Kapasitas Batre Hape Bukan Segalanya

kekuatan batre.jpg

Manakah hape yang lebih tahan lama batrenya, yang punya batre berkapasitas 1200 mAh atau yang 1500 mAh? Biasanya orang bilang kapasitas 1500 lah yang lebih tahan lama. Tahukah kamu bahwa tidak selamanya begitu.

Ilustrasi: saya punya keponakan namanya agas, agas suka sekali lari sana sini, sepertinya agas tak pernah kehabisan energi, tapi saya jika ikut lari sana sini mengejar agas, duluan saya kelelahan. Padahal jelas saya punya kapasitas energi lebih besar dari anak umur 5tahun kan?

Analogi serupa dengan hape, sebagai contoh nokia e72 dg kapasitas batre 1500 dan nokia e5 dg kapasitas batre 1200. Ternyata e5 punya waktu stanby jauh lebih lama dari e72, cek buktinya disini .

Ya, daya tahan batre bukan hanya karena kapasitas batre besar, manajemen daya, processor, chip grafis, chip musik, os, user interface dll.

Chip musik terdedikasi memang berpengaruh sekali, seperti kita tahu, nokia e63 memiliki chip musik terdedikasi dan di nokia e5 chip itu dihilangkan. Nah dengan batre 1500 nokia e63 cuma mampu memainkan musik 18 jam, sementara nokia e5 mampu nonstop memutar musik 38 jam (lebih 2x lipat). Cek buktinya disini .

UJI COBA SAYA

Kekuatan Batre.jpg

Kebetulan saya punya nokia e51 dan n82 yang punya tipe batre serupa, yakni BP-6MT.

Bagaimana saya menguji? Saya tidak menguji sekaligus dengan batre masing2, tapi saya uji masing2 2×1 hari dgn batre yang sama (dalam ini saya pake batre n82) dengan akses internet dan kegiatan maen game. Kenapa musti pake batre n82? Karena batre n82 dan e51 tidak sama usianya (batre n82 sy 6 bulan lbh tua), jadi agar lebih fair.

Tes Internet Non Stop

Hari pertama saya uji batre n82, ternyata untuk akses interet n82 hanya mampu tahan 1 jam 45 menit non stop (browsing) baru indikator lowbat muncul. Hari kedua saya uji e51, ternyata setelah 4 jam 15 menit baru lowbat.

Ini membuktikan manajemen daya E51 jauh lebih baik dari n82. Saya menduga layar yang lebih lebar di n82 salah satu penyebabnya disamping RAM n82 yang lbh banyak dan adanya chip grafis dan chip musik.

Tes Game

Hari ke3 saya tes maen game di n82, dan n82 mampu bertahan 2 jam 10 menit sampe lowbat. Hari ke4 saya tes di nokia e51, kali ini anehnya e51 cuma mampu 1 jam 50 menit bermain game.

Nah loh koq bisa kalah kali ini e51, berikut dugaan saya, nokia e51 tidak didesain utk maen game, jadi manajemen dayanya tidak sebaik n82 yang memang didesain utk bermain ngage. Faktor lain adalah keberadaan chip grafis pada n82 shg saat maen game kerja procie dan RAM terbantu, sementara pada e51 kerja procie dan RAM dobel. Jadi chip grafis membantu menghemat energi, tapi hanya pada saat diperlukan saja spt maen game, beda pada saat browsing walau tidak bekerja chip grafis ini justru menambah beban energi.

AKHIR KATA

Jika mencari ponsel dgn kemampuan batre maksimal, tidak cukup hanya melihat kapasitasnya, perhatikan juga kebutuhanmu. Jika ponsel akan digeber buat dengar musik, ya rasanya kurang tepat beli ponsel macam e-series walau lagi gaul dan mempunyai dedikasi chip audio. Manajemen daya pada seri e, seri n, seri x maupun seri c beda-beda. Nokia 5320 yg seri x bisa nyetel musik 24 jam padahal batrenya cm 890 dibanding e63 yg 1500. Ayo sebelum membeli hape, lihat lagi kebutuhanmu.

Tapi jangan kaya saya ya, mentang2 pengen semua aspek terpenuhi, saya membeli seri e, seri n, seri x, dan seri c masing2 1. Hehe….

my-symbian.png

Ambil yang positif aja ya, kadang ada kelakuan saya yang tak pantas ditiru.

Diposting pake nokia e51

Iklan

74 comments on “Kapasitas Batre Hape Bukan Segalanya

  1. Oh iya Bli, masa seh E63 kualitas musiknya lbh bgs drpd E5? Syg ga ada E63 buat pembanding.
    E63 ada stereo widening ga seh?

  2. cuma pengen share pengalaman aja di E63..simcard ngaruh juga kayakny…

    Waktu ane make simcard Axis..
    Nih btre si ege awet banget pake jaringan GSM loh yak…
    Di ajak ngenet trs..hampir tahan 24 jam.. πŸ˜€ :thumbup:

    pas saia coba pake simpati,,baru di pake 1,5 jam aja dah kurang 2 Bar..tanpa henti…alhasil btre cuma tahan kurang lebih 12-14 jam aja.. 😦 (ini juga pake mode GSM)
    di simpati batere jadi cepet panas..padahal baru ngente cuma setengah jam doank…
    Wktu pake Axis..di pake 1,5 jam aja gak terlalu panas baterenya..

    Jadi saia yg sotoy ini menyimpulkan bahwa simcard juga mempengaruhi daya tahan btre
    CMIIW

    • Jelas lah, tapi tes diatas menggunakan kartu yg sama. 24 jam? Menurut mobile-review, maksimal 6 jam ngenet nonstop e63, kalo ga nonstop (artinya data ga aktif terus menerus, browser boleh jadi ga pernah di close).

  3. Pake N78/N79, batere buat browsing wifi isa tahan ampe 8jam. Padal cm 1200mh. Tp kalo buat musik bila diset ke volume 100, ya ampun boros. Palagi make TTPOD, borosnya minta ampun bila environmentnya diaktifkan. Hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s