Kapasitas Batre Hape Bukan Segalanya

kekuatan batre.jpg

Manakah hape yang lebih tahan lama batrenya, yang punya batre berkapasitas 1200 mAh atau yang 1500 mAh? Biasanya orang bilang kapasitas 1500 lah yang lebih tahan lama. Tahukah kamu bahwa tidak selamanya begitu.

Ilustrasi: saya punya keponakan namanya agas, agas suka sekali lari sana sini, sepertinya agas tak pernah kehabisan energi, tapi saya jika ikut lari sana sini mengejar agas, duluan saya kelelahan. Padahal jelas saya punya kapasitas energi lebih besar dari anak umur 5tahun kan?

Analogi serupa dengan hape, sebagai contoh nokia e72 dg kapasitas batre 1500 dan nokia e5 dg kapasitas batre 1200. Ternyata e5 punya waktu stanby jauh lebih lama dari e72, cek buktinya disini .

Ya, daya tahan batre bukan hanya karena kapasitas batre besar, manajemen daya, processor, chip grafis, chip musik, os, user interface dll.

Chip musik terdedikasi memang berpengaruh sekali, seperti kita tahu, nokia e63 memiliki chip musik terdedikasi dan di nokia e5 chip itu dihilangkan. Nah dengan batre 1500 nokia e63 cuma mampu memainkan musik 18 jam, sementara nokia e5 mampu nonstop memutar musik 38 jam (lebih 2x lipat). Cek buktinya disini .

UJI COBA SAYA

Kekuatan Batre.jpg

Kebetulan saya punya nokia e51 dan n82 yang punya tipe batre serupa, yakni BP-6MT.

Bagaimana saya menguji? Saya tidak menguji sekaligus dengan batre masing2, tapi saya uji masing2 2×1 hari dgn batre yang sama (dalam ini saya pake batre n82) dengan akses internet dan kegiatan maen game. Kenapa musti pake batre n82? Karena batre n82 dan e51 tidak sama usianya (batre n82 sy 6 bulan lbh tua), jadi agar lebih fair.

Tes Internet Non Stop

Hari pertama saya uji batre n82, ternyata untuk akses interet n82 hanya mampu tahan 1 jam 45 menit non stop (browsing) baru indikator lowbat muncul. Hari kedua saya uji e51, ternyata setelah 4 jam 15 menit baru lowbat.

Ini membuktikan manajemen daya E51 jauh lebih baik dari n82. Saya menduga layar yang lebih lebar di n82 salah satu penyebabnya disamping RAM n82 yang lbh banyak dan adanya chip grafis dan chip musik.

Tes Game

Hari ke3 saya tes maen game di n82, dan n82 mampu bertahan 2 jam 10 menit sampe lowbat. Hari ke4 saya tes di nokia e51, kali ini anehnya e51 cuma mampu 1 jam 50 menit bermain game.

Nah loh koq bisa kalah kali ini e51, berikut dugaan saya, nokia e51 tidak didesain utk maen game, jadi manajemen dayanya tidak sebaik n82 yang memang didesain utk bermain ngage. Faktor lain adalah keberadaan chip grafis pada n82 shg saat maen game kerja procie dan RAM terbantu, sementara pada e51 kerja procie dan RAM dobel. Jadi chip grafis membantu menghemat energi, tapi hanya pada saat diperlukan saja spt maen game, beda pada saat browsing walau tidak bekerja chip grafis ini justru menambah beban energi.

AKHIR KATA

Jika mencari ponsel dgn kemampuan batre maksimal, tidak cukup hanya melihat kapasitasnya, perhatikan juga kebutuhanmu. Jika ponsel akan digeber buat dengar musik, ya rasanya kurang tepat beli ponsel macam e-series walau lagi gaul dan mempunyai dedikasi chip audio. Manajemen daya pada seri e, seri n, seri x maupun seri c beda-beda. Nokia 5320 yg seri x bisa nyetel musik 24 jam padahal batrenya cm 890 dibanding e63 yg 1500. Ayo sebelum membeli hape, lihat lagi kebutuhanmu.

Tapi jangan kaya saya ya, mentang2 pengen semua aspek terpenuhi, saya membeli seri e, seri n, seri x, dan seri c masing2 1. Hehe….

my-symbian.png

Ambil yang positif aja ya, kadang ada kelakuan saya yang tak pantas ditiru.

Diposting pake nokia e51

74 comments on “Kapasitas Batre Hape Bukan Segalanya

  1. nah, mas ngetesnya kan terkotak-kotak….
    Gimana kalo pemakaian normal…hayo?ndak cuma dipake wat music,browsing and game saza!

    Keep bloggerhood

  2. nice inpo mas πŸ™‚ kalo ngecharge idealnya berapa jam ya mas?apa faktor batre dan chargeran mempengaruhi lama tidaknya charging hape?

  3. stju mas..smua trgntng management dayanya..bwat apa kapasitas btre bsar tp daya sedotnya besat..tp kenapa ya mas btre nokia lbh sering ngedrop/kembung dibndingkan btre SE?saya drdlu sering pake hp se tp lum pnh ngrasain btre kembung,sdgkan nokia,saya sering bgt lihat org btrenya kembung

  4. Share pengalaman :
    saya pernah pake batere nokia BP-6M ori, baru buka bungkus uda ngedrop, disinyalir byk batere BP-6M cacat produksi, alhasil buat ngenet di N73 ME, hny 2jam ud lowbatt Akhirnya saya bli batere KW Super (mirip bgt dgn yg ori hny ga pny no seri di stiker hologramnya), hasilnya menakjubkan, harga jauh lbh murah tp daya tahannya bs 4-5jam buat ngenet teruz. Kalo connect aja, bs ampe 10an jam.
    kesimpulannya drpd bli batere ori, lbh worthed bli yg KW Super, hrg 120-140rb aja, hrg yg ori 2x lipatnya..

  5. duh sumpah saya ga ngerti…
    batre 1500mAh e63 dengan 1050mAh (C5) punya saya,…
    menurut saya c yg batre e63 lebih unggul e 63 ..
    hemmhh ini polemik buat saya…
    gimana menurut mas adit..??

  6. saya dulu pengguna E series.. Nyesal rasanya pindah ke X series.. X series bocor bgt kalau dipake inetan.. Gk ky E series.. *ternyata pemakaian sy lebih banyak inet drpd mendengarkan musik*

  7. kalo batere lipo, kalo dah ngedrop gag cembung or hamil kaya li -ion,
    tapi cenderung kempot, CMIIW :mrgreen:

    keep bloggerhood

  8. mnrt saya batere cpt kembung & drop kalo sering kepanasan, saat charge batere jgn dipake online deh, trz ada aplikasi2 online tertentu yg cpt bgt membuat batere panas, jd pinter2 pilih aplikasi buat online.. jaringan ga stabil jg bkin batere cpt panas, trutama indosat di t4 saya..

    beli hp byk2 bkn kebiasaan buruk Bli, yg penting mampu, hehehe, saya liat bli ini org yg ga tega menjual hp lamanya, jdnya ya hp nya nambah terus, sama kyk saya, mulai dr 3315, n-gage QD, N73, dan smlm baru meminang E5 chalk white. ga ada dalam kamus saya menjual hp lama yg telah setia menemani, dijual pun harganya ga seberapa, lbh baik dijadiin hp cadangan ato pajangan sekalipun..

  9. sedikit tambahan…
    Panjang umur baterai buat online, game de el el, itu tergantung juga jaringan yg nempel, kecerahan layar, dan aplikasi yg jalan di background.
    Contohnya gini, aq gunakan n6110nav internetan dengan gprs, batt tahan bisa sampe 4 jam.
    Dengan edge, bisa tahan sampe 3,5 s/d 4 jam, sedangkan ketika nyantol hsdpa, hanya bisa sekitar 2 jam an gitu lah… (dg catatan, hp yg aq gunakan udah hampir 3 taun, batt ori, kecerahan layar paling gelap).

    Facebook.com/arikin

  10. Betul jg.. Pke themes warna2 gelap jg membantu menghemat batere, hehehe, terbukti BB menggunakan themes2 background warna hitam mulu, 65 K lg, ckck..

  11. mas misalny batre bwaanya tuh 1200mAh trz pke yg 1500mAh jd lbh tahan lm ga?
    Trz batre yg plng bsr brp mAh sih, bwt hp nokia? Ada ga smpe 3000mAh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s