Kenapa Symbian^3 Belum Memakai Processor Sekencang Android, Blackberry atau iPhone?

symbian3.jpg

Mungkin pengguna symbian sering bertanya-tanya kenapa sampai keluarnya symbian^3 masih memakai hardware (processor dan RAM) yang lebih rendah dari kompetitornya seperti Android, Blackberry dan iPhone? Berikut mungkin adalah alasannya

weird.jpg

1. Tank versus Sedan

Kita tahu, tank pasti memiliki mesin dengan tenaga lebih besar dari sedan. Tapi kenapa sedan melaju lebih kencang ??
Yup…., ilustrasi itu sangat pas untuk menggambarkan kenapa symbian tidak perlu processor dan RAM seperti android atau iphone. Sistem operasi symbian jauh lebih ringan dari android dan iphone, ini (mungkin) disebabkan user interface android/iphone dibuat tampil sangat indah, elegan dan berkesan sangat canggih sehingga membutuhkan sumber daya lebih banyak. Sebagai penantang yang ingin merebut pasar symbian, tentu android, bb dan iphone harus berhasil meyakinkan pasar bahwa ponsel mereka lebih baik dari symbian, dan untuk itu jelas kesan pertama harus dimulai dari user interface yang baik. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda , adalah bunyi sebuah iklan parfum. Mungkin ada benarnya, tanpa kesan pertama yang menggoda, bagaimana bisa membuat pasar melihat os baru lebih jauh? Oleh karena itu butuh hardware yg lebih tinggi. Sementara symbian merasa hardware mereka lebih dari cukup.

Money.jpg

2. Pertimbangan Harga

Dengan komposisi hardware yang lebih tinggi pasti berefek ke harga yang mahal. Ini pasti pertimbangan symbian agar ponsel pintar juga bisa murah. Slogan Smartphone Untuk Semua yang Pernah didegungkan nokia mungkin adalah indikasinya

energysaving-label.jpg

3. Hemat Energi

Hardware lebih tinggi berakibat batre lebih boros, (mungkin) symbian berpikir jika dengan hardware sekarang kemampuan smartphone yang dibutuhkan (bukan sekedar ada biar keren tapi ga pernah dipake) bisa tersedia, buat apa meningkatkan hardware yang berefek batre lebih boros.

AKHIR KATA

Tulisan diatas adalah opini pribadi saya, bukan kata symbian, mungkin saja symbian punya pertimbangan lain. Kalau saya ditanya sistem operasi yang terbaik jelas kembali ke selera masing-masing. Tapi kalo tanya selera saya, yang jelas saya suka yang murah karena buat apa beli lebih mahal kalo emang tidak ada kelebihan yang saya butuhkan.

Atau mungkin kamu lebih suka memilih ponsel ala kadarnya seperti nokia 1202 atau 1280. Nokia 1202 dan 1280 punya loh kemampuan default yang tidak dimiliki ponsel symbian, android maupun iphone. Cek disini .

Posted via symbian phone

Iklan

93 comments on “Kenapa Symbian^3 Belum Memakai Processor Sekencang Android, Blackberry atau iPhone?

  1. Hmm mungkin sudut pandang seseorang itu berbeda, berikut dari sudut pandang saya
    1. N8 bukannya untuk segmen mid-up, dan akselerasi 600MHz ga jelek, meski ga bisa dianggap kenceng, apalagi NOKIA memposisikan N8 sebagai ponsel multimedia tertinggi Nokia (setidaknya saat ini), 12MP kamera..
    2. NOKIA terlalu pede dg tidak mengikuti perkembangan pasar, di saat Android booming, Nokia tetep pada Symbian (di saat Samsung & SE resmi meninggalkan Symbian), sampai saat ini juga Symbian belum memiliki market untuk aplikasinya. Tentu buat sekelas bro Adit aplikasi bisa diperoleh dari berbagai sumber, forum, situus, dll. Tapi buat yg awam dg symbian kan bingung..
    3. Meski punya andalan sendiri, Meego OS, tapi ko kelihatan lama rilisnya, Samsung juga punya andalan sendiri Bada OS, dan trelah dipkai di Samsung Wave 8500
    4. Nokia tetap memimpin di pasar ponsel dunia, tapi di segmen smartphone, tampaknya harus kwalahan menghadapi gempuran iPhone, Android dan BB..

    Perbedaan itu indah, asal tepat pada porsi dan posisinya…
    Sukses bro buat Blognya..

  2. Menurut sy sih punya kelebihan dan kekurangan masing2 ga ada yg sempurna dan sy setuju knp nokia blm pake prosesor yg 1gb krn pertimbangan harga krn klu nokia 1gb harganya lebih mahal dr android dan knp orang2 suka ma nokia krn tahan, jatuh masuk air bukan masalah beda ma merek lain kena air langsung rusak

  3. Sory bos Adit, dateng lagi….
    Terus terang semua tegantung selera, tapi saya mencoba obyektif dari Nokia 5800 XM, N97 dan N97 Mini proc dan Ram nya yang hampir sama. Yang saya lihat berbeda hanya N900 dengan Maemo nya dengan Procie 680Mhz yang sama digunakan pada N8 terbaru yah mendingan lah.

    • Gpp mas. Ini bukan nokia yg sy bicarakan diatas mas, tapi symbian loh. Kalo masalah nokia kata mas ada benarnya, butuh yg lebih tinggi ram dan procnya, dan itu kan jelas di nokia n9-0x yang pake proc 1,5ghz (tertinggi saat ini 1ghz). Tapi n9-0x bukan symbian, tapi meego. Jadi kita ga nyambung sbenarnya ya mas? Makasi dah ikut nimbrung di blog saya ya mas.

  4. makanya ane pake dua, bukan masalah cdma atau gsm, tapi symbian buat nelpon dan sms, windows phone buat kerja, browsing dan download email yang berat-berat.

  5. Tulisan yang menarik. Hanya ingin menambahkan sedikit di point Tank VS Sedan, mengenai kebutuhan hardware Android lebih tinggi.

    Ambil contoh Motorola Milestone, android yang cukup populer dengan prosesor 600Mhz (cortext A8 based). Berdasarkan gsmarena, miley punya 256 MB RAM. Dengan layar 3,7″ dan resolusi 480×854, real life performance nya cukup baik loh. In general HP ini cukup cepat untuk daily use, maupun gaming 3D, walaupun fitur live wallpaper dienabled (animated wallpaper yang bergerak-gerak yang sangat mengambil processing power dan batere).

    IMO, kebutuhan hardware untuk Android sampai saat ini masih belum dibandingkan dengan spek hardware dari HP yang beredar. Banyak raw power yang belum terexplore.

  6. n8 procesornya mng kecil tpi gpunya boleh diadu mma iphone . Apakah sdh ada yg jualan hd games symbian^3 ( dlm bntuj dvd) krna ukuranya gede bnget klo download antara 50 -150 mb.

  7. nice ! :sundulgans
    awam banyak yang bener2 ‘awam’ ;p
    langsung liat spek tinggian siapa tanpa tahu alasan dibaliknya
    kalo boleh gw analogi : pc dengan spek sama kalo running winXp pasti lebih ente dibanding win7
    stuju gw 100%!

  8. Klo mau bertarung di highend, symbian kalah.. Orang keluar duit mahal hanya dapet mobil sedan?

    Di level midle, dgn harga sama. Orang lebih memilih non symbian. Harga sama,knp tidak untuk mencicipi os android/blackberry?

    Dilevel low end, symbian babak belur dihajar hp cina ber platform java. Harga sama murah,semisal 500rb. Tentu orang milih hp cina(sudah ada camera,mp3,radio,bahkan tv,dan tentu dual card)

    :))
    Itu pendapat saya lho..

    • ane jg pny analogi nii.. Sedan yg cm 2000cc kan emang mahal mas,, bahkan lbih mahal dri colt diesel sklipun yg 3500cc.. Skrg ane tny,, Cba klo mas bli mobil,, mo bli colt disel yg tnaga.a gde atw mo bli sedan yg tnaga.a kcil tp cpet?? Hahaha.. Ujung2nya y blik lg ke kbutuhan kita msing2 kan? Its not about technology.. Its about what will u do with yours..

  9. yap, kaya BB bold yg dulu barunya aja ampe 7jt tp ga bs ngapa2in, cuman fb twiter push emailnya aja yg diunggulin plus biaya operasional yg mahal ,

  10. loh? emang hape yg ber symbian lebih murah daripada android? kyknya justru symbian yang hardwarenya lebih rendah, hapenya malah lebih mahal.
    btw, maaf. bukan merendahkan. saya tertarik untuk mencoba semua os. dan yg saya lihat, hp2 symbian^3 berkisar 3 jt ke atas. cukup mahal di banding Android yg 2 jtan.
    apakah mahalnya itu hanya krn kameranya? yg memang kamera nokia sangat berlebih (mencapai 8 MP ke atas) di banding android yg kira2 hanya 3 MP – 5 MP saja?

    • Gini aja mas, 4 hape android yg pertama keluar ada emang yg semurah 4 hape pertama symbian^3 ?? Pelan2 nanti ada jg symbian^3 murah. Spesifik aja mas, mana yg mau dibandingkan android murah ama c7 atau c6-01, kalo misal dg xperia x8, ya procie dan ram x8 udah dibawah kedua symbian^3 itu mas.

  11. “Symbian lebih ringan dari Android”
    hmm, ga salah gan?
    Ane ada 2 hp, satu SE X8(Android), satu Vivaz(Symbian S60v5), Vivaz pake processor 720 MHz, X8 cuma 600 MHz, tapi jika dibandingkan, UI lebih halus X8, game juga lebih halus dikit dibanding Vivaz.
    Saya udah ngetes pake berbagai aplikasi homescreen buat Vivaz, tetep aja scrolling, dan proses lainnya kerasa berat banget, juga ngebuka folder atau aplikasi lebih berat dari X8 saya.

    so, menurut ane, opini tentang Symbian itu lebih ringan dari Android itu salah besar. 😀

  12. walah jaman udah canggih gini masih aja ada yg banggain symbian, nokia aja mau bangkrut gara-gara simbian, kalo gak kebeli android, jangan mengagung agungkan symbian, mau maen apa di symbian to mas… mas…

    • BACA NIH PAKE MATA YANG LEBAR…android/windows7 berada di antara symbian/meego, bukan berarti symbian kalah di bandingkan dengan android/windows7. Keunggulan symbian adalah irit resource, artinya DENGAN HARDWARE YANG SAMA dapat berjalan lebih baik. perhatikan bahwa rata2 smartphone android memakai CPU 800MHz-1GHz, sedangkan yang pake 600MHz pelan banget, tapi di nokia, 680MHz Symbian terasa terbang. Yang saya maksudkan dalam kata2 ini adalah, symbian di design nokia sebagai OS smartphone yang setara dengan competitor, tapi tidak bloated untuk pekerjaan computer. Untuk hal2 tersebut nokia mengandalkan Meego. Maka dari itu symbian dapat ramping (tidak lelet) tapi mantap. Itu adalah kelebihan symbian dibanding os lain..BELAJAR DULU SEBELUM ASPLAK,,Thax,,,symbian is the best..os terlama yang bisa berjaya, n gak akan mati

  13. aplikasi android ,ios dan rim lebih bagus ketimbang symbian, karna itu android,ios dan rim mempunyai hardware dengan spec yang tinggi,
    klo soal batre wajar nokia lebih unggul, karena beda dengan android,ios & rim yang online 24 jam, symbian kan g online 24 jam
    siapa bilang symbian murah, mahal bro…
    nokia selalu melepas produknya dengan harga yang fantastis g sebanding dengan spec yang diberikan,,,

  14. Sekarang udah 2014 dan pendapat anda benar symbian sdh jd mayat 😦 bahkan brand nokia bakal gak ada lg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s