Kenapa Menelpon Operator Lain Selalu Mahal ?

Mungkin ada yang bertanya, kenapa koq tarif operator seluler untuk lintas operator mahal…., sebenarnya sejak 28 april 2008 sudah jelas aturannya.

Ya…., tarif interkoneksi lah yang menyebabkan tarif nelpon antar operator jadi mahal, tarif interkoneksi adalah biaya yang musti dibayar oleh operator jika pelanggannya menelpon, misalnya jika pelanggan telkomsel menelpon ke xl, maka telkomsel mesti membayar tarif interkoneksi ke xl. Berikut aturannya yang dibuat tanggal 28 April 2008 (FWA: CDMA fixed, yakni flexi, esia, hepi dan starone)

TARIF INTERKONEKSI LOKAL (per menit)


TARIF INTERKONEKSI INTERLOKAL (per menit)

Dilihat dari tabel diatas, maka sangat wajar tarif ke operator lain tidak mungkin bisa dibawah 261/menit. Tapi saat ini saya catat ada 2 operator yang memberikan tarif yang dibawah biaya interkoneksi untuk lintas operatornya, yaitu

AXIS

Tarif antar operator yang 900 untuk tiga menit jelas akan membuat AXIS rugi jika pelanggannya menelpon interlokal anatar 2-3 menit ke operator lain, tapi jika pelanggannya menelpon operator lain 1 menit atau cuma beberapa detik maka untungnya berlipat. Jadi gunakan nelpon tepat 3 menit aja yah.

THREE

Tarif Edan three yang 99/menit jelas membuat three rugi berapapun lama (max 5 menit) pelanggannya menelpon operator lain, baik lokal apalagi interlokal (baca artikel: Tarif Edan Three). Entah darimana mungkin untungnya….., padahal saya kan make three tarif edan untuk nelpon operator laen. Hihihi…..

Iklan

9 comments on “Kenapa Menelpon Operator Lain Selalu Mahal ?

  1. mas..ulas tntng mslh tarif internet jg donk..ko ada yg mhal n murah..mang hrznya tarif yg normal itu brp..thanks mas adit..

  2. Ada aplikasi baru bgt dr joiku.com namanya joikuboost. Saya mencoba instal di N78, Tp utk search WLAN tdk prnh bs (not found) terus. Dan utk mencoba nge boost dg operator jg selalu eror trs. mhn mas adit mencobanya di N82 Mas adit kira2 aplikasi itu berfungsi tdk utk koneksi WLAN dan nge boost WLAN nya bs ato tdk. Di N78 Tdk brfungsi,….. Gm ni. Mhn sy dibantu

    • Ga rugi mas karena sesama operator ga ada biaya. Mereka dapat untung dari perpanjangan masa aktif pelanggannya. Misal indosat utk aktif perbulan butuh 20rb, kalo simpati 30rb, kalau xl dan axis 10rb.

  3. o gitu to mas, , ,mas adit aku mau tanya gimana caranya liat kode kunci telpon. Soalnya saya pernah ganti kode telepon 5320 ku,tp aku lupa kodenya berapa,tolong bantuanya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s