Grafis Nokia N8 vs Nokia 701 : Nokia 701 Menang KO

nokia-700-with-n8-and-x7-2.jpg

Nokia 701 hadir dengan GPU baru bcm2763, ternyata hasil benchmark-nya mengungguli nokia n8-00 dengan telak.

nokia_701_main.jpg

Tweet dari @cambo78 memberikan hasil benchmark antara nokia n8 dan nokia 701, hasilnya benar-benar membuat nokia 701 pantas jumawa, berikut hasilnya:

nokia n8 vs nokia 701.png

Bagaimana dengan nokia 600 dan nokia 700? Walaupun hasilnya tidak mungkin sama persis, tapi jelas keduanya juga akan unggul cukup telak dari nokia n8.

Wah nampaknya ini berarti kemampuan gaming pada nokia 701, 700 dan 600 cukup menjanjikan. Seperti kata nokia, grafis di trio belle ini diklaim 4x lipat dari pendahulunya.

broadcom-logo_2.jpg

Apa yang membuat trio belle ini menjanjikan dalam hal grafis? Tidak lain adalah kehadiran GPU BCM2763 yang lebih canggih dari GPU BCM2727 di nokia n8 dan pendahulunya, disamping processor 1 ghz dan ram 512mb yang dimiliki trio belle ini.

http://www.slashgear.com/broadcom-bcm2763-1080p-capable-media-processor-and-persona-ip-dvr-chipset-launched-1566054/

Cocok buat gamers noh, kita tau kemampuan game lebih tergantung GPU ketimbang processor dan RAM.

the-playstation-phones-the-sony-ericsson-xperia-play.jpg

Nah loh itu sesama symbian, bagaimana dibandingkan dengan android, misal gpu tegra 2 atau adreno 205 pada SE Xperia Play? Kita tau dulu saja performa nokia n8 mengalahkan android dari hasil ujinya

https://adit38.wordpress.com/2011/01/17/performa-os-symbian3-mengalahkan-android-dan-iphone-dalam-uji-benchmark/

Kebetulan saya dapat artikel menarik disini:

http://www.anythingbutipod.com/forum/showthread.php?t=57081

Dari diskusi tersebut, saya menangkap bahwa BMC2763 tidak kalah dari tegra 2 maupun adreno 205 CMIIW.

Yang menarik adalah di nokia 600, dengan kemampuan processor, ram dan gpu yang high ini, harga yang ditawarkan berkisar di 2,2juta dimana android tidak punya hardware setara ini. Ditambah Interface Symbian Belle yang tak kalah atraktif dibanding android, mungkinkah smartphone dengan speaker paling mantap di dunia ini meyaingi android kelas mid-end??

https://adit38.wordpress.com/2011/08/25/nokia-700-701-600-launching-september-upgrade-ke-symbian-belle-oktober-ini/

nokia-600-symbian-belle1.jpg

Semua kembali ke user, pentingkah kemampuan grafis itu ?? Catat juga, game dengan grafis memukau juga tergantung developer, masih maukah membuat untuk symbian yang bukan hasil porting ??

*masih tetap cinta e6 nih

Follow twitter saya untuk mendapatkan update blog ini: @adit38 .

Tulisan dibuat via nokia e71

Iklan

95 comments on “Grafis Nokia N8 vs Nokia 701 : Nokia 701 Menang KO

  1. Mas Adit mas Adit,mau bagaimanapun unggulnya Symbian,toh tetap User sekarang sudah banyak yang beralih ke OS lain….bencinya saya dengan symbian yaitu susahnya bukan kepalang ketika meminta certifikat dan key ke layanan hack OS Symbian…butuh beberapa bulan bahkan tahunan ketika cert&key siap didonlod,keburu bulukan hpnya mas….

    • kalo udah ga suka silahkan mas beralih ke os lain aja mas, klo ngehack sebenarnya gampang tanpa perlu request2 cer. Request cer udah sejak juni ga bs klo ga bayar

      Follow my Twitter @adit38

  2. Guys, kalo mau tunggu (jika cukup sabaran), kabarnya pengganti N8 (N8-01) akan berjalan menggunakan Dual Core, 1.2 Ghz + 1GB RAM + 1080p Video Recording & Playback + Symbian Carla/Donna + dan Optical Zoom, yak Optical Zoom saudara-saudara, anda bisa buang kamera saku anda 😀

  3. itu kan cm head to headnya aja. gmn kalo langsung dipraktekin buat ngerunning game2 HD yang berat2. pasti kalah jauh tuh gpunya sama tegra2 atau adreno 205 😛

    • saya pengguna Nokia 700, saudara dari 701..
      mas blma bilang ‘prakteki langsung buat running game2 HD berat’
      saya main Eternal Legancy, yg ukuran gamenya 285MB..
      dan tidak ada lag sedikitpun,
      assasins creed 125MB tidak ada sedikitpun lag..
      Asphalt 6 HD Adrealine, <200MB
      sangat smooth, grafikpun sangat bagus..
      nah, kalo ga percaya,
      gmna kalo buktiin sendiri??
      saya punya temen pake Soner Live Walkwan, bahkan untuk gaming,
      Nokia 700 saya lebih menang dari dia dalam masalah speed gaming 🙂

      • ane punya samsung galaxy tab… Ane maen chicken ninja aja udah sering patah patah apalagi game hd ?
        Ane juga punya 2 hp symbian belle Nokia 700 sama c7
        smuanya lancar aja main game hd very smooth 😀

  4. Permisi, numpang nanya. Kalo nokia 700 dibanding nokia 603 mending mana ya..? Apa ada perbedaan kemampuan browsing dan streamingnya, mengingat OS dan spec hardwarenya hampir sama..

    • Nokia 603 Menang dibesar layar
      Nokia 700 Support adobe flash dibrowsernya 603 tidak
      Nokia 700 juga pake amoled nokia 603 ngak
      over all Nokia 700 cuman sayang dilayar aja 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s