Galaxy Mini pada Pandangan Pertama | Android Froyo yang Bikin Kamu Jatuh Cinta

review galaxy mini.jpg

Tak terasa sudah 2 minggu saya memiliki galaxy mini, sudah saatnya saya ceritakan kesan saya memakai galaxy mini ini.

Dari segi desain sudah saya ceritakan pada unboxingnya kemaren dengan foto2nya, intinya galaxy mini punya desain yang ‘youth’. Tapi sedikit tambahan, bahwa saya merasa cat pada galmin akan luntur dalam beberapa bulan, sangat tidak adil tentunya jika saya compare dengan seri e saya (tips: rajinlah melap galmin dari bekas keringat).

https://adit38.wordpress.com/2011/07/30/jalan-jalan-di-bec-beli-hape-baru/

KESAN POSITIF: SEMUA KARENA ANDROID FROYO

Tidak seperti kesan pertama dengan android di xperia x8 kemaren, android froyo pada galmin jauh lebih menyenangkan IMO.

https://adit38.wordpress.com/2011/01/23/sony-ericsson-xperia-x8-kencan-pertama-bersama-android/

Pertama homescreennya saya suka, semua shortcut favorite bisa ditaruh di homescreen, bebas banget kita ngaturnya. Misal semua aplikasi online macam facebook, twitter, foursquare dll ada di homescreen.

sc20110731-071327.png

Detail pemakaian batre diberikan secara jelas, saya sangat menyukainya. Dan perhatikan, saat ada tweet yang mention nama saya, ada pemberitahuannya yang terintegrasi dengan sistem, lihat text dibagian atas skrinsot dibawah.

pemakaian batre.png

Live Wallpaper yang banyak disukai orang, secara pribadi saya tidak menyukai hal seperti itu, bukan sesuatu yang baru juga, karena di nokia s40 ibu saya juga ada (2730).

livewallpaper.png

Task Manager yang sangat detail juga saya sukai (symbian harus install2 terlebih dahulu). Tapi sayang, untuk mengetahui aplikasi yang running mesti lewat taskmanager, tekan home lama2 cuma membuka recent aplikasi (symbian bs langsung tau running aplikasinya).

taskmanager.png

Managemen ram juga terintegrasi dengan sistem, saya suka banget dengannya

mangemen ram.png

Widgetnya asyik banget, twitter jadi makin asyik, di symbian s60v5 saya ga ada yg keren kaya gini (di symbian^3 ada tapinya).

widget.png

Yang saya sukai juga adalah saat kita mengklik link pada twitter, sistem langsung memberikan pilihan, mau dibuka pake opera mini atau browser default (kadang ada pilihan mau dibuka dengan android market).

pilihan browser.png

Jika gambar atau foto mau kita sharing, langsung pilihannya berlimpah, mau via bluetooth, email, mms, twitter bahkan bisa langsung via publikasi di blog wordpress (harus install wordpress for android dulu tapi).

sharing1.png
sharing2.png

Android marketnya juga lebih asyik dari ovi symbian (diluar jumlah aplikasi).

market.png

Taskbar yang sangat inovatif juga membuat saya kagum. Segala macam notifikasi dan summary tentang hape ada disini. Love it…

taskbar.png

Itegrasi dengan Internet yang luar biasa juga satu keunggulan yang luar biasa di android froyo ini (symbian s60v5 saya lewat dah…). Penggemar social network, akan jatuh cinta dengan android froyo ini, bahkan ada anekdot (sakarsm) bahwa jika kamu ABG yang pengen eksis pake android saja jangan pake symbian, wuih saya jadi ngerasa ABABIL lagi nih, hihihi…..

Saya katakan, aplikasi facebook, twitter, foursquare dan lainnya sangat keren di android froyo, ga hanya sangat keren, tapi terintegrasi dengan sistem !! Berikut ini screenshot2 aplikasi online di android.

Kerennya twitteran di android

twitter1.png
twitter2.png
twitter3.png
twitter4.png
twitter6.png
twitter7.png

Kerennya foursquarean di android

four1.png
four2.png
four3.png
four4.png
four5.png
four6.png
four8.png

Aplikasi facebook, google+, googlemap dan email

fb1.png
email1.png
googleplus1.png
googleplus2.png
gmap1.png

KESAN NEGATIF: LEBIH KARENA HANDSETNYA

Kesan negatif dari galaxy mini lebih diakibatkan oleh kualitas hapenya.

Pertama, layar galaxy mini cuma QVGA, ditambah layar yang nyaris sebesar nokia c6-00 saya membuat mengakses gallery di ponsel ini tidak menyenangkan, dan terkesan pecah, bahkan foto di hape cina saya tampak lebih mantap. Jika kamu mau menikmati indahnya layar ponsel, galaxy mini tidak saya sarankan (bagi saya pribadi yang penting inner beauty-nya kan…)

hape cina.jpg

Walau tidak begitu signifikan, tapi saya tidak menyukai bluetooth di galaxy mini, sangat lambat di on maupun di off-kan, cukup menjengkelkan. Tapi anehnya, ini saya alami juga di xperia x8, dan saya uji di android LG P350 juga sama.

android optimus one p350.jpg

Masalah bluetooth di ponsel2 sony ericsson saya yang terdahulu tidak pernah saya alami masalah bluetooth kaya begini, jadi mungkin ini kelemahan androidnya ? Tidak cuma itu, saya selalu harus membuatnya visible (tak saya temui pilihan always visible spt di symbian).

blutut.png

Yang cukup mengagetkan, saat saya , starup dari mati ke siap pake galaxy mini ini sangat lama. Awalnya saya pikir kencang starupnya, tapi setelah bandingkan ama nokia symbian saya, ternyata symbian saya sudah siap pake, galaxy mini malah kadang msh di logo samsungnya. Ternyata efek animasi yang indahnya membuat saya terhipnotis dan berpikir loadingnya lebih cepat dari symbian2 saya, ternyata cuma semu semata.

08082011040.jpg

Seperti biasa batre ternyata tetap jadi permasalahan utama android di mata saya, katakanlah batrenya tidak kuat sampai sore, saya rasa tidak cocok jika dipake kerja keras serius maupun kegiatan heavy online. Apalagi saat batre habis lalu di cas, saat buru2 mau nyalakan loading starupnya lemot.

Masalah sinyal juga jadi isu serius dimata saya, di 2 lokasi yang saya singgahi di cimahi dan malang sinyal HSDPA di galaxy mini ini cukup sering turun naik jadi 3G bahkan EDGE, saya tes dengan nokia e51, e71 dan c6-00, tidak terjadi kasus turun naik tersebut. Tapi jangan khawatir, masalah sinyal itu nampaknya cuma terjadi di lokasi yang agak jauh dari BTS aja, saya uji di berbagai tempat rame macam ITB, BEC, BIP dan Ciwalk di bandung serta Matos dan UNM di malang saya tidak alami penurunan sinyal tsb.

Masalah sinyal ini mungkin bukan faktor androidnya, tapi faktor hapenya, walaupun saya lihat di LG P350 android dan SE Xperia X8 memang kasus ini serupaa, tapi mungkin di hape android lain tidak terjadi. Memang sering kali samsung (termasuk handset2 lain yang buat android) dikatakan kurang mampu membuat ponsel sebaik nokia di beberapa diskusi yang saya ikuti (secara umum loh, karena saya jg punya nokia yg ga bagus nangkap sinyal).

Nah…, daya tangkap GPS galaxy mini juga kurang baik saya sandingkan dengan nokia c6-00 saya, terutama di dalam ruangan, nge-lock di foursquare sering gagal di galmin ini, berbeda dengan c6 yang lebih jarang gagal. Klo sama-sama berhasil, c6-00 saya selalu lebih dahulu ngelock-nya.

c6.jpg

Hey…., galmin pun mengalami hang, aplikasi nutup sendiri, maupun kelemotan seperti di symbian, cuma intensitasnya lebih jarang. Tapi jika cuma membandingkan galaxy mini dan nokia e51 saya, nampaknya e51 saya lebih stabil. Beda halnya jika dibadingkan dengan c6-00 saya, galmin jauh lebih stabil dibanding c6.

KESIMPULAN

Dari sisi OS, android froyo sangat baik dibandingkan symbian s60v5 saya, jika kamu mesti memilih antara android froyo dan symbian s60v5, maka saya tak ragu akan mengatakan android froyo lebih baik (bahkan mungkin juga dengan symbian^3) . Saya pun akan pilih android froyo ketimbang symbian s60v5.

Jika kamu niat mengambil galaxy mini, maka saya bilang ponsel ini rekomended buat yang hobi online, asal tidak mempermasalahkan kekurangan-kekurangan yang yang saya sebutkan diatas. Saya punya pandangan bahwa duet galaxy mini dan nokia seri E adalah yang terbaik karena saling menutupi kekurangan.

SEBUAH PANDANGAN SUBJEKTIF

Saya pribadi akan lebih menyukai nokia seri E saya ketimbang android, karena saya bukan penggila online, gamers maupun interface menarik. Saya kebih suka smartphone yang bisa diajak kerja keras, artinya batrenya mampu mendukung kegiatan2 saya. Bayangkan jika android seperti istri, masa saat malam saya ingin memberikan cinta saya ke istri, eh istri saya sudah terlelap dalam tidurnya ? Demikian juga pagi2 saat pengen ‘Quicky’ istri saya lama banget On-nya, hehehe….

Hey, tapi itu saya, tidak semua orang punya prioritas yang sama seperti saya. Jadilah dirimu sendiri dalam menentukan yang terbaik bagi diri masing-masing.

*ps: bukan sy tdk menyukai android, tp saya akan melepas galmin saya, dan beranjak ke SE Xperia Mini Pro2 karena saya lebih nyaman pake qwerty ketimbang layar sentuh, tapi mau narget e6-00 ♥ dulu

Follow twitter saya untuk mendapatkan update blog ini: @adit38 .

Tulisan dibuat via nokia c6-00

Iklan

142 comments on “Galaxy Mini pada Pandangan Pertama | Android Froyo yang Bikin Kamu Jatuh Cinta

  1. hanya ingin share saja, gan..
    ane baru 1 minggu pake galmin, lumayan bagus buat browsing trus tampilan interface nya juga bagus. cuma ada kendala, klo nerima or nelp, dipake dalam gedung, suka putus-putus. padahal klo pake nokia 6110, ga pernah ada masalah. mungkin ada yang bisa ngasih solusi?tq

  2. Yg penting hp tu bisa diajak gratisan gk tuh..hehee, maklum pelajar haruz serba irit,,,tapi yang paling menarik buat sy yaitu hp E75, walau skrg masih di angan2 doankz,,mohon do’a nya supaya bisa kesampean..amin!

  3. Ane baru 1 mingguan pake galaxy mini. Secara keseluruhan cukup puas sama si galmin.

    kocak jg ngibaratin galmin sbg istri
    hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s