Ternyata Asyikan Foto Makro Edof Ketimbang Auto Fokus Setelah Nyoba Sendiri

e6-ub-36-outlook-001.jpg

Kamera Edof pada Nokia e6, x7, c7, e7 dan lainnya mendapat kritikan tajam karena ketidak mampuannya foto makro (jarak dekat). Kali ini saya mencoba membandingkan sendiri hasil foto2 makro kamera berautofokus dan kamera edof. Dan mengejutkan saya menyukai edof ketimbang AF !!

Kamera autofokus yang saya jadikan pembanding adalah kamera nokia e72 saya, sementara kamera edof yang saya pake dari seri symbian^3 (kualitas kamera edof x7,e7,c7,e6 & c6-01 setara, tp sy rahasiakan dl hp mana yg sy pake malu.gif ).

x7 moto e72.jpg
hasil foto kamera edof modus non-macro

Surat ijin penelitian mahasiswa saya ke klub sepak bola lokal akan jadi objek foto saya. Foto diambil jam 10 malam di bawah penerangan lampu neon 18 watt. Foto yang dibandingkan cuma foto makro doang ya….

HASIL FOTO TANPA FLASH

e72 moto surat no flash.jpg
hasil foto autofokus
edof foto surat.jpg
hasil kamera edof

Hasil foto menggunakan kamera autofokus e72 yang ‘hanya’ 5 megapixel tampak jauh lebih jelas dari kamera edof 8 megapixel. Hasil bisa dikatakan jauh lebih berkualitas kamera autofokus dari edof, kecuali 1 hal…., kamera autofokus tampak sangat fokus pada tulisan, sementara kamera edof berhasil menangkap bayangan tangan saya saat memfoto tulisan (kamera edof mampu menangkap ‘momen’ lebih dari AF yg terlalu fokus di tulisan, tp ini tak mampu menutupi bahwa hasil kamera AF jauh lebih memuaskan).

HASIL FOTO DENGAN FLASH

e72 moto surat w flash-001.jpg

Jika saya memfoto surat tersebut dengan flash, ternyata hasil menggunakan kamera edof jadi putih total, alias gagal total memfoto makro dengan flash, sementara dengan kamera AF tulisan pada surat lebih jelas dari tanpa flash.

KESIMPULAN

Tak diragukan lagi hasil foto makro kamera AF jauh lebih baik daripada kamera EDOF. Tapi….., kalau bicara diluar kualitas foto, ada yang menarik dari percobaan saya ini, dengan menggunakan kamera AF saya sering harus menunggu cukup lama untuk memfoto suatu tulisan, sementara dengan kamera edof foto bisa didapat dengan instan !! Oke kalo fotonya cuma 2-3 biji mungkin ga masalah, tapi kalo satu bab buku hal itu jadi masalah.

ipinmahasiswa1.png

Padahal saya justru mencari kamera berkemampuan makro untuk memfoto buku2 di perpustakaan, untuk dibaca saat jauh dari perpustakaan. Beberapa mahasiswa saya juga melakukan hal serupa, seperti memfoto skripsi atau buku yang dibutuhkan utk penelitian mereka (skripsi dan beberapa buku memang tidak diijinkan dipinjam bebas).

So…., saya mulai tertarik dengan kamera edof, karena hasil memfoto tulisan bisa jelas terbaca ternyata (walau ga sebagus af), bahkan saya katakan pengalaman memfoto buku dengan kamera edof jauh lebih menyenangkan dibanding kamera AF.

Apalagi kamera EDOF generasi kedua seperti di nokia 701 tampak lebih baik lagi memfoto makro…., saya tidak ragu lagi sekarang jika hape berikutnya yang saya beli pake edof.

edof-comp7.png

http://www.allaboutsymbian.com/features/item/13635_The_Nokia_701_and_EDoF_generat.php

Tapi itu saya, bagi anda mungkin berbeda pandangan sehingga gunakan opini ini sebagai referensi saja, pilihlah kamera hape sesuai kebutuhan masing2. Diluar foto makro, hasil kamera edof ga kalah bagus dari AF, bahkan bisa lebih baik koq.

Jika kamu bingung beda kamera edof dan autofokus, bisa kamu baca artikel disini: AF vs EDOF

follow my twitter ya: @adit38

56 comments on “Ternyata Asyikan Foto Makro Edof Ketimbang Auto Fokus Setelah Nyoba Sendiri

  1. iya, saya pernah baca edof emang sengaja dimass produce karena lebih simple dan lebih cepat, hal yang disukai non-kamera pro 🙂

    mungkin kalau kamera af secepat iphone 4s dan n9 terpasang di hp terjangkau, baru terasa “wah” afnya 🙂

  2. Dia yang saya sebut saja namanya BD, menjual ponselnya yang berkamera 2 megapixel (Sony Ericsoon K750) demi mengganti dengan ponsel yang berkamera 5 megapixel (Nokia X2). Tapi BD kemudian kecewa berat, karena dia tidak bisa melakukan kebiasaan lamanya dengan baik, memfoto skripsi orang di perpustakaan dan mempelajarinya dirumah (skripsi biasanya sulit untuk dipinjam tanpa ijin).

  3. Terlihat perbandingannya sangat signifikan…., jadi sangat wajar kamera Nokia N8 akan lebih baik dari Satio maupun Pixon12. Tapi kebenarannya baru kita bisa lihat setelah Nokia N8 telah beredar luas di pasaran.

Tinggalkan Balasan

