Kenapa Symbian^3 Belum Memakai Processor Sekencang Android, Blackberry atau iPhone?

symbian3.jpg

Mungkin pengguna symbian sering bertanya-tanya kenapa sampai keluarnya symbian^3 masih memakai hardware (processor dan RAM) yang lebih rendah dari kompetitornya seperti Android, Blackberry dan iPhone? Berikut mungkin adalah alasannya

weird.jpg

1. Tank versus Sedan

Kita tahu, tank pasti memiliki mesin dengan tenaga lebih besar dari sedan. Tapi kenapa sedan melaju lebih kencang ??
Yup…., ilustrasi itu sangat pas untuk menggambarkan kenapa symbian tidak perlu processor dan RAM seperti android atau iphone. Sistem operasi symbian jauh lebih ringan dari android dan iphone, ini (mungkin) disebabkan user interface android/iphone dibuat tampil sangat indah, elegan dan berkesan sangat canggih sehingga membutuhkan sumber daya lebih banyak. Sebagai penantang yang ingin merebut pasar symbian, tentu android, bb dan iphone harus berhasil meyakinkan pasar bahwa ponsel mereka lebih baik dari symbian, dan untuk itu jelas kesan pertama harus dimulai dari user interface yang baik. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda , adalah bunyi sebuah iklan parfum. Mungkin ada benarnya, tanpa kesan pertama yang menggoda, bagaimana bisa membuat pasar melihat os baru lebih jauh? Oleh karena itu butuh hardware yg lebih tinggi. Sementara symbian merasa hardware mereka lebih dari cukup.

Money.jpg

2. Pertimbangan Harga

Dengan komposisi hardware yang lebih tinggi pasti berefek ke harga yang mahal. Ini pasti pertimbangan symbian agar ponsel pintar juga bisa murah. Slogan Smartphone Untuk Semua yang Pernah didegungkan nokia mungkin adalah indikasinya

energysaving-label.jpg

3. Hemat Energi

Hardware lebih tinggi berakibat batre lebih boros, (mungkin) symbian berpikir jika dengan hardware sekarang kemampuan smartphone yang dibutuhkan (bukan sekedar ada biar keren tapi ga pernah dipake) bisa tersedia, buat apa meningkatkan hardware yang berefek batre lebih boros.

AKHIR KATA

Tulisan diatas adalah opini pribadi saya, bukan kata symbian, mungkin saja symbian punya pertimbangan lain. Kalau saya ditanya sistem operasi yang terbaik jelas kembali ke selera masing-masing. Tapi kalo tanya selera saya, yang jelas saya suka yang murah karena buat apa beli lebih mahal kalo emang tidak ada kelebihan yang saya butuhkan.

Atau mungkin kamu lebih suka memilih ponsel ala kadarnya seperti nokia 1202 atau 1280. Nokia 1202 dan 1280 punya loh kemampuan default yang tidak dimiliki ponsel symbian, android maupun iphone. Cek disini .

Posted via symbian phone

93 comments on “Kenapa Symbian^3 Belum Memakai Processor Sekencang Android, Blackberry atau iPhone?

  1. Org emang suka pd tampilan luar yg eye catching spt UI iphone & android, dan nganggap UI symbian jadul, pdhl byk aplikasi utk mempercantik tampilan UI symbian..

  2. Kalo untuk kelas mid to low sih alasannya masuk akal tapi utk kls premium hrsnya nokia berani kasih procie 1 ghz utk memenangkan persaingan.

    • Untuk kelas premium ga perlu OS segalam mas. Liat aja vertu. Kelas highend maksudnya ya? Kalo symbian kan sudah dibilang nokia utk kelas mid. Utk kelas highend kan udah ada os meego di n9

  3. kalo mau diilustrasikan mirip kaya komputer… windows vista/mac/7 butuh resource hardware yang besar. sdangkan ubuntu dengan resource hardware yang lebih kecil mampu menyainginya baik performa maupun interface =) … terbukti symbian lebih efisien dari segi energi batre, saya sudah buktikan dengan bbos, ios, android….

  4. Keyen Opini ny mas . . .
    Aq jg pengguna symbian lebih t4 ny Nokia E51. . .
    Tp aq beberapa hr ini ngeliat spesifikasi android n mulai tergoda krn samsung mau ngeluarin android dgn hrg murah. . .
    Aq menunggu tls an mas tentang android dgn hrg low end . . .
    🙂

  5. Salam kenal Bung Adit.

    Saya sepenuhnya setuju dengan opini anda tersebut. Memang ditengah-tengah serbuan berbagai perangkat bergerak (mobile device) yang ada, sudah sewajarnya bagi kita untuk menjadi pembeli atau pengguna yang ‘smart’ agar investasi yang dikeluarkan dapat dioptimalkan manfaatnya. Tidak semata-mata terpengaruh oleh ‘tampilan muka’ saja.

    Kebetulan saya pengguna perangkat berbasis S60v5, BB OS 4.5 (mentog) dan iOS4 (pod). Kalau Andro memang belum punya, tapi melihat dari tetangga sebelah saja.

    Dari hasil pengamatan saya sejauh ini, kesemua jenis teknologi memang memiliki kelebihan masing-masing. Sebagai ilustrasi, ambilah contoh perangkat berbasis Symbian dan berbasis Andro yang berharga sama. Kalau diperhatikan secara obyektif maka akan tampaklah perbedaannya. Perangkat Symbian memang memiliki RAM dan processor speed yang lebih rendah ketimbang yang dimiliki oleh perangkat Andro. Akan tetapi keduanya memiliki kinerja / performa yang sama. Justru disinilah letak kelebihan symbian yang sesungguhnya….ditambah, sekali lagi untuk harga yang sama, perangkat symbian dilengkapi dengan spek komponen lain yang lebih, semisal kamera yang lebih baik, daya tampung/storage yang lebih besar, dsb. Akan tetapi, butuhkah kita dengan kamera atau storage yang lebih besar tersebut?

    Saya tidak bermaksud membela Symbian atau menjatuhkan Andro. Tetapi seperti yang bung Adit sampaikan…..semua kembali kepada kebutuhan…:-P

    Sebagai ilustrasi penutup, bos istri saya yang orang perancis, memiliki BB yang dilengkapi dengan track wheel mekanik (bukan trackball ato trackpad) di samping kanan atas (jadul banged gak seh??). Lantas saya bertanya kenapa tidak membeli yang baru? Dia hanya tersenyum dan menjawab:
    “what I need from such device is just the push mail. Nothing else”

    Trims ya. Osman
    (ozmannn@ovi.com)

    *Bung adit, boleh saya tau ovi contact anda? Karena ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan mengenai E51. Thx

  6. belum memakai? mungkin suatu saat akan menggunakan hehehe…
    saya suka symbian saya juga suka andro (meski belum punya 😛 ) karena mereka open source soal tampilan nomor dualah…andro nggak semuanya mahal, biasalah keramahan linux bisa spec tinggi tapi tetep enak dispec rendah. iphone…hmm…udah mahal tertutup lagi mungkin ibarat wanita cantik yang hanya bisa dipandang tapi tak bisa disentuh tapi kalo ada yg mau ngasih nggak nolak hahahaha….

  7. saya kurang setuju dengan ilustrasi atau perumpamaan di atas, masa nokia n8 harga 5 jutaan masih pakai prosesor 600Mhz, untuk sekarang Android or Iphone pakai prosesor mendekati 1 Ghz. Jelas secara logika untuk kegiatan multi tasking, menjalankan aplikasi lain semacam movie, game, internet jauh lebih halus dan lancar.
    kenapa nokia masih berkutat di prosesor yg rendah karena nokia ingin untung yang lebih besar dengan bahan dasar yang lebih murah menjualnya dengan harga mahal.
    saya rasa anda harus mencoba selain symbian sehingga tau perbedaannya.
    sehingga tidak seperti katak dalam tempurung.

    • Secara logika dari mana mas? Pernah pegang samsung valencia dan nokia 6120c? Kenapa procie valencia yg lbh kencang dan RAM 2X lipat malah lebih lemot dari 6120c ?? Pernah make window xp dan vista? Kenapa kalo spek procie dan RAM sama memainkan game yg sama di xp lancar tapi di vista lambat ??

      Nokia pengen lebih untung?? Wah pernyataan mas sangat menginspirasi saya utk membuat tulisan baru.

      Senang dikunjungi mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s