Mobile Blogging : Cara Buat Blog Pake Operamini | Saatnya Blog Lahir dari Hapemu

Ssht1120.jpg

Salah satu kehebatan orang indonesia adalah jago ngomong, dan kelemahannya adalah kemampuan menulis pendapat, penelitian, serta informasi lainnya. So udah saatnya kamu buktikan itu salah melalui blog kamu.

Atas beberapa permintaan kali ini saya akan membuat tutorial membuat blog di wordpress dengan hape menggunakan operamini versi 5.

KENAPA NGEBLOG?

wordpress-logo1.jpg

Dengan ngeblog mudahan aktivitas tulis menulis makin digemari masyarakat indonesia dan tidak cuma sekedar ditulis, tapi dipublikasikan agar orang lain membacanya.

KENAPA OPERAMINI?

opera-mini-logo.jpg

Kenapa saya menggunakan operamini? Karena browser ini adalah yang paling populer, paling hemat biaya, aplikasinya gratis dan mendukung copy paste dengan satu tangan saja.

KENAPA WORDPRESS?

http://adith38.files.wordpress.com/2010/06/060110_1704_mobileblogw1.png?w=630

Kenapa saya menyarankan wordpress ketimbang blogger/blogspot atau yang lain adalah karena saya menilai untuk urusan mobilitas, wordpress masih jauh lebih unggul dari blogger. Aplagi diakses dari hape, wordpress emang tiada duanya (baca lebih jauh disini ).

MARI KITA MULAI

Sudah cukup tetek bengeknya, ini dia langkah2nya.

Buka operaminimu, saya sarankan operaminimu dalam metode mobile view biar lbh hemat biaya, dan lbh kencang.

Ssht1121.jpg

Lalu langsung menuju ke id.wordpress.com spt gambar dibawah.

Ssht1096.jpg

Begitu terbuka halaman wordpress indonesia, klik daftarkan diri spt gambar dibawah.

Ssht1097.jpg

Di formulir pendaftaran isi username, pasword dll seperti dibawah.

Ssht1098.jpg

Pastikan legal flotsam dicentang seperti gambar dibawah lalu klik kotak yang saya tunjuk di gambar dibawah.

Ssht1099.jpg

Maka muncul halaman dibawah

Ssht1100.jpg

Silahkan diubah seperlunya, nga jg gpp, lalu klik kotak dibawahnya spt gambar dibawah

Ssht1101.jpg

Kemudian halaman berikut muncul, kosongkan saja, bisa diisi belakangan.

Ssht1102.jpg

Cek emailmu untuk memverifikasi formulirnya, gunakan email pop3 (baca detailnya disini ) disarankan.

Ssht1103.jpg

Cari link verifikasi dari wordpress

Ssht1104.jpg

Copy linknya

Ssht1105.jpg

Paste linknya di operamini lalu jalankan

Ssht1106.jpg

Selamat! Blogmu telah jadi.

Ssht1107.jpg

Sekarang kamu sudah bisa memulai menulis blog, tapi ada 2 hal yang sy sarankan kamu setting. Klik login spt gambar dibawah.

Ssht1109.jpg

Masukkan username dan password lalu klik login.

Ssht1110.jpg

Maka kamu masuk ke halaman admin blogmu, biasa dikenal dengan dasbor, klik pengaturan.

Ssht1112.jpg

Kemudian pilih diskusi

Ssht1113.jpg

Agar kamu ga repot mengurus komentar yg masuk, dan memudahkan pembaca menuliskan komentar, hilangkan centang di ‘penulis komentar mesti dapat persetujuan sebelumnya’ spt gambar dibawah.

Ssht1114.jpg

Hilangkan centang itu sehingga jd spt gambar dibawah

Ssht1115.jpg

Lalu dibawah klik simpan perubahan.

Ssht1116.jpg

Pengaturan ke2 yang saya sarankan adalah memilih tema buat blogmu sesuai seleramu, klik tampilan

Ssht1117.jpg

Pilih tema yang kamu suka lalu klik aktifkan.

Ssht1118.jpg

Nah blogmu jadi lebih cantik kan

Ssht1119.jpg

Kamu bisa mulai menulis dengan klik tulisan baru di dasbormu atau menggunakan aplikasi wordmobi (tutorial menggunakan wordmobi baca disini ).

Oke, cukup sekian dulu ya tutorial ngeblog via hape ini biar ga kepanjangan. Tunggu saja tutorial ngeblog via hape berikutnya di blog saya atau via pingback di komentar dibawah (jika udah ada) atau kamu bs follow twitter saya @adit38 utk updatean blog saya,

AKHIR KATA

Ngeblog via hape itu mudah banget kan? Malah ga perlu 2 tangan, cukup 1 tangan, tulisan ini bahkan saya buat sambil menggendong anak saya yang belum genap 2 bulan (malah tulisan2 laen juga sambil gendong anak saya he….).

Ngeblog via Hape.jpg

Posted by nokia e51

69 comments on “Mobile Blogging : Cara Buat Blog Pake Operamini | Saatnya Blog Lahir dari Hapemu

  1. firmware apa sih sob ,,dulu pernah update software yg bkin tampilan menu musik beda ,,ane pnya aplikasi quickhackit tp gk bisa di install karena gk brsertifikat ,,web resminya dmana ea sob wt download ,,

  2. kelamaan mz adit kalo januari.. Dah g sabar mau ngeblog nih,, saya punya trik baru ttng opmin… Pengen ngeshare lwt blog yg saya punya bwt pembukaan. Pasti laris manis deh triknya.hehe

  3. Q pakai e72 tp perasaan q kok mudah pakai se bisa buat salin dan tempel jd kalau ngeblog tanpa ada halaman jd lbh simple,,tinggal edit salin semua trus tempel,,,apakah op 5.1 buat nokia bisa mas adit?

  4. wordpress/blogspot. sama aja mas, bedanya wordpress bisa tampilan layar mobile, tapi aku lebih suka tampilan PC walau ngeblog pake hp doang, vìsit back ya mas, saya juga mobile blogger.

  5. Salam kenal mas adit..aku juga sedang buat blog baru lewat hp tapi menggunakan blogspot…maklum ga pnya tengtop…tapi menurutku apapun medianya klo ada niat tetep jadi kok meski ribet juga.

  6. Top,2 jempol buat mas Adit38. Saya cuma pang lewat mas,jalan2. Saya dari Medan-Sumut. Saya suka dgn aktivitas mas Adit38. Saya blm punya situs web palagi blog.
    Andai ada mgkn saya gk ada wkt tuk mengurusnya. Ada niat saya tuk bisa share ke teman2 yg mgkn membutuhkan. Profesi/aktivitas saya saat ini adalah ponsel. Tepatnya saya seorang teknisi ponsel. Saya tertarik sekali dgn kepribadian mas Adit38. Pasti mas org yg lumayan sibuk. Andai saya tahu caranya bisa kontak ke mas adit(ex:via e-mail or ponsel). Saat ini saya aktif n member di hitech-forum.com. Andai berkenan ini alamat e-mail saya:
    nandacell8000@yahoo.com
    nandacell8000@gmail.com
    Atau teman2 yg lain yg mgkn mengalami trouble pd ponselnya. Yg mgkn ingin memperbaikinya sendiri. Siapa tahu ada dikit pengetahuan di bidang teknik perbaikan ponsel. InsyaAllah saya akan bantu sekalipun jarak jauh. Lumayan tuk menghemat biaya,ya gk mas adit? Tentunya sebatas kemampuan yg saya miliki dan keterbatasan wkt.
    Maaf mas,saya jg sama sprti mas adit,hanya ingin berbagi dgn sesama,dan saya sendiripun masih belajar… dan terus belajar…
    So,apapun yg kita perbuat yg penting azas manfaatnya bagi sesama…
    Thanks for this room…

    • Iya mas, makasi kesediaan sharingnya. Saya juga dulu sebulan cm bs nulis 1x, skrg bs 1 hr 1 tulisan utk tulisan non tutorial, krn sy bs buat dgn menyisihkan waktu 15-30 menit.

Tinggalkan Balasan

