Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah

Setelah menjalankan tapa brata penyepian yang berakhir pukul 06:00 WITA 17 Maret 2010, saya sempat membuka “top post wordpress” sebelum berangkat ke kantor, dan saya cukup kaget dengan isu (di salah satu blog) yang katanya menghina umat hindu dan dilakukan oleh seseorang bernama Ibnu Rachal Farhansyah (berita itu saya dapatkan disini).

Setelah saya cek bagaimana tulisannya, ternyata cuma mengatakan “nyepi sepi sehari kaya #####“, status seperti itu bisa bermakna ganda (ambigu), tapi coba kita berpikir positif, mungkin si ibnu hanya bermaksud mengatakan pas hari nyepi itu dia lagi dapat hari yang tidak menyenangkan. Menurut pengakuan ibnu sih dia lagi bermasalah di kantornya hari itu. Tapi tentu ibnu dalam hal ini tetap bersalah karena tidak berpikir panjang dalam mengupdate status facebook, karena status facebook itu bersifat publik.

Sebenarnya Ibnu melalui facebook sudah meminta maaf buat seluruh umat hindu seperti tampak di sceenshot dibawah. Tapi saya sedikit sedih, bukan karena perkataan ibnu, karena (untungnya) saya tidak emosi, tapi karena hal tersebut menimbulkan intrik yang berbau SARA. Beberapa komentar yang bijaksana saya kutip bisa dilihat dibawah, sedihnya lagi komentar seperti ini justru minoritas…..

Saya melalui blog pribadi saya ini ingin menghimbau umat sedharma untuk memaafkan saudara ibnu, saya tau kemarahan yang saudara sedharma rasakan adalah manusiawi, tapi selama penghinaan (kalaupun benar ucapan ibnu adalah penghinaan) dibalas penghinaan, mungkin tidak akan ada damai dibumi ini (apalagi jika ada provokator ikut nimbrung disana), mari kita tunjukkan bahwa umat Hindu adalah umat yang pemaaf, cinta damai, tanpa kekerasan (ahimsa) dan umat yang menganut paham bahwa kemarahan (kroda) adalah musuh terbesar.

187 comments on “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah

  1. SEMUA STATEMENT YANG ADA DISINI UMUMNYA SAMA AJA ..

    SAYA CUMA INGIN BERKATA ..
    HALLO IBNUU APA KABAR KAMU DISANA ?????

    =P

  2. Orang bali bilang: “cak2 ndas ne! Pesuang polone anggon lawar!!” semoga ibnu mendapat balasan yg setimpal… Amien…

    • Masalah karmapala sudah diatur ama yg diatas. Dgn mengina ibnu apa kita tdk sama aja dg ibnu??

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  3. Baiknya masalah Personal diselesaikan kepada pihak yang bertanggungjawab,,saya sangat tidak setuju,,pada komentar2 “agak” kasar yang juga mendeskriditkan agama lain,,Inikan masalah Umat Hindu (Bali Khususnya) dengan IBNU,,saya pikir akan sangat mengecewakan jika membawa agama lain yang sama sekali tidak ada hubungannya,,Karena Agama itu tidak saling menyakiti satu sama lain,,Kalaupun ada yang menyakiti,,mereka patutnya dibilang TIDAK PUNYA AGAMA,,saya yakin Umat Hindu DI bali adalah Umat yang cerdas,,dan memiliki pikiran terbuka..
    Jadi saya tanpa mengurangi hormat kepada pemilik BLOg & umat hindu bali lainnya,,tidak membawa AGAMA LAIN dalam hal ini!!Agar tidak menimbulkan masalah lain yang nantinya membawa kepada perpecahan..

    TErimakasih…

    • Ya, saya jg sangat menyesalkan ada yg menyebut2 agama lain, takutnya lg tu provokator.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

    • Itu lah mas, mungkin dia krg dewasa dalam bersikap.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  4. saya temannya Ibnu. saya mau meminta maaf sebelumnya atas kesalahan yang sangat fatal yang telah dilakukan oleh Ibnu. tapi sebenarnya, kata2nya mas Adit itu benar. Ibnu nulis kayak gitu karena dia bermasalah sama bosnya. terus dijadiin status. dan kesalahannya itu terletak pada kata2 yang dia pakai dan medianya yaitu facebook. saya bukannya mau ngebela Ibnu. tapi saya cuma ngejelasin apa yang saya tau. terimakasih sebelumnya.

    • Bagi sy ga penting krn sy udah memaafkan mungkin yg masalah karena sudah dilaporkan polisi.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  5. nyame” jak konyang,,, terus terang basang jank nak ngerunyuk ningeh basong ibnu to ngomong keto,,,, ape buin gary setiawan to…. yen cang nepukin ye kal undangang rge leak, punk karoan nyen ne seken” ngelah tuhan…..

    • Wah, yang sabar bli. Ingat ahimsa dan akroda.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  6. Selama ini kita diam, eh dynya malah menjadi2 klo ud bgini p ttp mau diam trs…?!!? Kesabaran ad batasnya bro. Klo gw liat IBNU gw ludahin dy. Krn OTAKnya isi TAI…

    Salam BANGSAT bt IBNU >_< ,,l,,

  7. salam buat ibnu manusia bertuhan: kalo anda punya agama dan masih punya sedikit saja nurani, tak sepantasnya kata-kata spt kluar dari mulut anda, apakah kata maaf cukup menyelesaikan persoalan yang anda buat ? menyelesaikan ini tdk semudah membalik telapak tangan. anda pikir dengan kata maaf apa yang anda lakukan bisa selesai ? apapun alasan anda dengan mulut sampe berbusa bahwa itu tdk sengaja, adalah kemunafikan berselimut iman, anda punya agama, kamipun punya agama. kalo anda berada pada posisi yang anda hina(walau itu anda katakan tidak sengaja) apa yang anda rasakan ?

  8. Smoga ALLAH mengampuni ibnu,,krna Islam tdk prnh mgajarkan qta tuk saling mghina apalagi mlecehkan agama org lain..
    Ingatlah “LAKUM DIENUKUM WALIADIN”.
    Jd jgan qt slg mghina krna bsa mmbuat INDONESIA trcnta ini smakin tdk aman.

  9. Awas…jangan sampai ada pihak ketiga yang menunggangi dan memperkeruh suasana, apalagi untuk kepentingan pribadi atau kelompok. kemarahan teman-teman yang ada di Bali memang wajar dan pantas…hanya jangan sampai terprovokasi…

  10. Awalnya tyg sedih dan marah dengan status IBNU tersebut, namun tak ada gunanya memaki bli, biarlah yg berwajib n Hyang Widhi yg memberi pelajaran bg IBNU

    Jangan sampai kita terpecah karena kasus ini…Ingat Semua Agama baik…tidak ada yg buruk… 🙂

    SWAWTI RAHINA NYEPI CAKA 1932 untuk semeton Hindu ring Bali… Jangan sampai Butha Kala merasuki kita dan mengendalikan emosi kita….Love BALI, Love INDONESIA, n Love Peace…suksma

    http://lovenroll.wordpress.com/

    • Benar, itu adalah pikiran yg bijaksana. Terima kasih dah mampir

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

    • bener banget…….mungkin saya juga kesel membaca status tersebut…tpi kita juga diajarkan untuk saling memaafkan karena yang berhak menghukum adalah beliau Ida Sang Hyang Widhi Wasa….ingatlah bahwa ada hukum karma…..dan saya harap situasi ini tidak dimanfaatkan oleh pihak2 tertentu…..ingat orang yang beragama cinta damai….

  11. Setiap peristiwa harus dihadapi secara arif, dipandang secara bijak, dan dipikir secara positif. Karena dibalik setiap peristiwa ada hikmah dan pelajaran yang pasti dapat diambil asalkan kita mau berpikir dan berperasaan jernih. Terimakasih mas Adit atas artikelnya, artikel ini telah menaut hikmah dibalik persitiwanya seorang Ibnu yang berimbas pada semua warga Bali khususnya umat Hindu. Hari ini Ibnu, entah esok mungkin lusa bisa saja kita yang terjebak pada emosi, tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi, Naujubillah…… Terimakasih banyak, SALAM DAMAI DALAM PERSAHABATAN DAN KEMANUISAAN.

  12. salut dengan mas Adit karena udah menyempatkan waktu buat bales komen.sebagai sesama pendidik (beda tingkatan aja.mas adit universitas saya SD) saya sangat respek dgn orang2 spt mas.keep the spirit mas.hormat saya utk mas Adit dan selamat atas tingkatan yg baru (yang ada ahli2nya hehehe)

    • Iya mas damien, makasi. Sebenarnya kita di SD dan Univ sama2 jd guru kan…. Sukses selalu dlm mengajar ya….

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  13. semoga menjadi pelajaran…update status di fesbuk bukan masalah sepele, sudah banyak yg menjadi contoh sebelum si ibnu ini… untung saya gak termasuk yg suka update status, fesbuk cm bwat maen Mafia Wars :hammer:

    • Mending gt kali ya, kalo sy pesbuk sy jadikan jalan utk mengenal mahasiswa saya.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  14. ya s’baik nya qt m’mf kan ibnu,krna mnusia tx ada yang smpurna,mngkin dy lg khilaf,,,,,,,,,,,,
    qt hrus bsa brfikir scara dwasa……..

  15. he he he.. pengin ketemu nyoba juga nanti ah bikin kayak ibnu…
    bulan agustus – september tahun ini…
    lihat reaksi…. trus minta maaf.. gammpang kan…..

      • Bener mas adit38..sangat tidak bijaksana klo kita ikutin perilaku jelek IBNU..kalo kita ikutin berarti kita sama hinanya kaya dia..
        Kita sebagai umat beragama mengerti mana jalan yg benar n mana yang salah..saling menjaga keharmonisan antar umat beragama untuk kedamaian di indonesia ini…

  16. ngomongnya jgn di facebook coba…
    apa masi brani ngomong kaya gitu…
    yang punya account facebook hanya anak muda, sedangkan hinaan itu di tujukan untuk warga hindu…
    kalo memang niatan buat minta maaf, tunjukkan di muka umum.. jgn cuma di facebook. tq

    • Hanya Tuhan yg tau ibnu berniat menghina atau tidak. Kenapa kita tdk lihat positifnya saja.

      -original message- Subject: [Blognya Adit38] Komentar: “Mari Memaafkan Ibnu Rachal Farhansyah”

  17. mendadak gw kangen indonesia jaman orba dulu, dimana indonesia masih damai, orang2nya masih toleran dan tdk mudah terpancing dgn hal2 seperti ini…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s