Nokia n8 diberi Processor dan RAM kecil agar banyak dapat untung?

Teardowns-Manufacturing-and-Pricing.jpg

Jika pada artikel sebelumnya ( baca artikel ) saya memberikan beberapa alasan kenapa processor dan RAM di symbian^3 tidak segarang kompetitor, salah satunya agar harga handsetnya terjangkau. Kali ini mari kita pandang dari sudut pandang berbeda, apakah nokia melakukan itu justru untuk mendapatkan keuntungan sebanyak2nya dari konsumen?

Tulisan ini berawal dari salah satu komentar pengunjung saya ditulisan saya sebelumnya ( baca komentarnya ). Terutama di yang saya bold.

saya kurang setuju dengan ilustrasi atau perumpamaan di atas, masa nokia n8 harga 5 jutaan masih pakai prosesor 600Mhz, untuk sekarang Android or Iphone pakai prosesor mendekati 1 Ghz. Jelas secara logika untuk kegiatan multi tasking, menjalankan aplikasi lain semacam movie, game, internet jauh lebih halus dan lancar.
 kenapa nokia masih berkutat di prosesor yg rendah karena nokia ingin untung yang lebih besar dengan bahan dasar yang lebih murah menjualnya dengan harga mahal. 
saya rasa anda harus mencoba selain symbian sehingga tau perbedaannya.
sehingga tidak seperti katak dalam tempurung.

Saya hanya membahas yang di bold saja (karena yg lain sudah jelas terjawab di artikel sebelumnya ).

Menurut saya, memang benar nokia mencari keuntungan sebanyak2nya, ga masuk akal kalo nokia mau rugi atau dapat keuntungan kecil. Tapi yang menarik adalah, bagaimana keuntungan yang didapat nokia dibandingkan ponsel android (saya pake htc droid) dan iphone? Berikut hasil yang saya dapat:

Harga launching di amerika tanpa kontrak nokia n8 adalah 549 usd, iphone 4 adalah 599 usd (perkiraan termurah, krn menurut perkiraan expansy.com harganya 749 usd), dan harga HTC Droid Incredible adalah 599 usd. Referensi harga saya dapat dari thenokiablog , yahoonews , dan shopamerica.htc.com . Harganya selisih 40 usd, atau sekitar Rp.300rb-an, tapi kalo di indonesia lain lagi harganya, sebagai gambaran iphone 4 sampe 12juta dijual diawal kemunculannya, sementara nokia n8 cuma 4,9jt.

Tapi bagaimana dengan keuntungannya? Beruntunglah isuplly secara independent memperkirakan harga dasarnya (diluar biaya distribusi, iklan, paten dlk, jadi hanya material hardwarenya).
Nokia n8 menurut isupply mempunyai harga dasar 187,47 usd dan iphone 4 mempunyai harga dasar 187,51 usd ( sumber ) yang artinya selisih harga cuma 4 sen usd (sekitar Rp.300). Sementara HTC Droid Incredible menurut isupply justru berharga lebih murah, cuma 163 usd ( sumber ).

Ternyata walaupun harga dasar nokia n8 bisa dikatakan setara iphone 4, tapi nokia n8 dijual lebih murah. Yang menariknya, harga dasar HTC Droid yang lebih murah malah dijual lebih mahal dari nokia n8.

Jadi bagaimana kesimpulannya menurutmu…….? Yang jelas ini cuma sekedar pengamatan kecil, hanya penasaran terhadap kebenaran sebuah komentar pengunjung blog ini.

kredit buat mas indra atas masukannya
Posted via symbian phone

62 comments on “Nokia n8 diberi Processor dan RAM kecil agar banyak dapat untung?

  1. @deden. N8 bs dicolokin mouse + keyboard USB (melalui fitur USBOTG dan kabel adapter tentunya) dan dapat brjalan lancar sebagaimana mestinya. Saya baca di Tabloid Pulsa edisi 196, rubrik khusus ‘Mengenal teknologi USB OTG’.
    Trims

  2. saya mw beli hp baru tp masih bingung antara noki n8 m n900….menurut mas adit yg mana yg lebih mumpuni..tq?

Tinggalkan Balasan

