Sony Ericsson Xperia X8 | Kencan Pertama bersama Android

xperia-x8-10.png

Pernah kencan dengan cewe sexy dengan wajah rupawan sekaligus berotak smart? Nah seperti itulah kencan pertama saya dengan shakira (xperia x8)

keSEXYan SHAKIRA

Kesan pertama dalam kencan ini jelas tertuju pada fisiknya, shakira tidak diragukan sangat sexy. Layar kapasitif 3 inci yang dibalut kulit putih sungguh menawan. Cek sendiri deh foto2 yang diambil via nokia n82 saya, dijamin kepengen

xperia-x8-5.png
xperia-x8-6.png
xperia-x8-7.png

Setelah bertahun2 cuma bisa menikmati bodi ponsel2 symbian saya (n82,e50,e51 dan 5320), akhirnya saya bisa menikmati kemolekan shakira yang sebelumnya cuma bisa saya lihat. Kesimpulan: Shakira bikin saya bergairah kembali

keCANTIKAN SHAKIRA

Setelah tergiur oleh kemolekan bodi shakira, kesan berikutnya tertuju pada tatap mukanya (user interface).

Tak diragukan lagi, muka shakira sangat cantik, saya sampe lupa dengan tatap muka membosankan dari symbian^1 yang saya miliki (symbian sy loh, tema aja msh standar sejak beli). Sangat intuitif, elegan dan tidak membosankan. Pokoknya cantik ! Cek sendiri:

xperia-x8-3.png
xperia-x8-18.png
xperia-x8-9.png
xperia-x8-13.png
xperia-x8-14.png
xperia-x8-2.png

Tidak diragukan lagi, tatap muka shakira jauh lebih cantik dari 4 hape symbian yang saya miliki, kecantikan shakira membuat symbian saya terlihatpunya muka jadul (symbian sy loh, tema aja msh standar sejak beli bertahun2 lalu). Pendapat ini diamini oleh sahabat saya, yecruzsulla:

symbian emang jadul kok

keCERDASan SHAKIRA

Kemudian bagaimana dengan kepintarannya (smart)? Tidak perlu diragukan lagi sangat smart, sebagai fans symbian saya akui sekali hal tsb.

sedikit pengertian hape pintar/smart menurut saya:
Jika dianalogikan dengan manusia, pintar itu artinya bisa mempelajari hal baru, jadi kalo hape pintar kira2 artinya hape yang punya kemampuan mempelajari hal baru.
Sangat jelas hal baru pada hape adalah aplikasi, karena aplikasi android jauh lebih banyak dari symbian, maka itu artinya android lebih smart dari symbian.
Tapi nampaknya kepintaran hape lebih tergantung pada yg punya , bayangkan pake hape BB tapi ga tau cara berinternet kaya kisah kemaren

Untuk mengetahui bahwa hape ini smart, silahkan kunjungi komunitas shakira (xperia x8)

komunitas xperia x8 di forum ponsel
komunitas xperia x8 di kaskus

MULTIMEDIA SHAKIRA

Jika Shakira yang asli mampu menghibur kita dengan musik dan goyangannya, bagaimana dgn shakira blasteran swedia dan jepang ini?

Nah kemampuan musiknya dan kameranya coba saya adu dengan nokia 5320 saya.

Hasil kameranya memang lebih baik dari 5320 saya (ya iyalah, 3mpx masa mau dilawan 2mpx), tapi tidak signifikan perbedaannya, 5320 juga punya kelebihan di flash dual led, dimana shakira ga punya, tp sy tdk bgt menganggap penting adanya flash (biasa pake xenon, he…).

Ini tampilan view findernya

xperia-x8-16.png

Ini galerynya

xperia-x8-15.png

Saya kecewa dg kamera shakira yg fixed focus, kamera sony ericsson w800 keluaran 6th lalu walau cm 2 mpx masih lebih baik IMO, alasannya baca disini  aja ya.

Yang pantas sy catat dari kameranya cuma kemampuan merekam video kualitas VGA @30 fps.

Bagaimana dengan musiknya?
Saya sih rasa sama saja, tapi kalo dari speaker nampaknya 5320 lbh kenceng sedikit. Dan hal itu ternyata benar menurut hasil uji disini  dan disana . Speaker 5320 dinilai very good dan speaker shakira dinilai average

xperia-x8-11.png

Kesimpulan: multimedia shakira bagus, kemampuan rekam videonya patut ditonjolkan, tapi tidak ada yang istimewa.

MASALAH MULAI TIMBUL

Masalah Pertama

xperia-x8-12.png

Nampaknya mengetik sms terus dalam mode QWERTY tombolnya, karena layarnya termasuk kecil, hal tsb sunggu menyiksa, sering salah pencet, teknologi layar kapasitif ala iphone membuat ujung kuku maupun stylus tidak bisa digunakan. Sangat kecewa karena mengetik sms adalah fungsi dasar. BIG LET DOWN !! Solusi yg saya dapat adalah instal aplikasi handcent.

Masalah Kedua

Saya tidak menemukan ‘send bussines card’. Mau kirim kontak dari ponbuk sakhira ke ponsel lain terpaksa manual (copas). Saya blum nemu solusi, mungkin perlu upgrade ke eclair?

Masalah ketiga

Instal aplikasi hanya bisa di phone memory, tdk bisa di memory card ! Apa guna aplikasi bejibun kalo gitu? Symbian saja sudah sejak 8 tahun lalu bisa hal beginian! HUGE LET DOWN ! Solusinya belum nemu karena shakira tdk bs di upgrade ke froyo, mungkin kalo di ROOT  baru bisa?

Masalah keempat

Tidak bisa mark kontak, misalnya kita ingin menghapus sebagian kontak di symbian bisa mark lalu sekali delete, nah disini saya belum berhasil menemukan hal serupa. Solusi sementara hapus satu2!

Masalah kelima

Setiap cek pulsa ringtone selalu bunyi, ini dikarenakan ringtone notifikasi jadi satu dg ringtone sms. Cukup mengganggu! Solusi sementara, sabar….

Masalah keenam

Nah ini yang paling mengecewakan , mau kirim foto/mp3 tidak bisa langsung, dan harus via file manager, tidak cuma itu, bluetoothnya harus di pairing dulu. Ribet !! Perhatikan gambar dibawah, tidak ada kan cara kirim foto via bluetooth, padahal di symbian sudah sejak 9th lalu dah bisa.

xperia-x8-1.png

Dan pairing via bluetooth sungguh menyebalkan, gagal2 terus karena utk memasukkan kode saya kesulitan input angka karena layar kapasitifnya.

xperia-x8-q1.png
xperia-x8-q3.png

Ditambah menghidupkan bluetoothnya lemot, lama sekali hidup maupun matinya. Solusi masalah ini harus diupgrade ke eclair!

Masalah ketujuh

Kehebatan internet android ternyata sia2, berangkat dari rumah batre full, eh baru beberapa jam di kantor batre dah mau habis dikarenakan saya biasa tidak pernah matikan browser kalo di symbian, tidak cocok buat ngenet. Makin menguatkan teori saya  kemaren tentang android dan symbian.

KESIMPULAN

Nampaknya shakira harus upgrade ke eclair biar lebih nyaman, tapi itu berarti orang lombok mesti ke bali karena ketiadaan service center, atau bisa upgrade sendiri, masalahnya gimana kalo yg beli ga ngerti masalah upgrade?

Tapi Shakira secara umum adalah hape yang lumayan baik dgn sedikit kekecewaan pada kamera dan kekecewaan berat terhadap batre untuk internetan, ditambah android yg disematkan masih kurang sempurna, banyak fungsi2 dasar yang bikin saya sebal.

Mungkin kata sahabat saya halim kemaren benar bahwa

symbian teknologi yang mengerti anda
android anda yang mengerti teknologi
*sensor* anda yang tak mengerti teknologi

Beberapa fitur jadul yang standar di symbian ato ponsel java ternyata tidak bisa dilakukan android membuat saya berpikir…, ternyata android tdk sekeren beritanya (pendapat sy subjektif), hanya candy eye saja

AKHIR KATA

Well, demikian kencan saya bbrp hari dgn shakira…
Yup, shakira bukan milik saya, hanya kebetulan teman dari pulau sumbawa berkunjung bbrp hari dan mengijinkan saya membawa shakiranya selama di lombok.

Sayang hasil2 foto dan screenshot di shakira gagal saya ikutkan di postingan ini karena sy hampir lupa mengambilnya sampe menjelang teman mau pulang, tp berhubung jeleknya input qwerty dan cara pengiriman bluetoothnya yg buruk, saya menyesal tidak bisa mengikut sertakannya.

Semoga kencan saya dengan shakira mampu memberikan informasi, jik tulisan terkesan subjektif mungkin karena saya berasal dari symbian user dan sy kurang lama bersama shakira.

Untuk mengetahui kehebatan shakira, kunjungi saja komunitasnya disini:

komunitas xperia x8 di forum ponsel
komunitas xperia x8 di kaskus

ps: setelah kencan ini kayanya batal deh beli android, kecantikan dan kesexyannya tidak penting bg saya (cuma kagum sesaat saja), symbian lbh value menurut saya

Titip lapak jualan ya: Forum Jual Beli .

Tulisan dibuat via nokia e51

140 comments on “Sony Ericsson Xperia X8 | Kencan Pertama bersama Android

  1. review yg menarik mas adhit

    tapi dari beberapa masalah yg disebutin udah solve d versi eclair
    setuju banget klo symbian teknologi yg mengerti anda
    memang lebih user friendly n real smartphone, klo yg lain cuma smartphone yg dipoles lebih cantik aja

    kebetulan saya pemakai x8 dan E52

  2. hallo om gimana kabarnya maksud tulisan saya yg dulu…..sebenarnya cm mau request aja sm om kalau bisa kpn2 review bada os sob coz penasaran ma os tersebut…dan sepertinya liat2 fiturnya agak jatuh cinta he33

  3. kalo dengar android aku malah jadi ingat dragonball , ada robot android 18 , android 19 (kalo ga salah) dll ,, salah satunya android cewe menjadi istrinya krilin n punya anak satu cewe , wkeekekekek

  4. Mas Adit
    Apa kabar ….
    Saya pemakai Symbian dan Adroid saya setuju dengan kata kata ini

    symbian teknologi yang mengerti anda
    android anda yang mengerti teknologi
    *sensor* anda yang tak mengerti teknologi

    Saya pakai C 6-00 untuk Symbian dan Journey untuk Androidnya, dua duanya HP mid end

    memang untuk fungsi dasar seperti mencari nomor HP, menghapus Contact, symbian lebih unggul, sampai sekarang saya belum nemu cara untuk mencari no HP dgn cepat lewat contact cuma lewat scroll layar, bahkan sudah pernah nyoba pake Ginger Bread.
    Tapi dengan banyaknya developer untuk Android saya yakin perbaikan akan terus dilakukan krn umur Android juga belum setua Symbian kan… 😀
    Saat ini C6-00 masih jadi HP utama Journey masih jadi kelinci percobaan flashing nyoba ROM baru terus 😀

  5. Wah bner2 ni klian pda ngomong gtu…pdhal bsok aku mw beli pas dnger and bca agak lemot jd tkut ahhh ma e5. Pdahal dri bodi emang mnarik trnyata gtu yahh problem nya.bodi mrayu wjah mnipu. Hump shakira aku cinta kmu tp kyaY i m sory.thank mas adit

  6. mass gmn nih ..
    sya bingung…
    udh sukses download v ngga nginstal…
    biasa nya kn nginstal sndiri…
    apa ada y slh…
    mksh mass

  7. mas,kalo ada dua pilihan antara samsung galaxy mini atau SE x8 mending mana ya?? mohon saran kekurangan dan kelebihan masing2.. makasih..

  8. .masa hrs satu2 hps pesan.ny ?
    .masa gak bsa kya SE ELM sy skrang ini ..langsung ada di :
    -opsi
    -hapus smua pesan ..
    .masa d.SE X8 gk.ada. ? ? ? 😥

    • Di banding x8 ?? Layar jauh lbh jernih, kamera jauh lbh bagus, musik lbh bagus, batre lbh awet, bs video call, material dan desain. Harganya kan cm 1,7jt, krg lbh sama dg x8 yg 1,6jt.

  9. .kak,
    .mw tanya lg nih,
    .tdi lupa hehe ..
    .kak diatas kan ditulis hpus pesan hrus satu2,
    .nah, itu mksud.ny emang OS android v 1.6 gk bsa bwad hpus smua pesan secara langsung apa itu khusus bwd X8 yg gk bsa bwd hpus smua sekaligus. ? ?
    .makasi kak ..

  10. klo dibandingin x8 ma e72 yg harganya selangit. masih mending x8 yg cuma gk bisa videocall. dari hardware nya

  11. klo dibandingin x8 ma e72 yg harganya selangit. masih mending x8 yg cuma gk bisa videocall. dari hardware nya x8 sudah punya GPU buat jalanin game HD. trus klo udah froyo cpu bisa di overclock smpai 825mhz.

  12. kl menurut ane gan, sbnrx maslh shakira ga segitu banyakx,, ibarat laptop paling canggih sekalipun tapi kl yg make cman skedr ngetik aj n pke windows xp jadul y ga canggih.. cman aplikasi dr windows aj,, bc pdf kn hrus ad adobe raider dll…
    kl dr segi user interface: bisa pake launcher kok gan,, bnyk di market….
    kl maslh shakira yg diuraikan sm agan, ga smua menurut ane…
    pertama:
    itu kn standr dr android donut. kita bisa pke HTC_IME mod, android keyboard, swype dll… yg bisa dukung keyboard 12 tombl n qwerty.
    kedua:
    ini juga sama, kita pke aplikasi jg
    ketiga: ga juga gan,, kl mau kita bs pke app2sd atw link2sd, tp harus root yg bwt garansi ilang, ane bru 5 hari beli x8 dah root 🙂
    keempat: mungkin agan masih baru pke android mkx ga bisa.. hehee
    kelima: kalo ane ga tuh gan.. hehee. secara dah pake eclair ga donut lagi
    keenam: emang bener kl donut ga bisa memberi cuman bisa menerima doang, tapi itu kan masih android baru jdx blum update ke eclair, froyo n roti jahe, beda sama symbian yg dah lama..
    kalo kekuranganx cman kamera aj, ga ad flashx,,,, kelebihan ga ada virus yg merusak, cz gratisan n source kodex kn dari para hacker smua….
    kl symbian ane ga pernh tau gan, cz ribet gitu, aplikasi smua ga ad yg bgus n kadaluarsa smua,, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s