Nokia Ternyata Masih Penjual Smartphone Nomer 1 Dunia menurut Gartner

nokia-android.jpg

Gartner baru saja melaporkan bahwa pasar smartphone masih nokia yang nomer satu di kuartal kedua tahun (Q2) ini. Sementara pasar OS android makin mengkokohkan dirinya di puncak.

grafik os.jpg

Pada pasar OS android semakin berjaya dari symbian dengan pasar yang 2x lipat dari pasar symbian (walau symbian masih unggul pada jumlah pemakai total) pada kuartal kedua tahun ini.

grafik produsen.jpg

Tapi yang mengejutkan, untuk produsen smartphone, nokia masih yang tertinggi saat ini dengan margin yang tipis. Ini tentu diluar perkiraan nokia yang memperkirakan transisi dari symbian ke windows phone akan membuat mereka kehilangan posisi pertama di Q2.

http://mynokiablog.com/2011/08/11/gartner-says-nokia-still-number-1-in-smartphones-for-q2-2011/

Yang mengagetkan, hal ini bertentangan dengan laporan Strategy Analityc, IDC, ABI Reasearch yang mengatakan Pasar Produsen Smartphone Nokia telah disalip oleh Apple dan Samsung.

https://adit38.wordpress.com/2011/08/04/nokia-makin-ketinggalan-dalam-penjualan-smartphone-matinya-seri-e-n-x-dan-c/

Tapi engadget mengklarifikasi fakta sebenarnya, jika lembaga riset lainnya ‘hanya’ mengatakan besar smartphone yang di drop ke operator seluler (di eropa dan terutama di amerika, penjualan ponsel nyaris semua dijual via operator seluler, hal ini berbeda 180 derajat dengan di indonesia). Sementara gartner menyampaikan data total penjualan smartphone yang terjual langsung sampai ke konsemen (tidak hanya yang ke operator seluler). Jadi data lembaga2 tersebut tidak bertentangan, dan data dari gartner adalah data yang real.

http://www.engadget.com/2011/08/11/nokia-still-ahead-of-apple-in-smartphone-sales-according-to-gar/

Jadi kenapa lembaga2 sebelumnya tidak merilis riset data keseluruhan, tapi hanya yang dijual ke operator? Menurut saya itu cuma trik marketing saja, lembaga itu merilis duluan dari gartner agar berita nokia sudah lengser dari nomer 1 bombastis duluan, sehingga saat gartner merilis fakta sebenarnya sudah tidak ngefek lagi, sekarang semua orang sudah terlanjur dapat berita nokia sudah tidak nomer 1 lagi di ranah smartphone. TRIK MARKETING YANG LUAR BIASA DARI PESAING NOKIA BUKAN?

thx buat ‘terlalu fanatik sma symbian ya?’ atas koreksinya

Iklan

32 comments on “Nokia Ternyata Masih Penjual Smartphone Nomer 1 Dunia menurut Gartner

  1. kayaknya slah analisa deh mas yang atas khusus smartphone berbasis osnya kalo bawah itu penjualan ponsel , symbiannya nokia (smartphone) menuru tapi belum tentu ponsel biasa kan (handphone bukan smartphone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s