Nokia C3 vs Nokia E63

Peluncuran Nokia C3 beberapa hari lalu disambut sangat antusias oleh banyak orang, demam hape QWERTY memang masih terasa, apalagi kali ini keluaran Nokia dengan bandrol cuma 800 ribu-an saja. Ponsel ini pasti menantang ponsel Blackberry Wannabe Lokal, kenapa? Karena Indonesia adalah negara pertama dimana C3 ini di launching. Tapi teman-teman banyak yang bingung dengan pilihan lain, yakni Nokia E63. Mudahan tulisan saya kali ini bisa membantu.

Tulisan saya kali ini adalah opini saya dari berbagai sudut pandang, bisa diperdebatkan sebenarnya, jadi sebaiknya dengarkan juga opini lain yang bisa kamu temui.

JARINGAN

Disini perbedaan pertamanya, dimana E63 sudah mendukung jaringan 3G sementara C3 belum mendukung 3G. Jika ingin menjadikan ponsel ini modem, maka E63 lebih layak jadi pilihan, tapi jika hanya mengakses situs jejaring sosial macam facebook via operamini, saya rasa manapun pilihanmu sama saja. Jika dana terbatas dan hanya mencari ponsel untuk kegiatan online yang mobile, maka C3 lebih layak jadi pilihan.

DIMENSI

Ukuran C3 yang 115,5×58,1×13,6mm tidak beda jauh dengan E63 yang 113x59x13mm, tapi E63 lebih berat 10 % (126 gram vs 114 gram). Dalam pengalaman saya mempunyai beberapa ponsel, perbedaan berat 12 gram cukup terasa walaupun kesannya sepele. Dalam pandangan saya, perbedaan ini bisa kamu abikan dalam menentukan pilihan.


C3 mendukung integrasi social network di homescreennya

LAYAR

C3 punya layar lebih luas (2,4 inci vs 2,36 inci), tapi perbedaannya ini tidak terdeteksi jika kamu cuma melihatnya saja, tapi kedalaman warna E63 lebih mantap dengan 16 juta warna, sementara C3 hanya 256ribu warna. Mustinya layar E63 akan lebih baik, tapi tidak akan terlalu signifikan koq. Saya rasa kamu bisa mengabaikan lagi perbedaan ini.

MEMORY

Sama-sama mendukung microSD samapai 16 GB, tapi memory internal C3 hanya 55 mb sementara E63 hingga 120 MB. Jika kamu ingin ponsel yang lebih besar memory internalnya, E63 layak jadi pilihan. Tapi sejatinya perbedaan ini bisa kamu abaikan lagi.

KONEKTIVITAS

Sama-sama lengkap karena ada bluetooth, wifi, microUSB dll. Walaupun bluetooth C3 teknologinya sedikit lebih baru, tapi lagi-lagi saya rasa perbedaan ini bisa diabaikan.

KAMERA

Kamera sama-sama 2mp, tapi C3 belum dilengkapi flash seperti E63. Adanya LED flash saya rasa tidak banyak membantu pemotretan malam hari, saya rasa kemampuan kameranya akan seimbang (apa gara-gara saya biasa moto pake n82 dengan xenon makanya menyimpulkan ini yah?). Jika kamu ingin punya ponsel dengan kemampuan senter karena PLN masih ga bener, maka E63 adalah pilihannya (yap, senter darurat esensial di hidup saya).

VIDEO RECORDING

Nah ini baru signifikan bagusan E63, video recording C3 sangat jadul karena masih QCIF (ponsel saya 5 tahun lalu bisa ngerekam dengan kualitas tsb). Jika kamu akan sering merekam video, maka E63 lebih layak jadi pilihan (cocok bagi yang punya bayi).

BATRE

Walaupun batre C3 lebih kecil kapasitasnya, tapi data yang saya peroleh C3 mampu standbya 792jam (1 bulan lebih), sementara E63 hanya 432 (18 hari), tapi…. waktu bicaranya C3 hanya 7 jam, sementara E63 lebih baik disini karena hingga 11 jam. Nampaknya kapasitas batre besaran hanya berpengaruh di kerja berat, sementara untuk standby C3 bisa menang karena layar yang tidak sedalam E63 dan C3 tidak menggunakan CPU sebaik E63 (makanya agak lemot). Jadi saya duga untuk internetan di hape (dalam mode 2G), maka E63 akan lebih baik dari C3. Jika kamu bakal menggunakan ponselmu kerja berat, maka E63 layak jadi pilihan.


Nokia E63 adalah smartphone untuk semua

SISTEM OPERASI

C3 hanya ponsel java, sementara E63 sudah symbian. Jika kamu tipe orang yang ga puas dengan kemampuan ponselmu dan ingin selalu pingin memaksimalkan kemampuan ponselmu, maka E63 adalah pilihanmu. Sebaliknya kamu tidak begitu sukan ngutak-atik ponsel maka C3 sudah sangat cukup.

MUSIK

Nah C3 belum ada kabar berapa lama dia mampu memutar musik, sementara E63 hanya bisa 18 jam non stop memutar musik. Kualitas musiknya saya rasa standar, tapi karena sama-sama punya jack audio 3,5mm, maka bisa dicolokkan ke speaker aktif agar suara maksimal. Saya rasa imbang kemampuannya.

AKHIR KATA

Saya berani bilang E63 secara general lebih baik dari C3, tapi jika kamu bukan tipe orang yang suka ribet alias ga suka utak-atik ponsel dan hanya mencari ponsel dengan kemampuan online (facebook, twiter, chating dll), maka C3 adalah ponsel yang lebih value dibanding E63 karena harganya yang beda sekitar setengah juta.

Pilihan saya….? Jika kamu sering baca blog saya maka kamu pasti tahu mana yang saya pilih kan…….

Artikel Menarik Tentang Memaksimalkan Ponselmu

147 comments on “Nokia C3 vs Nokia E63

  1. Wah masih bingung neh…pilih mana…….c3 atau e63…….coz kata temen mending sekalian aja e71…complit katanya….harganya berapa ya sekarang?

  2. Klo mnrt sya,krn sya pk e63 dan istri pake c3 Dua2nya sm2 enak pngoperasiannya. Mksdnya utk aplikasi2 kerjaan,hiburan,n sosialisasi via hp.Yg plg pnting mssger n chatnya mudah dan murah

  3. makasie infonya..
    mw nanya nich ms,, dengan perbedaan harga yang hampir setngah juta itu kira2 sebanding ga ama keunggulannya e63 daripada c3…?? kalo keunggulannya dikit kan sayang, tapi kalo sebanding ama harganya ya gapapa sie mahalan dikit. soalnya saya tipe orang yang ga suka gonta-ganti jadi pengen yang lumayan dikit lah.. hehe
    thx.

  4. Mas e63 emang gk bisa munculin suara klo pake aplikasi java ya???misal klo pake media player java tuh gk kluar suaranya…..emang gtu bwaan pabrik ato gmn nch??

  5. Mas, harga launching C3 itu 900an kan?, cuman katanya harga C3 naik Jadi 1,1jt ap bner y?

    N lebih bagus mana C3 baru apa E63 secound
    Mohon bantuannya ya mas… karna saya msh bingung mau milih yang mana

  6. Wah salut buat mas adit yg selalu siap menjawab pertanyaan pengunjung blognya,pasti anda adl org yang punya rasa simpati dan empati yg besar,terus berbagi ilmu mu sobat.
    Kalo boleh saya bertanya,hp sony atau nokia yg punya kualitas paling bagus di kisaran harga 2jt kebawah,setelah dinilai dr berbagai segi,mohon rekomendasinya ya mas adit,soalnya kalo dpt thr nanti mau beli hp baru,hahaha..
    http://www.kerajinankayu-ku.blogspot.com

  7. Sayangnya E63 kurang smart dalam hal penyimpanan contact. Kalah jauh sama Noknok 8250 ataupun 3310. Kalau nyimpan Contact, ga langsung update contact pada pengirim sms. Ngga smart. Sehingga E63 dipakai bisnis yg mengandalkan SMS akan sangat merepotnkan.

  8. waaah,,
    klo saya rasa c3 tuh dah bgus bget,,
    dripada e 63 harganya lebih sampai 500rb dri c3,, lgian bentuk c3 kan lucu,, hehehe

  9. Mau tanya, saya pake c3, operatornya axis. Kan udah daftar gprs, tapi pas buka opera mini & ebuddy kok koneksi gagal? Padahal di web browsernya bisa connect. Kira2 yang salah dimana y mas?
    Thx b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s