Sony Ericsson Xperia X8 | Kencan Pertama bersama Android

xperia-x8-10.png

Pernah kencan dengan cewe sexy dengan wajah rupawan sekaligus berotak smart? Nah seperti itulah kencan pertama saya dengan shakira (xperia x8)

keSEXYan SHAKIRA

Kesan pertama dalam kencan ini jelas tertuju pada fisiknya, shakira tidak diragukan sangat sexy. Layar kapasitif 3 inci yang dibalut kulit putih sungguh menawan. Cek sendiri deh foto2 yang diambil via nokia n82 saya, dijamin kepengen

xperia-x8-5.png
xperia-x8-6.png
xperia-x8-7.png

Setelah bertahun2 cuma bisa menikmati bodi ponsel2 symbian saya (n82,e50,e51 dan 5320), akhirnya saya bisa menikmati kemolekan shakira yang sebelumnya cuma bisa saya lihat. Kesimpulan: Shakira bikin saya bergairah kembali

keCANTIKAN SHAKIRA

Setelah tergiur oleh kemolekan bodi shakira, kesan berikutnya tertuju pada tatap mukanya (user interface).

Tak diragukan lagi, muka shakira sangat cantik, saya sampe lupa dengan tatap muka membosankan dari symbian^1 yang saya miliki (symbian sy loh, tema aja msh standar sejak beli). Sangat intuitif, elegan dan tidak membosankan. Pokoknya cantik ! Cek sendiri:

xperia-x8-3.png
xperia-x8-18.png
xperia-x8-9.png
xperia-x8-13.png
xperia-x8-14.png
xperia-x8-2.png

Tidak diragukan lagi, tatap muka shakira jauh lebih cantik dari 4 hape symbian yang saya miliki, kecantikan shakira membuat symbian saya terlihatpunya muka jadul (symbian sy loh, tema aja msh standar sejak beli bertahun2 lalu). Pendapat ini diamini oleh sahabat saya, yecruzsulla:

symbian emang jadul kok

keCERDASan SHAKIRA

Kemudian bagaimana dengan kepintarannya (smart)? Tidak perlu diragukan lagi sangat smart, sebagai fans symbian saya akui sekali hal tsb.

sedikit pengertian hape pintar/smart menurut saya:
Jika dianalogikan dengan manusia, pintar itu artinya bisa mempelajari hal baru, jadi kalo hape pintar kira2 artinya hape yang punya kemampuan mempelajari hal baru.
Sangat jelas hal baru pada hape adalah aplikasi, karena aplikasi android jauh lebih banyak dari symbian, maka itu artinya android lebih smart dari symbian.
Tapi nampaknya kepintaran hape lebih tergantung pada yg punya , bayangkan pake hape BB tapi ga tau cara berinternet kaya kisah kemaren

Untuk mengetahui bahwa hape ini smart, silahkan kunjungi komunitas shakira (xperia x8)

komunitas xperia x8 di forum ponsel
komunitas xperia x8 di kaskus

MULTIMEDIA SHAKIRA

Jika Shakira yang asli mampu menghibur kita dengan musik dan goyangannya, bagaimana dgn shakira blasteran swedia dan jepang ini?

Nah kemampuan musiknya dan kameranya coba saya adu dengan nokia 5320 saya.

Hasil kameranya memang lebih baik dari 5320 saya (ya iyalah, 3mpx masa mau dilawan 2mpx), tapi tidak signifikan perbedaannya, 5320 juga punya kelebihan di flash dual led, dimana shakira ga punya, tp sy tdk bgt menganggap penting adanya flash (biasa pake xenon, he…).

Ini tampilan view findernya

xperia-x8-16.png

Ini galerynya

xperia-x8-15.png

Saya kecewa dg kamera shakira yg fixed focus, kamera sony ericsson w800 keluaran 6th lalu walau cm 2 mpx masih lebih baik IMO, alasannya baca disini  aja ya.

Yang pantas sy catat dari kameranya cuma kemampuan merekam video kualitas VGA @30 fps.

Bagaimana dengan musiknya?
Saya sih rasa sama saja, tapi kalo dari speaker nampaknya 5320 lbh kenceng sedikit. Dan hal itu ternyata benar menurut hasil uji disini  dan disana . Speaker 5320 dinilai very good dan speaker shakira dinilai average

xperia-x8-11.png

Kesimpulan: multimedia shakira bagus, kemampuan rekam videonya patut ditonjolkan, tapi tidak ada yang istimewa.

MASALAH MULAI TIMBUL

Masalah Pertama

xperia-x8-12.png

Nampaknya mengetik sms terus dalam mode QWERTY tombolnya, karena layarnya termasuk kecil, hal tsb sunggu menyiksa, sering salah pencet, teknologi layar kapasitif ala iphone membuat ujung kuku maupun stylus tidak bisa digunakan. Sangat kecewa karena mengetik sms adalah fungsi dasar. BIG LET DOWN !! Solusi yg saya dapat adalah instal aplikasi handcent.

Masalah Kedua

Saya tidak menemukan ‘send bussines card’. Mau kirim kontak dari ponbuk sakhira ke ponsel lain terpaksa manual (copas). Saya blum nemu solusi, mungkin perlu upgrade ke eclair?

Masalah ketiga

Instal aplikasi hanya bisa di phone memory, tdk bisa di memory card ! Apa guna aplikasi bejibun kalo gitu? Symbian saja sudah sejak 8 tahun lalu bisa hal beginian! HUGE LET DOWN ! Solusinya belum nemu karena shakira tdk bs di upgrade ke froyo, mungkin kalo di ROOT  baru bisa?

Masalah keempat

Tidak bisa mark kontak, misalnya kita ingin menghapus sebagian kontak di symbian bisa mark lalu sekali delete, nah disini saya belum berhasil menemukan hal serupa. Solusi sementara hapus satu2!

Masalah kelima

Setiap cek pulsa ringtone selalu bunyi, ini dikarenakan ringtone notifikasi jadi satu dg ringtone sms. Cukup mengganggu! Solusi sementara, sabar….

Masalah keenam

Nah ini yang paling mengecewakan , mau kirim foto/mp3 tidak bisa langsung, dan harus via file manager, tidak cuma itu, bluetoothnya harus di pairing dulu. Ribet !! Perhatikan gambar dibawah, tidak ada kan cara kirim foto via bluetooth, padahal di symbian sudah sejak 9th lalu dah bisa.

xperia-x8-1.png

Dan pairing via bluetooth sungguh menyebalkan, gagal2 terus karena utk memasukkan kode saya kesulitan input angka karena layar kapasitifnya.

xperia-x8-q1.png
xperia-x8-q3.png

Ditambah menghidupkan bluetoothnya lemot, lama sekali hidup maupun matinya. Solusi masalah ini harus diupgrade ke eclair!

Masalah ketujuh

Kehebatan internet android ternyata sia2, berangkat dari rumah batre full, eh baru beberapa jam di kantor batre dah mau habis dikarenakan saya biasa tidak pernah matikan browser kalo di symbian, tidak cocok buat ngenet. Makin menguatkan teori saya  kemaren tentang android dan symbian.

KESIMPULAN

Nampaknya shakira harus upgrade ke eclair biar lebih nyaman, tapi itu berarti orang lombok mesti ke bali karena ketiadaan service center, atau bisa upgrade sendiri, masalahnya gimana kalo yg beli ga ngerti masalah upgrade?

Tapi Shakira secara umum adalah hape yang lumayan baik dgn sedikit kekecewaan pada kamera dan kekecewaan berat terhadap batre untuk internetan, ditambah android yg disematkan masih kurang sempurna, banyak fungsi2 dasar yang bikin saya sebal.

Mungkin kata sahabat saya halim kemaren benar bahwa

symbian teknologi yang mengerti anda
android anda yang mengerti teknologi
*sensor* anda yang tak mengerti teknologi

Beberapa fitur jadul yang standar di symbian ato ponsel java ternyata tidak bisa dilakukan android membuat saya berpikir…, ternyata android tdk sekeren beritanya (pendapat sy subjektif), hanya candy eye saja

AKHIR KATA

Well, demikian kencan saya bbrp hari dgn shakira…
Yup, shakira bukan milik saya, hanya kebetulan teman dari pulau sumbawa berkunjung bbrp hari dan mengijinkan saya membawa shakiranya selama di lombok.

Sayang hasil2 foto dan screenshot di shakira gagal saya ikutkan di postingan ini karena sy hampir lupa mengambilnya sampe menjelang teman mau pulang, tp berhubung jeleknya input qwerty dan cara pengiriman bluetoothnya yg buruk, saya menyesal tidak bisa mengikut sertakannya.

Semoga kencan saya dengan shakira mampu memberikan informasi, jik tulisan terkesan subjektif mungkin karena saya berasal dari symbian user dan sy kurang lama bersama shakira.

Untuk mengetahui kehebatan shakira, kunjungi saja komunitasnya disini:

komunitas xperia x8 di forum ponsel
komunitas xperia x8 di kaskus

ps: setelah kencan ini kayanya batal deh beli android, kecantikan dan kesexyannya tidak penting bg saya (cuma kagum sesaat saja), symbian lbh value menurut saya

Titip lapak jualan ya: Forum Jual Beli .

Tulisan dibuat via nokia e51

140 comments on “Sony Ericsson Xperia X8 | Kencan Pertama bersama Android

  1. punya saya lemot banget,,keluaran 2 th lalu kayany,,skrg , ditelpon suka susah juga, memang smbian lbh mngrti kayanya,,harus diapakan ya biar gk super lemot,,

  2. waduh, ulasannya nubie abis..benar2 murni yg pertama kali pegang android (donut)

    sebenarnya semua masalahnya bisa diselesaikan kok..
    memang benar “android utk anda yang mengerti teknologi”

    coba beli Xperia Mini / Mini Pro (Gingerbread) pasti lain ceritanya..

  3. saya malah migrasi dari symbian ke android.. dari nokia 5233 ke vivaz (nokia suck!), saat ini pake x8 yang dioprek abis, dan barusan nambah xperia mini pro.. adek saya juga barusan beli x8..

    btw, thanks buat bro ajie yang upload banyak game keren..

Tinggalkan Balasan

