutup batre rupa-nya)

Disamping kiri V1 cuma ada slot microSD, dalam paket pembeliannya disertakan microSD sebesar 1gb, sementara memori internalnya 19mb (di kotak di klaim 20mb).


belakang V1 (ugh…, logo telkomsel ini bikin sakit mata saya)

Dibelakang tampak kamera 2 mega pixel beserta speaker-nya, logo telkomsel merusak ampilan belakangnya, saya berniat menghilangkannya dengan menghalalkan segala cara hehe….., material plastik dibelakang ini dikatakan anti gores loh…., tapi belum sempat saya buktikan. Oya hasil kamera V1 bener-benar 2 megapixel tidak seperti ponsel cina lain yang 2 megapixel cuma diatas kertas, dan resolusi sebenarnya cuma VGA. Walaupun saya bukan fotografer, saya menilai hasil fotonya cukup baik, bisa diadu dengan Nokia E51 milik saya, tpi kamu bisa menilai sendiri dari hasil foto dibawah ini:


gaya dikit bersama yamaha vega saya dan E51 saya

Yang jelas kameranya ga ada lampu flash-nya, jadi untuk pengambilan foto saat kurang cahaya kurang bisa diandalakan.


tombol-tombol dan keyboard V1

Tombol-tombol V1 saya berani bilang adalah yang ternyaman diantara BB wannabe lainnya, disamping tombol-tombol standar, terdapat 2 tombol shortcut dibawah tombol softkey, yang kiri untuk message danyang kanan untuk kamera. Oya, untuk mengunci keypadnya mirip dengan ktouch v908, yakni tekan tombol end call lalu tombol call, semntara membuka kuncinya agak beda, yakni dengan menekan spasi lalu klik tombol ok.


home screen V1

By default, home screen V1 menampilkan wallpaper wayang, sangat indonesia banget. Resolusi layarnya QVGA membuatnya lebih baik dari resolusi layar Nexian G900 yang bundling dengan XL. Sayang ukuran layar cuma 2,2 inci, minimal 2,4 lah….., tapi dah cukup puas koq saya.


icon operamini

Kita diberikan aplikasi operamini langsung dari kotaknya, mengakses internet via operamini setara dengan ponsel-ponsel branded lainnya, bahkan lebih nyaman berkat QWERTY dan jog dial…., terlepas dari tidak ada dukungan jaringan 3G di V1, saya rasa mengakses operamini di V1 lebih asik ketimbang mengakses operamini di Nokia E51 saya, bahkan dibandingkan di Nokia E71 adik saya.


icon facebook

Seperti biasa ada shortcut facebook di ponsel berQWERTY akhir-akhir ini, tapi percayalah lebih asik mengakses facebook via operamini-nya. Kamu tahu widget seperti di Nokia N97 atau Samsung Star? Nah ternyata V1 juga memilikinya, jadi kamu bisa tampilkan box tambahan di homescreennya, entah berupa RSS Feed dari berbagai situs. Saya mencobanya menset dari situs-situs semacam okezone atau kompas, nah serasa ada berita live di homescreen ponsel saya, dan update beritanya bisa manual atau automatis, saya set automatis tiap 3 jam (minimal 1 jam sih), tentunya koneksi internet diperlukan setiap ponsel saya mengupdatenya.
Ada juga widget cuaca kota-kota di indonesia, saya mencoba mencarai kota mataram ga nemu-nemu, jadi saya tampilkan kota-kota yang saya temui saja, anehnya adanya cuma denpasar dan jakarta, surabaya dan bandung ga ada, saat di search surabaya misalnya, yang muncul cuma east java aja.

akses internet ke blog saya

Mengakses internet via V1 sangat mengasikkan, persis seperti laptop, dengan kecepatan yang lebih memuaskan dan lebih kencang dibanding speedy di rumah kakak saya, karena bundling dengan telkomsel (walaupun tidak di lock) saya mendapatkan 45mb akses internet gratis, saya coba menggunakan kartu im3, axis dan xl untuk akses internet juga bisa, settingannya mudah sekali juga, cukup 2-3 klik saja. Dalam test saya, menggunakan axis terasa lebih cepat (tapi kemungkinan juga cuma perasaan saya saja).


temanku

Ada fitur temanku disini, setelah saya buka ada friendster, facebook dan hi5 disini, saya belum sempat mengexplornya lebih jauh, maklum baru sehari beli.


galeri

Browsing gambar di galerinya asik punya, tidak membosankan kaya di nokia e-series saya.

Terdapat dua buah game pada V1, yang pertama adalah motorboat passion


game motorboat passion

Game kedua adalah balance ball


game balance ball

Yang menarik, fitur motion sensornya berperan besar di kedua game ini

Misalkan saja saat maen game motorboat passion, kita mengendalikan karakter di game cukup dengan menggoyangan ponselnya saja, cukup menarik kan?
Oya…, motion sensor juga berperan saat kita ingin mensilent hape ditengah rapat, cukup dengan membalikkan ponsel saat ada telpon (misal di tengah rapat) maka ponsel langsung silent.

Saya coba memindahkan lagu “in love with you” yang beken awal tahun 90an dari nokia 5320 XM saya ke V1 melalui bluetooth, kecepatan proses transfernya tidak berbeda jauh saat saya mentransfer ke Nokia E51 atau Sony Ericsson P1i saya. Nah bagaimana kulitas audio V1? Akan saya bandingkan dengan Nokia 5320 XM saya berikut ini

AUDIO VENERA VOYAGER versus AUDIO NOKIA 5320 XM


adu kualitas audio V1 dan 5320

Sebenarnya saya bukan ahli masalah musik, bahkan bisa dibilang jauh dari ahli. Tapi ga ada salahnya saya ngasi pendapat kan.
Saya menggunakan lagu “in love with you” yang dinyanyikan Jacky Cheung dan Regina Velasques. Kali ini saya cuma membandingkan kualitas audio speakernya saja yah, kalo via headset saya ga punya konverter dari miniUSB agar bisa menggunakan headset yang sama.

Dan hasilnya adalah……

Kualitasnya saya bisa katakan setara, tapi treble V1 lebih terasa ketimbang 5320, dan V1 jauh lebih keras keluaran suara speakernya, bahkan tidak pecah di volume tertinggi. So saya simpulkan kualitas audio V1 menang cukup mutlak atas 5320…., tapi ini di telinga saya loh, di telingamu mungkin aja beda lagi hasilnya.


batre V1

Batre V1 sayangnya cuma 850 MAh, saya belum ngetes daya tahannya karena baru make sehari…., tapi yang jelas dioprek-oprek seharian dengan mendownload berbagai aplikasi java dan browsing cukup lama, batrenya habis dalam 6 jam (tapi awalnya ga penuh juga).


made in china?

Yang menarik ponsel ini mengklaim diri brand USA…, tapi di belakang batrenya tertulis “made in china”, apakah ponsel ini ponsel china juga? Ternyata tidak, ponsel ini adalah keluaran perusahaan ALCATEL, sebuah perusahaan ponsel internasional, nampaknya sengaja tidak mencantumkan alcatel di ponsel ini karena kalau dicantumkan nanti harganya mahal (demikian ujar seorang teman di FP). Dan menu-menunya berbeda sekali dengan ponsel BB wannabe china lainnya, jadi ini bukan ponsel china, tapi dibuat di china (Nokia E51 saya saja made in china koq). Jadi cuma rebranding alcatel OT-800 saja tanpa mengubah dalemannya.

DESAIN VENERA VOYAGER versus PONSEL MILIK SAYA

Berikut perbandingan V1 dengan ponsel-ponsel milik saya lainnya, sayangnya Nokia 3110c dan 6120c saya tidak bisa saya ikutkan karena suatu dan lain hal.


V1 vs P1 tampak depan


V1 vs P1 tampak samping – sama-sama ada jog dial


V1 vs E51


E50 vs V1


5320 vs V1


1112 vs V1


Haier D1200P vs V1

So mudahan sedikit ulasan saya bisa memberi kamu gambaran akan ponsel ini…., jika kamu mencari fitur, maka V1 ini fiturnya dibawah ponsel-ponsel cina uang meniru Blackberry karena tidak dual on dan ada TVnya, apalagi ada wifi-nya. Tapi kalo liat dari kualitas material, desain yang tidak mencontek, dan kenyamanan…., maka ponsel ini jauh diatas ponsel-ponsel BB wannabe china lainnya.
Nah saatnya saya kembali berkutat di dunia matematika kembali….

Untuk berdiskusi tentang V1, saya undang kalian ke forumponsel atau kaskus ya…., karena saya sedang jarang bisa berkunjung kesini

Iklan

374 comments on “Baru Beli Venera Voyager V1 !!

  1. Ping-balik: Kenapa Memilih E63 Ketimbang E71 ?? « Blognya Adit38

  2. Ping-balik: PLUS MINUS E72 « Blognya Adit38

  3. Ping-balik: Nokia E52…, Sukses atau Gagalkah?? « Blognya Adit38

  4. gw baru beli venera nih….agak telat sih.Venera lumayan cepet buat browsing.Tapi kelemahannya adalah karakter huruf yang kurang banyak untuk ngisi blog.itu aja yang baru gw temukan selama megang venera.Gw beli venera v1 dengan harga 700ribu.

  5. Ping-balik: i-mobile i858 | Android Pertama dengan TV Tunner ? « Blognya Adit38

  6. Ping-balik: Aplikasi Touch Balance : Biar Tidak Tertipu Promo Operator Seluler « Blognya Adit38

  7. Hii adit..sy juga V1 user dan terus terang sy sangat puas dgn fisik dan performance V1 (yg tentunya jauh diatas BBC (BB Cina) yg lain)..namun tentunya kelemahan yg ada di V1 jg masih ada dan itu sangat BBC banget juga, yaitu…
    – setting account emailnya yg ribet (khas BBC)..btw jk ada V1 user yg berhasil setting utk account outlook, monggo sharing2 cz sy butuh bangets…
    – aplikasi FB-nya jg blm secanggih milik hape esia online (CDMA) dmn di V1 tdk bs upload foto lgs dari hape
    tp selain itu yg ada cuma kelebihan V1 aja (yg nayamul banyak..:)) yaitu
    – layanan RSS feed utk portal2 berita handal
    – motion sensor
    – network EDGE yg okeh punyah…
    – update cuaca lgs dari server (entah server mana tp so far…cucok)
    Demikian sekilas ulasan sy ttg V1 yg oke (ga salah ekspektasi waktu liat iklannya di PULSA)
    silakan mampir i blog sy ya Dit…

    • mas..untuk upload foto lgs dri HP kan bsa dkrim via email k FB jaa lgs..
      jd tinggal pilih gambar, trus pilih send by email..krim ke email FB kmu(cek dri FB, klo mo upload foto krm kmna..simpen aja di direktori) trus krm deh..lgs masuk k FB..

      untuk bikin email baru nyobain gmail ma yahoo jaa.. kalo outlook blm nyobain..
      kayakx sih sama aja, yg penting tau incoming server n outgoing serverx outlook ajaa..

  8. Ping-balik: Venera Boss | Jadi Diri Sendiri « Blognya Adit38

  9. Ping-balik: Nokia E63 « Puttranet's Blog

      • tpi ane ga suka gw300..karena ada yg komentar gini:
        1. playlist kalo kbnykan..muterin tiap lagux ga nyampe 1 menit
        2. saat nulis sms, trus ada sms msuk, sms yg kta tulis ga ksmpen di draft hrus nulis dri awal
        3. nulis sms stlah bbrpa karakter jd ga responsif lg
        4. sering restart
        5. multitaskingx di pause..saat pake aplikasi laen

        ntu aja dehh… ini yg bikin ane ilfil ma gw300

    • rajin banget mas download mp3 pake v1..ga tekor di pulsa tuh..mending k warnet ajaa. download dri sana, trus pindahin k v1..
      knpa bsa gagal, ada bbrpa kmngkinan:
      1. pas lg download, pulsa ga cukup..jd ga bsa nerusin
      2. jaringanx lg sibuk..jd sering ilang2 sinyalx…
      3. mungkin memory internal mas ga cukup buat nyimpen mp3(saat ngesave butuh memory di internal dlu, klo dah complete bru dpndahin k memory eksternal)
      4. v1 ga mau file yg gede2… sejauh ni bru nyobain download 300KB, lancar2 jaa..stlh ntu blm dcobain..

  10. salam kenal

    aku pemakai venera jga
    kesannya pass bgt sih

    tpi kenapa gk mau doenload lagu dari waptrick atau gratisindo

    setiap kali ngesave selalu ada tulisan
    not fetching file lalu java error

    setiap kali download thu baik gambar digoogle, lgu

    kenapa ya

    pdhl hpe jdul nokia 2626 ku aja bisa download lagu

    bantuuin dong

  11. halo para veneras,sy kesulitan cari chasing nya neh,di pontianak muter2 nggak ketemu,tlg dong kalo ada info tempat plus hrg nye,soalnya saya sayang banget ama ne hp.tulisan di keypadnya udh nggak keliatan lg, please

  12. kekuranganya ga support ftp. saat ane pke app blueftp n ane minta ijin ma venera ini app di hape ane.lgsg blg obex, another device dont support ftp operation.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s