Request : LG GT540 Optimus vs Nokia C6

Atas request dari mas Rezzha, maka saya coba membandingkan LG GT540 Optimus dan Nokia C6.
Berikut perbedaan dari kedua ponsel ini:

UKURAN

Dai segi ukuran Optimus lebih kecil, tipis dan lebih ringan, jadi jika ingin mencari ponsel yang lebih kompak, jelas GT540 pemenangnya, apalagi Nokia C6 memang dikeluhkan lumayan berat.

LAYAR


Nokia C6 mempunyai layar lebih luas, 3,2 inchi, tapi Cuma beda tipis lah dengan layar GT540 yang 3 inchi. Tapi dari segi resolusi Nokia C6 jelas lebih baik dengan resolusi nHD (360×640 pixel) dibandingkan GT540 yang hanya 320×480 pixel. Dari segi teknologi sama-sama berlayar resistif, tapi nokia C6 ada sensor proximity.

SOUND


Dari keluaran speakernya, saya mendapati GT540 memiliki kualitas diatas rata-rata, sementara Nokia C6 Cuma rata-rata. Keduanya mendukung jack audio 3,5mm.

MEMORY

Memory internal Nokia C6lebih besar, dengan 240 Mb berbanding 139 Mb di GT540, tapi tidak begitu berarti karena keduanya mendukung slot microSD, C6 direkomendasikan maksimal 16 GB sementara GT540 samapai 32 GB. Tapi dalam paket penjualannya C6 disertai memory 2Gb.

SISTEM OPERASI

Nah system operasi GT540 adalah android 1.6 yang sayangnya tidak bisa diupgrade lagi, Nokia C6 memakai OS standar symbian^1. Ini sih masalah selera.

HARDWARE

Processor GT540 adalah 600 Mhz dengan 156 RAM, sementara C6 434 Mhz dengan 128 RAM. Memang GT540 unggul, tapi itu wajar karena OS android butuh spek yang lebih tinggi dari symbian.

KAMERA

Kamera GT540 hanya 3 megapixel tanpa LED, Nokia C6 5 MP dengan LED. Keduanya autofocus, tapi LG ada teknologi face detectionnya. Keduanya bisa merekam video dengan resolusi VGA, sayangnya GT540 hanya bisa 17 fps, tidak seperti C6 yang hingga 30 fps (fps = frame per second, jadi ini menentukan halusnya pergerakan dalam video, makin rendah makin patah-patah). Nokia punya kelebihan lain, yakni adanya kamera kedua untuk video calling yang tidak ada di GT540.

SOCIAL NETWORK


GT540 sudah dibenamkan SNS terintegrasi, sehingga untuk urusan facebook, twitter dll lebih asyik di LG.

BATRE


GT540 memiliki batre 1500 mAh, sementara C6 hanya 1200 mAh, aibatnya kemampuan standby GT540 lebih baik dari C6, tapi ternyata batre C6 jauh lebih kuat untuk nelpon, ini dikarenakan system operasi android yang membutuhkan processor tinggi, sehingga batre akan lebih boros untuk bekerja (diluar standby).

INTERNET

Internetan di GT540 bisa sampai kecepatan 7,2 Mbps, sementara di Nokia C6 hanya sampai 3,6 Mbps, tapi di Indonesia ya tidak banyak gunanya, operator yang mencapai kecepatan 100 Kbps saja sudah luar biasa bagus. Tapi keberadaan QWERTY keyboard ini sangat mendukung kegiatan berinternet, kecuali kamu cuma sekedar baca berita (browsing saja). Browser C6 mendukung flash, semantara GT540 tidakโ€ฆ., tapi kamu paling pake operamini juga kan, jadi ga penting menurut saya.

AKHIR KATA

Jika ingin cari ponsel dengan kemampuan kamera dan kenyamanan berinternet lebih baik, sebaiknya ngambil Nokia C6, jika ingin kemampuan social network dan audio yang sedikit lebih baik sebaiknya mengambil LG GT540. Selebihnya hanya masalah pilihan system operasi dan desain saja. Moga sedikit coretan ini bisa membantu mas rezzha.

Perbedaan lengkap dan spesifikasinya bisa dilihat disini: LG GT540 vs Nokia C6

ย 

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

39 comments on “Request : LG GT540 Optimus vs Nokia C6

  1. Mas saya bingung nih milih ponsel. Saya mw hp symbian s60 v3 mas, milih mna ya antara nokia 6120c atau E63. Kira-kira menurut mas bagus yang mana?

  2. mas c6 sma c6-01 bdax apa pda kamerax saja???perbndinganx gmn????
    trus harga keduax jg brp????oia c6-01 apa msh pke lyar resistif apa udah capasitive

  3. Mas Adit,
    terima kasih telah mereview request dari saya. Smoga blognya dpt bermanfaat bgi yg lain. Kapan kapan tanya lagi boleh kan mas,, hehehe,,,

  4. Oia mz Adit, kl nokia C6 ma X6 mnurt mz Adit bgusan mana?
    mslahnya aq pngen beli X6 tp ko ktnya layarnya msih kalah sensitif d bnding smsung star yg msh resistif i2….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s