Megapixel Kamera Ponsel Bukan Segalanya

Heran juga melihat orang disekitar saya langsung terpesona dengan ukuran megapixel suatu kamera ponsel…., kisah berikut sangat miris, gara-gara terpikat megapixel dia rugi besar.

Dia yang saya sebut saja namanya BD, menjual ponselnya yang berkamera 2 megapixel (Sony Ericsoon K750) demi mengganti dengan ponsel yang berkamera 5 megapixel (Nokia X2). Tapi BD kemudian kecewa berat, karena dia tidak bisa melakukan kebiasaan lamanya dengan baik, memfoto skripsi orang di perpustakaan dan mempelajarinya dirumah (skripsi biasanya sulit untuk dipinjam tanpa ijin).

Hal ini dikarenakan kamera 5 megapixel nokia X2 tidak memiliki fitur autofocus (AF) seperti Sony Ericsson K750nya, jadi foto jarak dekat menggunakan Nokia X2 tidak maksimal.

Berikut hasil foto ponsel kamera 5 megapixel yang kurang lebih sama kualitasnya dengan Nokia X2 (saya pakai hasil foto Nokia X5) dibandingkan ponsel kamera 2 megapixel dengan autofokus yang sama kualitasnya dengan Sony Ericsson K750 (saya pakai hasil Sony Ericsson W810). Hasil foto Nokia X5 tampak kabur (atas), dimana tulisan pada foto agak sulit dibaca, sementara hasil kamera SE W810 (bawah) jelas terbaca

Kualitas kamera lebih tergantung kepada lensa kamera, ukuran sensor imagenya, serta ketrampilan yang makai. Pernah saya alami saat hasil foto mahasiswa saya memakai kamera digital Sony 7 MP saat acara dies natalis ternyata sangat jelek ketimbang hasil kamera Nokia n82 saya yang hanya 5 megapixel….., ternyata si mahasiswa memotret tidak steady (tangannya agak bergetar) dan asal jepret (tidak memanfaatkan autofocusnya).

Oke….., mudahan kejadian tersebut tidak terkadi lagi, jadi jangan beranggapan kamera dengan megapixel lebih tinggi dijamin lebih baik ya. Biarlah kamera ponselmu jelek, tapi ketrampilanmu mengabadikan momen serta pemanfaatan hasilnya lah yang utama. Setuju tidak?

About these ads

62 comments on “Megapixel Kamera Ponsel Bukan Segalanya

  1. Ping-balik: Majalah Fotografi PIX menggunakan Hasil Jepretan Nokia N8 untuk Covernya « Blognya Adit38

  2. Ping-balik: Adit38

  3. Ping-balik: Sony Ericsson Xperia X8 | Kencan Pertama bersama Android « Blognya Adit38

  4. mas.. aku pengen dapetin hp nokia yg spesifikasinya ada kamera minimal 3,2 MP (atau 5MP) + autofocus, terus ada wifinya jg.. budgetnya dibawah 2 juta..
    kira2 ada masukan gak mas hp noki tipe apa aja? (baru n second).
    trus klo nokia n85 secondnya brapaan ya skrg mas?

    makasih mas :)

  5. Mas, kok hasil nokia E5ku kalo foto pake flash warna kabur semua, jadi kabut semua, heran saya, mending ga usah flash klo mlm2 dah, ato flashnya yg trlu berlebihan ya mas? Ato hape saya ada yg eror gitu? Mhn d bantu

  6. ya benar. selain ketrampilan atau bisa memaksimalkan kelebihan kamera ponselnya tentu fitur AF adalah fitur wajib yg harus di miliki ponsel kamera, tapi kalau photo2 an kamera cina pun nggak apa. khusus untuk produk kamera berfokus (k750i,nokia 6303i contohnya) agak jarang atau terbatas produknya apalagi untuk kelas menengah kebawah.

  7. Ping-balik: MSJ : Nokia 808 PureView 41 Megapixel Hanya Pembodohan Masyarakat ! « Coretan Adit38 (dan Galaktus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s