Mobile Blogging : Manajemen Komentar Blog Semudah Terima dan Kirim SMS Realtime

comment-wordpress.jpg

Membalas komentar di blog kadang bukan pekerjaan mudah, cara balasnya juga tidak sederhana dan musti online. Andaikan terima komentar blog dan membalasnya bisa via sms pasti sangat menyenangkan. Tapi….., ada cara memanajemen komentar blog seperti sms, bahkan tidak perlu online.

Perhatikan komentar mas zalxd85 dibalas oleh galaktus dibawah.

komen1.jpg

Cara konvensional adalah:
1. Online
2. Log In
3. Cari Artikel
4. Buka Artikel
5. Baca Komen
6. Klik Tombol Balas/reply
7. Ketik komentar
8. Lalu Kirim Komentar

Ribet kan? Mana musti cari-cari dulu artikel yang ada komentar, mending komentar cuma 1, kalo 50 komentar, mesti 400 langkah kan? Yang paling ribet adalah saat cari artikel mana yang dapat balasan. Pake komputer hal diatas bisa disederhanakan, tapi tidak mobile kan…

Nah saya punya tips yang telah saya gunakan lebih dari 2 tahun lalu, coba perhatikan.

Tiap ada komen, langsung hape saya bunyi seperti sms, saya baca komennya

komen2.jpg

Klik reply

komen3.jpg

Ketik komen tanggapan

komen4.jpg

Kirim dah….

komen5.jpg

Simple kan? Seperti terima dan balas sms, ga repot cari artikel, dan realtime banget.

Prinsipnya adalah cara kerjanya adalah memanfaatkan push email di hapemu (pull email juga ga masalah), dan fitur wordpress ‘reply comment via email’.

GIMANA CARANYA ?

Ini dia caranya, pertama-tama kamu setting email push/pull di hapemu (jika pake pull kamu tidak bs realtime).

Masuk dashboard blogmu, lalu pilih settingan diskusi

komen6.jpg

Lalu aktifkan fitur ’email me if anyone post’

komen8.jpg

Lalu aktifkan juga ‘enable sending komen via email’

komen9.jpg

Oya, sebaiknya kamu aktifkan juga ‘enable thread comment’ dengan kedalaman maximal, saya pake 10.

komen7.jpg

Tinggal save settingan tadi, lalu kamu sudah siap menerima dan membalas komen blogmu semudah sms, dan realtime.

Berikut penampakan komen di email push di c6-00 saya

scr000010.jpg

Dan ini tampilannya di pull email pada e71 saya

komen10.jpg

Oya, keuntunggan dari membalas komen ini, kamu bisa sisipkan signature di tiap komen secara otomatis, misal kamu ingin promo twitter kamu, maka di tiap balasan komen kamu akan ada signature kaya skrinsut dibawah

scr000098.jpg

Oke, selamat mencoba.

ps: tutorial special buat sahabat saya angga SDP, maaf baru jadi, ini aja buat pas ngantri panjang bayar listrik di pln

Follow twitter saya untuk mendapatkan update blog ini: @adit38 .

Tulisan dibuat via nokia e71

Iklan

36 comments on “Mobile Blogging : Manajemen Komentar Blog Semudah Terima dan Kirim SMS Realtime

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s