Mobile Blog Walking | Blogger vs WordPress

Salah satu tips meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah dengan melakukan blog walking, nah bagi yang blog walkingnya melalui handphone dibeikan istilah sendiri, yakni mobile blog walking (mbw). Nah kali ini saya mencoba membandingkan, mana yang lebih asik mobile blog walking di wordpress atau blogger??

Mobile Blog Walking di Blogger/Blogspot

Saya menguji blog walking di blog sahabat baik saya, galaktus: http://galaktus09.blogspot.com

Kesan pertama agak lambat…., 50 kb sih…., apalagi kalo ga dapat sinyal 3G, tapi 3G juga bikin boros batre.

Disalah satu judul postingan galaktus saya coba berkomentar.

Pertama-tama say tulis komennya, eh capek juga nyari tempat komennya, musti ke kanan dan kiri dan atas bawah navigasinya (ga kompatibel kali ya dengan mobile view-nya opera mini?)

Kemudian saya masukkan status saya sebagai apa, silahkan dipilih, karena saya pengguna wordpress maka saya pilih wordpress

Nah sekarang klik poskan komentar…, yah terpaksa nunggu dan kena biaya lagi 50 kb

Sekarang musti ngisi username lagi

Lalu klik lanjutkan, yah nunggu lagi dan kena lagi biaya 50 kb

Nah sekarang usdah siap di poskan komentar saya, klik poskan komentar. Duh mesti nunggu lagi dan mesti bayar lagi 50 kb

Waduh…., musti ngisi verifikasi kata segala….., ya udah disi aja, lalu klik poskan komentar. Hiks….., nunggu lagi dan kena lagi baiay 50 kb.

Untunglah sekarag komentar saya sudah tampil di tulisan galaktus tadi….,

Hey saya pertamax loh…., tapi kok bisa ya…, postingannya padahal sudah sejak 19 maret 2009? Blognya ga rame atau pada males ngasi komentar yang ribet, lama dan makan pulsa??

Mobile Blog Walking di WordPress

Saya menguji mobile blog walking di blog mahasiswa saya bernama rondi : http://noego08.wordpress.com

Kesan pertama : Cepat….., wong cuma 2 kb, ini juga berarti sangat murah !!

Di salah satu postingan rondi saya mencoba komentar, tinggal isi nama, email dan url (jika kita lagi login atau sudah pernah ngisi kolom sebelumnya, maka proses tidak perlu dilakukan lagi).

Nah loh…, komentar langsung muncul dengan cepat (wong cuma 2 kb).

Eh asik ternyata blog walking dan ngisi komentar di wordpress…., simpel, cepat dan yang paling penting murah.

KESIMPULAN

Menurut saya loh….., mobile blog walking tuh asikan di wordpress, kompatibel dengan opera mini, khususnya yang layar hapenya portrait. Udah gitu blog ditampilkan sederhana (versi mobile banget), jadi aksesnya cepat bahkan di jaringan operator yang lambat. Dan yang pasti lebih hemat biaya GPRS kan…

Nah tampilan wordpress sangat sederhana dan tak berwarna, tidak menarik dibanding blogger? Eits bentar….., apa itu maksudnya situs penuh di bawah blognya rondi. Coba saya klik deh….

Ups…, ternyata bisa juga tampil cantik nih wordpress……., so ga kalah dong dengan blogger, mana lebih mobile tuh (ga ke kanan kiri), pas dengan layar portrait.

Tapi…………… ini bukan berarti wordpress lebih baik dari blogger atau blogspot ya…, ini hanya dari sudut pandang mobile blog walking aja, tupun cuma kata saya yang jelas-jelas bukan ahlinya ngeblog. Mana yang lebih baik antara blogger dan wordpress berbeda bagi tiap orang, seperti katanya einstein “semuanya relatif” !

Yang jelas KEEP BLOGING, KEEP POSTING dan HINDARI COPY PASTE tanpa permisi aja yah………

40 comments on “Mobile Blog Walking | Blogger vs WordPress

  1. Ping-balik: Mobile Blogging : Cara Buat Blog Pake Operamini | Saatnya Blog Lahir dari Hapemu

Tinggalkan Balasan

