Megapixel Kamera Ponsel Bukan Segalanya

Heran juga melihat orang disekitar saya langsung terpesona dengan ukuran megapixel suatu kamera ponsel…., kisah berikut sangat miris, gara-gara terpikat megapixel dia rugi besar.

Dia yang saya sebut saja namanya BD, menjual ponselnya yang berkamera 2 megapixel (Sony Ericsoon K750) demi mengganti dengan ponsel yang berkamera 5 megapixel (Nokia X2). Tapi BD kemudian kecewa berat, karena dia tidak bisa melakukan kebiasaan lamanya dengan baik, memfoto skripsi orang di perpustakaan dan mempelajarinya dirumah (skripsi biasanya sulit untuk dipinjam tanpa ijin).

Hal ini dikarenakan kamera 5 megapixel nokia X2 tidak memiliki fitur autofocus (AF) seperti Sony Ericsson K750nya, jadi foto jarak dekat menggunakan Nokia X2 tidak maksimal.

Berikut hasil foto ponsel kamera 5 megapixel yang kurang lebih sama kualitasnya dengan Nokia X2 (saya pakai hasil foto Nokia X5) dibandingkan ponsel kamera 2 megapixel dengan autofokus yang sama kualitasnya dengan Sony Ericsson K750 (saya pakai hasil Sony Ericsson W810). Hasil foto Nokia X5 tampak kabur (atas), dimana tulisan pada foto agak sulit dibaca, sementara hasil kamera SE W810 (bawah) jelas terbaca

Kualitas kamera lebih tergantung kepada lensa kamera, ukuran sensor imagenya, serta ketrampilan yang makai. Pernah saya alami saat hasil foto mahasiswa saya memakai kamera digital Sony 7 MP saat acara dies natalis ternyata sangat jelek ketimbang hasil kamera Nokia n82 saya yang hanya 5 megapixel….., ternyata si mahasiswa memotret tidak steady (tangannya agak bergetar) dan asal jepret (tidak memanfaatkan autofocusnya).

Oke….., mudahan kejadian tersebut tidak terkadi lagi, jadi jangan beranggapan kamera dengan megapixel lebih tinggi dijamin lebih baik ya. Biarlah kamera ponselmu jelek, tapi ketrampilanmu mengabadikan momen serta pemanfaatan hasilnya lah yang utama. Setuju tidak?

62 comments on “Megapixel Kamera Ponsel Bukan Segalanya

  1. Jangan heran mas, krn ga semua orang ngerti mslah kyk ini dan orag2 gampang kejebak ama iklannya..

    Tapi Makasih byk Mas Infonya, itu udah menjawab rasa ingin tau sy slama ini… So.. saya masih mikir nih mau beli EEE5 Nokiyem..

  2. kalau kamera Xperia X1 bagus g bang?secara cuma 3,2 MP….. Ada isu juga nih apa bener kualitas kameranya SE lebih jreeng drpd Nokia?terutama yg Xperia X1 nih mah. Hot Phone tu mah.huhu..

  3. sudut pandang pengambilan gambar juga sangat menentukan kualitas sebuah objek yang diambil, karena percuma jika punya kamera canggih yang memiliki pixle besar tapi tidak tau cara memotret atau menentukan angle yang baik.

    Masalah yang mas adit bicarakan diatas (kamera MP yang tidak memiliki fitur AF) bisa disiasati dengan memasang focus lens eksternal pada kamera ponsel.

  4. tergantung harga tuh, soalnya x2 dijual dengan harga sekitar 1,2 juta. Beda dengan hp nokia lain yang pixelnya lebih kecil tapi lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s