Nokia X6 atau Vivaz?

vs

Kedua ponel ini belum lagi beredar…., saya agak tertarik nih….

Tapi ga ada salahnya berandai-andai kan….., seandainya nanti saya sudah membeli nokia E52, mungkin saja salah satu dari kedua hape diatas menjadi cadangan nokia E52 saya. Mungkin kamu berpikir kenapa justru cadangan, karena kedua hape diatas jauh diatas E52 fitur-fiturnya….
Ga perlu heran…, bagi saya E52 jauh lebih keren dari kedua hape diatas, bagi saya loh…., bagi kamu belum tentu seperti itu, kalau kamu heran kenapa saya berpikir begitu silahkan baca artikel ini: Kecanggihan Ponsel Itu Relatif.

Inilah pandangan saya tentang kedua ponsel diatas.

UKURAN

Dari segi ukuran, x6 lebih panjang dan lebih tebal….., sementara vivaz lebih lebar walau ga sampai 1 mm. Disini saya rasa vivaz lebih kompak, apalagi beratnya lumayan beda cukup signifikan, vivaz cuma 80% dari berat x6. Saya lebih menyukai vivaz dari segi dimeninya. tapi jelas tidak ada yang lebih mengesankan dari fitur ini ketimbang E51 saya.

LAYAR

Walaupun dimeni vivas lebih kecil, api ukuran layarnya sama-sama 3,2 inchi, reolusinya pun tercatat sama-sama HVGA (360×640 pixel)…., yang menarik adalah layar X6 adalah tipe capacitive seperti iPhone, tapi layar teknologi capacitive ini walau memukau karena layar ini lebih sensitif menggunakan jari tapi punya kelemahan, yakni tidak memungkinkan dioperasikan menggunakan sarung tangan, stylus dan (kelemahan buat cewe) kuku. Layar X6 juga anti gores layaknya iphone. Walaupun mungkin secara umum layar X6 lebih keren, saya pasti lebih menyukai layar vivaz yang restitive.


Tapi teknologi layar X6 nampaknya tidak didukung oleh hardware dan software yang setara, seperti yang saya kutip dibawah ini

SOUND


Keduanya sudah menggunakan jack audio 3,5mm, karena ponselnya belum hadir, kualitas suaranya belum jelas, tapi speaker stereo X6 munkin bisa membuat saya lebih menyukai X6 walaupun saya ga hobi dengar lagu di hape. Tapi jelas tidak ada yang lebih mengesankan dari fitur ini ketimbang n82 atau 5320 yang saya miliki.

Kualitas audio X6 cukup baik tapi belum cukup untuk menjadi yang terbaik, eperti yang aya kutip dibawah ini

MEMORI

Memori internal vivaz 75mb sementara X6 sudah langsung besar 32gb/16gb, walaupun di vivaz disertai microSD 8gb, tapi X6 unggul disini…., tapi kalo saya sih senangan vivaz…., mungkin karena memorynya dikitan, harganya makin murah kan? Memori 1gb di N82 saya aja masih free 75%….., tapi jelas tidak ada yang lebih mengesankan dari fitur ini ketimbang E51, n82 atau 5320 yang saya miliki.

    Kebanyakan memory besar untuk menyimapan lagu, jadi mungkin ga gitu penting bagi saya

    

DATA

Sama-sama kenceng karena sudah HSDPA, tapi vivaz udah HSUPA, tapi rasanya ga ngaruh di indonesia karena 3G aja belum beres. Yang menarik kabel datanya sama-sama microUSB. Saya rasa imbang deh disini…., tapi jelas tidak ada yang lebih mengesankan dari fitur ini ketimbang E51, n82 atau 5320 yang saya miliki.

KAMERA

Dari segi kamera, nampaknya vivaz unggul karena sudah 8mp, sementara x6 cuma 5mp…, walaupun fitur kamera sama-sama ada autofokus dan geo tagging, tapi vivaz ada smile dan face detectionnya…, mana vivaz mendukung touchfocus (fokus kamera dengan menyentuh view finder di layar). Tapi flashnya menang x6 karena sudah dual led, sementara vivaz cmua satu led. Jadi kamera mestinya unggulan vivaz…., tapi saya ga gitu tertarik…, saya masih yakin kamera n82 saya masih diatas vivaz maupun x6. Jadi dari mata saya keistimewaan kamera kedua hape ini sama saja.

    Salah satu kelemahan dari fitur kameranya x6 adalah, gallerynya yang sangat lamban diakses    


VIDEO

Kalo video jelas unggul vivaz karena sudah kualitas HD, sementara x6 masih VGA. Nah ini yang cukup menarik…, melihat kerennya video recording n82…., video recording vivaz cukup menarik…, dari aspek ini saya lebih menyukai vivaz walaupun, n82 tidak ada video light sebagai gambaran.

    Video recording nokia sudah mulai ketinggalan karena hanya maksimal VGA@30fps

HARDWARE

Vivaz sangat menarik dimata saya karena processornya 700 MHz, diatas X6 yang mungkin masih 600MHz, mengenai RAM, x6 sudah pasti 128MB, saya kurang tau kalo vivaz, mungkin bakal sama. Masalah hardware ini jelas aspek paling menarik bagi saya.

KESIMPULAN

Nampaknya kedua hape ini belum terlalu layak untuk mengupgrade n82 saya, saya cenderung lebih memilih membeli 5230 saja untuk merasakan ponsel touchscreen seperti kedua hape diatas. Tapi kalo diantara kedua ponsel diatas…, saya lebih menyukai vivaz.
So rasanya cuma E52 atau 5230 yang jadi kandidat calon keluarga baru saya yang terdekat.

sumber

Iklan

69 comments on “Nokia X6 atau Vivaz?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s