Review Pemakean Internet | Perlukan Internet Unlimited dan Layanan Blackberry?

Demikian banyaknya tawaran internet unlimited dan layanan blackberr dari berbagai operator indonesia belakangan ini membuat kita berpikir lebih dari sekali untuk menentukan pilihan kita.

Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three, Smart, Esia, Flexi, Fren dan Ceria semua menawarkan paket internet unlimited. Sementara Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three dan Smart juga berlomba menawarkan layanan Blackberry terbaik.

Saya tidak ingin membahas mana yang terbaik atau paling cocok, karena semuanya tergantung gaya kita berinternetan/emai dan lokasinya (baca: Mencoba adalah Cara Menentukan Pilihan Internet Unlimited Terbaik). Yang ingin saya bicarakan kali ini adalah, perlukah kita internet unlimited?

Oke…., saya mencoba mengukur pemakain internet saya selama seminggu dari 13 July 2010 sampai 19 July 2010 dengan nokia E51 saya dan mendapatkan hasil yang cukup mengagetkan.

Dari Data Counter E51 saya, ternyata selama seminggu saya cuma menggunakan data 42 Mb saja, dan 42 Mb itu terdiri dari:

  • Internet Mobile (operamini) seminggu non-stop tanpa mematikan operamini saya, dimana akses aktiv-nya cuma 2 jam sehari (total 14 jam seminggu), dimana saya memakai internet mobile untuk buka berita-berita di detik, kompas dan okezone, facebook-an, mobile blogging, ngurus blog, googling dan download ringan.

  • Menjadikan E51 Modem (baca: Menjadikan Nokia Modem) rata-rata 15 menit sehari (total 5 jam 15 menit seminggu), ini hanya saya gunakan untuk update tulisan saya di blog.

  • Email, saya mengirim setidaknya 254 email dalam seminggu itu (sekitar 36 email sehari), dan menerima setidaknya 1000 email dalam seminggu itu dimana 40% email itu dari facebook (dapat 100an email sehari). Tapi cuma beberapa yang ada attachmentnya (baca: kirim dokumenvia email hape).

  • Chating, kalau chating cuma 10 menit sehari (baik chat facebook dan yahoo), jadi tidak terlalu signifikan, menurut data yang saya dapatkan 2,5 jam chating menghabiskan sekitar 1 Mb data (baca: cara chating facebook di hape).

  • Google Map, saya selama seminggu mengaktifkan google earth mobile saya total 30 menit saja (baca: Asiknya Google Map).

So…., dengan pemakaian seperti saya, saya cuma butuh 42 Mb seminggu, atau setara 128 Mb sebulan. Lah itu kan berarti saya tidak membutuhkan internet unlimited, karena jika saya menggunakan internet unlimited maka data banyak yang mubazir. Jadi karena itu saya memutuskan memakai paket internet berkuota saja. Apalagi musti langganan blackberry, yang termurah aja 69rb/bulan, emang seberapa banyak email yang saya terima? Kan cuma 100/hari dan cuma membalas 24/hari saja, jadi email pull biasa saja sudah cukup (baca: terima email di hape).

Tulisan saya tidak berarti bahwa kamu juga seharusnya tidak memakai layanan blackberry maupun internet unlimited, karena beda orang beda gaya kan…., kalo kamu suka menghabiskan waktumu berjam-jam internetan atau suka facebook-an ala BBM, ya ga masuk akal mengikuti saran saya. Nah….., tulisan saya ini cuma untuk mengajak berpikir efektif dan efesien saja (baca: mahasiswi yang cuma pengen gaya pake blackberry).

Hihi…., sebenarnya saya lagi bokek, jadi apa-apa pake perhitungan segala, tapi jadinya ketahuan kalo saya tidak (belum) butuh internet unlimited. Nah saya sudah sharing gaya pemakaian internet saya….., bagaimana dengan kamu ??

ARTIKEL TERKAIT

Iklan

56 comments on “Review Pemakean Internet | Perlukan Internet Unlimited dan Layanan Blackberry?

  1. ditmpt saya tri skrg speednya lbh cepet..yg tdnya download dgn hsdpa 40 kb/s,skrg 80-85 kb/s (download lgsg lwt hp).trus saya coba lwt pc menggunakan idm,speednya mencapai 100-105 kb/s (jaksel).saya tnya tmen dket rmh yg sama2 pke tri jg blg speednya tmbh cpet.mkn tuk skrg ini saya puas dech pke 3..murah n cepat..

  2. Kalo saya seminggu bisa mencapai 300 MB.. Tapi karena saya pake indosatgprs-durasi yang tarifnya Rp.5000 per 4 jam 10 menit, jadi dalam seminggu saya hanya menghabiskan 13000 untuk internetan sebesar 300MB.. Itu pun termasuk dipake sebagai modem.. Hehe..

  3. Nice share mas adit:)
    kalau buat saya pakai unlimited atau yg quota gak masalah, yang penting inet gak ngadat, kelancaran dan kecepatan koneksi internetlah yang paling saya harapkan, dah pake nokiyem C3 dan C6 tapi masih kurang puas kalau buka inet sering gagal mungkin karena koneksi di daerah saya memang agak jeblok:( ….atau mungkin karena nokiyem memang hanya full perform buat multimedia aja ya mas, kayaknya perlu Deodorant (BB) nih yang kata banyak pengamat lebih perform dalam urusan koneksi internet ketimbang nokiyem:)

  4. Aktivitas se-bulan kurang seminggu… Barusan lihat log modemnya, eh udah lebih 20 Giga Byte total traffic… Kayaknya ini bukan boros tapi dol. Pake smart platinum, nggak pake quota2-an.

  5. Ping-balik: Internet Murah Rp.12.000 Sebulan dari Three | Plus Gratis SMS Setahun « Coretan Adit38 (dan Galaktus)

  6. Kalo saya /bln biasanya 3-4gB ~~” boros ga tuh??
    skrg ini di log data diterima udah 8gB (n udah 3x hard reset yg data diterimanya @2gB)
    :ngibrit

  7. Ane kan pake android (LG Optimus One P500), jadi rada boros tuh
    sehari bisa nyampe 50mb bahkan lebih
    enaknya sih pake tri yang unlimited

  8. Ping-balik: Internet Murah Rp.12.000 Sebulan dari Three | Plus Gratis SMS Setahun | ilmukuyunus

  9. Ping-balik: BB THREE | Jadi Lebih Murah, Beneran ! | Dunia Elektronik & Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s