Ponsel Musik Harus berSpeaker Kencang?

Ponsel Musik.jpg

Menurutmu apa sih ponsel musik itu? Apakah suaranya musti keras?

Ada percakapan saya di kampung dg teman saya, dia mengatakan menyesal beli salah satu ponsel musik merek branded tertentu karena speakernya kecil, bahkan dia mebandingkan dg nokia 6233 yang bukan ponsel musik tapi suara speakernya garang. Benarkah ponsel musik hanya tergantung dari garangnya speaker?

nokia-6233.jpg

Dari beberapa sumber yang saya baca, saya meringkas ada 5 hal yang paling penting ada di ponsel musik.

1. Audio Quality
Kualitas audio adalah salah satu faktor penting bagi ponsel musik, ukurannya adalah frekuensi respone (rentang frekuensi yang mampu diputar hape), noise level (seberapa mampu hape menghilangkan gangguan suara yang tidak diinginkan dari musik yang diputar, suara tak diinginkan itu misalnya suara mesin dari hp), dynamic range (kemampuan hape memproduksi suara dg frekuensi tinggi dan rendah sekaligus),THD & IMD (distorsi yang dihasilkan hape, jadi seberapa mampu hape menghindari perubahan reproduksi suara musik dari yang asli), dan stereo crosstalk (seberapa bagus stereo yang dihasilkan. ( sumber )

2. Loud Output
Keras suara yang dihasilkan (baik speaker atau headphone) otomatis diharapkan pada ponsel musik. Ukuran ilmiah untuk ukuran keras suara ini adalah phon, salai satu hape yang tercatat memiliki output keras melalui speakernya adalah nokia X1-00 .

3. Storage
Makin besar memory hape untuk menyimpan musik tentu makin baik.

4. Battery
Kalo hape cm bisa mutar musik sebentar lalu lowbat kan percuma, jadi kemampuan batre jelas penting banget. Tapi kemampuan batre tidak melulu dilihat dari kapasitas batre  loh ( sumber ).

5. Interface Experience
Mau nyetel musik musti pencet tombol berkali2 untuk mutar musik? Atau mau fast foward ke lagu berikut juga ribet? Jelas itu bikin hilang mood musik mania. Oleh karena itu tombol khusus musik dan interface2 lain diwajibkan ada pada ponsel musik.

AKHIR KATA

gsmarena_001.jpg

Kalo kita lihat Apple iPhone 4 yang dinobatkan GSMArena sebagai ponsel musik terbaik ( sumber ), ternyata speakernya dibawah rata2 kekuatannya, jauh dibawah ponsel nokia macam n8-00, bahkan dibawah ponsel non musik nokia e51, c3 atau e5 ( sumber). Artinya kerasnya speaker tidak jaminan jadi ponsel musik yang baik.

280120112294-001.jpg

Bagi saya juga denger musik enakan lewat headphone biar ga mengganggu org sebelah, atau kalo pas lg dikamar kan enakan colok ke speaker aktiv, lebih maknyus kan?

Lagian kalo pengen cuma keras speaker, pake hape cina aja kan? Dijamin garang speakernya.

Silahkan mampir ke lapak jualan saya, siapa tahu ada barang yang kamu cari: Forum Jual Beli .

Tidak Ingin ketinggalan artikel terupdate blog ini? Silahkan follow @adit38 .

Tulisan dibuat via nokia e51

Iklan

36 comments on “Ponsel Musik Harus berSpeaker Kencang?

  1. ane ada sdkt tips bwt nambahin bass hp symbian biar suaranya tmbh manteb…double equalizer…
    1.buka musik player bwaan hp mainin salah 1 lagu kmdian dipause…set equalizer bass boost…jangan ditu2p..
    2.buka lcg jukebox set equalizer bass(equalizer 1) <70% aja yg laenya trgantung slera…play…
    Ane cb dhp s60v5…ngadu sm corby,SE walkman & laen2 msh mantep cr ini…
    Cr ini g bs dipk di app ttpod,…

  2. gan, soner live with walkman kan kluaran agustus 2011, sdngkan artikel ini skitar mei 2011.. ga mngkin kan bang adit tau hp itu…

  3. buat yg nanyain LIVE WALKMAN , emank nyenengin kualitas audio yg nyaring tp gak NGGEMBRET cos lumayan nge-bass meski equaliser bawaan gk ada mega bass

    ada cara buat ningkatin performa speker meski udah dibekali X-LOUD

    1 instal mega bass (syaratnya hp udah di root) langkah2nya cari aja artikel di google banyak kok.

    2 pakek windows player yg ada seting equqlizer ditambah aplikasi Music volume EQ
    setting eq hip-hop n bass bosst +- 60% lalu masuk windows player putar musik yg lu suka n setting eq sesuai selera , diantara ribuan aplikasi pemutar musik cuman player ni doank yg eqnya gak nggembret cos gk usa ngeroot hp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s