Ini Baru Mantap !! Install Aplikasi Android di Symbianmu !

AlienDalvik-1b-s.ashx_.png

Mungkinkah menginstal aplikasi android di symbian? Too Good To Be True…, tapi Myriad Group, perusahaan kelas atas di Teknologi Hape mengatakan kalau mereka akan membuat itu menjadi kenyataan.

Minggu depan mereka akan mendemontrasikan hal tsb di nokia n900, dan bulan maret mereka menjamin semua hape dg platform MeeGo akan bisa menjalankan aplikasi android. Dan symbian menyusul kemudian (entah kapan ga jelas).

myriad.jpg

Wow…., kalau berita itu benar, maka untuk merasakan aplikasi android cukup di MeeGo saja, dan symbian mudahan dalam waktu tak lama setelah MeeGo, tapi di symbian^3 loh, bukan s60v3 atau s60v5.

Tapi aplikasi s60v3 aja saya ga habis nyoba semua, 10% juga blum ada mungkin….

Bagaimana bisa aplikasi android jalan di symbian atau meego? Gini gampangnya. Kamu ingat aplikasi JAVA. Nah java itu bs jalan di symbian karena ini semacam enviroment/virtual mechine yang bisa jalan di nokia dan hape2 lainnya, kemungkinan ini mirip seperti itu.

UPDATE!

Phonearena menyatakan bahwa Myriad menggunakan QT development framework yang diberikan gratis oleh nokia kepada developer untuk membuat aplikasinya sendiri. Ini makin menguatkan bahwa Symbian dan Meego lebih Open Source dari Android

UPDATE 2

Yang mau lihat video aplikasi android berjalan dg baik di nokia n900, bs liat di youtube ini:

http://m.youtube.com/watch?desktop_uri=http%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DOC9Cie2xauk&v;=OC9Cie2xauk≷=US

sumber

Silahkan mampir ke lapak jualan saya, siapa tahu ada barang yang kamu cari: Forum Jual Beli .

Tidak Ingin ketinggalan artikel terupdate blog ini? Silahkan follow @adit38 .

Tulisan dibuat via nokia e51

142 comments on “Ini Baru Mantap !! Install Aplikasi Android di Symbianmu !

    • Pertanyaannya n9-00 tidak pernah diumumkan nokia, n9-00 nampaknya cuma sebagai ujicoba dari tahun lalu mas, dilihat layak apa tidaknya. N9-01 yang nampaknya akan dirilis nokia.

  1. meego jelek
    symbian bagus
    android mantap
    meego emang gak layak dibandingin sama android dan symbian… symbian ‘n android is d bezt

  2. sebelumnya maaf…..
    mas adit…..

    symbian^3 mau jalanin android????
    ya jalan sih jalan…..tapi kayanya “speed”nya bakal mengecewakan deh……
    ini bukan masalah symbian itu ringan,butuh processor sama ram kecil…bukan masalah itu….
    tapi “biasanya” mensimulasikan suatu sistem di sistem lain itu butuh “tenaga yang lebih besar”
    contoh gak usah jauh2……
    main PS1 di komputer aja minimal butuh pentium3(800Mhz,sebagai perbanding processor ps1 cuma 32Mhz) kalo mau lancar…..belum lagi makan ram 100MB(padahal ram ps1 cuma 2MB)…..
    dengan kata lain,tdk mungkin mensimulasikan suatu OS(jangankan OS,frameworknya saja blom tentu bisa) dengan sumberdaya yang sama,bahkan lebih rendah dari OS target….
    lain halnya sama n900…..android di n900 itu jalan secara native….(seperti di PC….OS di n900 diganti sama android,dan bukan jalanin android di atas maemo seperti yang myriad sedang usahain).apalagi mau jalan di qt….dgn kata lain proses jalannya yaitu Android==>Qt==>symbian, yang berarti 3 kali kerja……lain dengan analogi saya tentang PS1 tadi(PS1==>windows)….bisa dibayangkan betapa beratnya proses kerja “emulator” myriad tersebut
    ====================================
    kalo ngeliat benchmark yang bro adit kasih di atas….
    gak heran kalo n8 bisa ada di posisi tengah2…..
    liat lagi bagian tulisan “Native Resolution”…..
    artinya itu semua HP lagi jalanin animasi sesuai resolusi layarnya……
    terus???apa hubungannya????
    ya jelas ada…..n8 cuma jalanin animasi di resolusi 360×640. sementara iPhone4(yang ada di posisi bawahnya) ngejalanin animasi setara komputer desktop(640×960)….terus kenapa??
    ya coba bro adit main game komputer…..coba resolusi terendah…..terus coba resolusi tertinggi….pasti yang terendah kerasa lbh ringan(FPS nya lebih tinggi)
    saya rasa semua ini cukup untuk membuktikan bahwa mmng n8 tidak sebagus hp2 jaman sekarang…..bahkan di banding n900…yang notabene ber processor dengan clock lebih rendah(600Mhz=dari kacamata awam)……

    saya suka symbian……hp saya symbian kok…….tapi saya kurang suka pendapat yang berlebihan….(jangan tersinggung lo mas….jarang2 ada yang kritik kaya saya)……

    mas adit terlalu meng-overhype kan n8…dan juga symbian……..saya bukan ngejelekin symbian…..tapi saya mencoba berpikir terbuka aja……

    saya cuma kasih pendapat kok mas…..maaf kalo ada salah kata2……
    kalo mas adit ada pemikiran lain….silahkan…..saya malah seneng… πŸ™‚

    • Hehe…, gpp mas, sy suka komen mas. Karena hal diatas msh belum komersil gmn sy mau menanggapi gmn lemot atau nganya? Tapi gn, ini kan digembar gemborkan hanya aplikasi, seberapa berat sih aplikasi itu? Beda dg game loh. Disamping itu…, coba tengok xperia x8, spica, journey dkk, apa speknya lbh tinggi dari symbian^3 plg rendah? Jadi sy rasa msh masuk akal aplikasi android jalan di symbian^3. Ingat, ini blum ada buktinya, spt kata sy diatas, cuma klaim perusahaan diatas. Sangat naif kalau kita perdebatkan, benar kan mas?

      Mengenai performa n8…, sekali lagi itu bukan performa maen game, tapi lbh ke performa UI dari hp tsb. Tp saya setuju resolusi berpengaruh besar, spt kata sumber disana. Tank jelas punya mesin lbh garang dari sedan, tapi performa kecepatannya beda kan mas? Coba mas baca artikel sy tentang android dsn: https://adit38.wordpress.com/2011/01/23/sony-ericsson-xperia-x8-kencan-pertama-bersama-android/ Dsn sy katakan nyalakan bluetooth di x8 lama bgt, di hape jadul e51 aja jauh lbh kenceng. Nah performa macam itu lah menangnya n8. Kalo gamenya lbh keren di android ya sy jg akui, tp sekali lg sesuaikan dg selera masing2. Kalo saya overhype mohon dimaafkan ya, tapi yang saya tulis spt performa itu fakta kan, ada sumbernya lg. πŸ˜€

    • sependapat dg masbos diatas..
      ane juga make symbian(e63) dan juga make android(gio)..malahan ane baru make android(blom sampe 1 tahun), sementara symbian udah 5 tahun(tidak hanya e63).
      perbandingan ane terhadap kedua OS ne, jelas mengenai performa software dan hardware dari kedua piranti..
      kalo d symbian, yg sangat disesalkan yaitu kapasitas hardware yg sangat lemah..masi menggunakan prosesor dibawah hp android(dibandingkan dg hp android dg hp symbian yg harga sebanding). belom lagi ram. kapasitas memori internal.
      hal lain, yaitu adanya kasta OS symbian itu sendiri. symbian s60v3, v5, v^3, anna, dll. nah kalo d android, mereka support dalam 1 hp utk apgret k os yg lebih tinggi..jd semua aplikasi bisa terinstal..
      dengan kapasitas prosesor n memori yg kurang, inilah yg menjadi titik lemah symbian. aplikasi sgt berat dijalakkan..disamping itu, sebagai penguasa pasar ponsel(dtahun2 sebelumnya) symbian/nokia tidak mampu menghadirkan aplikasi yg sedang berkembang n dbutuhkan user. contohnya saja aplikasi yg membutuhkan koneksi internet tanpa batas yg mendukung push notif..baru2 ini malahan nokia merespon, setelah terjadi kenaikan yg pesat dari gadget sejenis(bb, android, iphone).. sementara itu, nokia masi berkutat pada hal2/boleh dikatakan jalan ditempat?mengapa demikian? karena nokia sendiri tidak mampu memenuhi keinginan konsumennya, sehingganya, penguasa pasar ponsel bukan lagi nokia dengan symbiannya..bukan suatu hal yg mustahil konsumen nokia berpaling ke android/bb/iphone..

      mohon maaf sebelumnya..
      dulu, wktu saya belum mengenal apa itu(selain produk nokia/symbian), saya meliohat hape2 lain, seperti hape2 china.. nah,sekarang malahan sebaliknya..perkembangan gadget yg begitu pesat, saya malahan melihat hp nokia, jd sepeti hp china..
      hmmm…

      CMIIW

  3. saya tanyak balik ke anak-anak. πŸ˜€
    apakah android.mu yg kamu bangga.bangga.in udah punya battery yg tahan buat nampuung kemahadahsyatan.nya system ijo* :mahos
    trus apakah ada system ijo* yg bisa njalanin OS symbian. ? πŸ˜€

    “this is not technology, what will you do whit it”
    bukan sekedar tenologi gan yg ptg, teknologi juga bisa membunuh. πŸ˜€ “mendapat ilham dari TRON”

    • kalo sistem yang anda bilang “maha dahsyat” aja blom bisa nge handle power manajemen dengan baik…..apalagi kalo di jalanin di symbian…….

      β€œthis is not technology, what will you do with it”

      -but…..you cant do anything with limited technology

      @mas adit…….x8 nya masih donut ya???
      donut lom support bluetooth 2.0….
      meskipun hardwarenya udah support….

      (ibarat komputer pake vga tapi gak ada drivernya)

  4. wah, kalau benar terbukti akan sangat bermanfaat sekali buat menunjukkan kemampuan symbian. Secara di media2 banyak orang imej ‘symbian telah mati’ padahal mereka tahu kalau n8 dgn os symbian^3 nya, secara default saja lebih bagus dari os yg mrk banggakan. Yg mau saya tanyakan kalau memang terbukti symbian^3 dapat menjalankan aplikasi android kira2 pada basis android apa? Dan penjelasan rinci kenapa symbian^3 mampu menjalankan aplikasi android sedang pada meego wajar jika bisa karena meego dan android kan sama2 basis linux os.

  5. om, download software nya di mana ? saya engga liat link nya
    (harap maklum saya masih seorang pelajar smp kelas 9)

  6. kenapa tidak..symbian bisa menjalankan windows 98.bisa jalanin app iphone lama.ps1 game boy pc lain juga jalan dengan hanya ram 250mb.untuk performa symbian emang terbaik.klo symbian di kasih ram besar.mungkin njalanin brutus sama adobe photosop cukup di symbian.. πŸ˜€ android wkwkwkk

    • itu potoshop masih angan2 kan di symbian?
      nah di android udah ada buat 3.0+/honeycomb+
      #bukan photoshop xpress,tp photoshop touch n bener2 dr adobe

  7. kalau n900 emang udah dari dulu bisa pake OS laen,,,
    soalnya OS nya bebasis Linux buka symbian,,,
    N9 dengan meego juga bisa ke android,,,
    jdi kesempulan nya ane gak heran jika n900 pake android,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s