QT API | Aplikasi iPhone, Android dan WP7 bisa dijalankan di Symbian dan N9

screen-shot-2011-10-06-at-23.35.50-600x286.jpg

Berita cukup menyenangkan buat pengguna ponsel nokia, karena QT baru saja memperkenalkan QT API yang membuat kamu bisa menikmati aplikasi iphone dan android di symbianmu (plus di nokia n9).

Kenapa bisa begitu? Fakta sederhana, Ovi Store (Nokia Store) walaupun memiliki jumlah aplikasi paling sedikit, tapi yang jumlah download peraplikasi jauh lebih banyak dari yang lain, bahkan mencapai 160% dari jumlah download perhari dari app store milik iphone yang ada di posisi kedua.

Tapi perlu diperhatikan, QT API ini dibuat untuk developer, jadi dibuat untuk kepentingan bisnis bagi para developer dengan mem-port aplikasi iphone, ipad, android ataupun wp7 agar bisa jalan di symbian ataupun nokia n9, sehingga mereka bisa menjual aplikasi atau gamenya di nokia store yang sangat menggiurkan (paling banyak yg mendownload).

Hanya saja tidak semua developer yang akan memport ke nokia store, palingan yang premium saja (berbayar), artinya aplikasi gratis (sampah) di market lain kemungkinan tdk akan di port (baca: hanya aplikasi atau game yang berkualitas). Tapi faktanya kita tunggu saja.

sumber:
http://mynokiablog.com/2011/10/07/qt-api-mapping-for-ios-android-and-windows-phone-developers-bring-iphoneipad-apps-to-symbiann9/

Wow…, walau info ini mungkin tdk berpengaruh pada sy (dan paling cuma buat symbian belle keatas), tapi nokia tampak serius mengejar ketertinggalannya.

Tulisan dibuat via nokia e72

87 comments on “QT API | Aplikasi iPhone, Android dan WP7 bisa dijalankan di Symbian dan N9

  1. larisnya ovi store mungkin itu bukti ya masih banyak nya OS nokia diluar sana yg masih perawan 😀 , mungkin malah hack hp pun adlh sesuatu yg awam bagi sebagian besar pengguna nokia 😀

  2. numpang Nulis Brow Sebenar nyah symbian s60v5 paling gampang di hack dari pada smartphon android da n iphon cara nyah dowload aplikasi DR web 600 Dan rompatcherplus 31 lite dan QuarantineadriversLDD cara nyah ektrack folder Quarantine Driver LDD Ke Folder frivate kartu memori Tips mengextrak nyah harus memakai pc terus instal aplikasi dr web 600 terus jalan kan aplikasi dr web select quarantine,all,restor terus instal rompatcher buka aply all sampai berubah menjadi kuning dan hijau kalau gambar nyah dah kuning dan hijau berarti anda sudah ber hasil menghack Hp s60v5 anda

  3. itulah yang membedakan Os symbian.yang belum tertandingi di os mobile manapun..coba deh klo symbian g ada..orang2 indo pasti lebih banyak lagi yang gaptek..wkwkwkwk..untuk game saya masih doyan Ngage 2.0 ..maen game android g jauh beda ma game s40 wkwkwk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s