Forbes: Nokia s40 dan s30 Lebih Baik dari Android Mid-Low End

nokia-asha-300.jpg

Wow…., majalah online forbes yang biasa membahas masalah bisnis tiba-tiba mengeluarkan artikel yang mengatakan bahwa ponsel-ponsel non-smartphone nokia (s40 dan s30) lebih baik dari smartphone android mid-end ataupun low-end.

Nanti dulu…., ini bukan maslah canggih-canggihan. Karena yang ngerti (termasuk saya) juga pasti milih android dibanding nokia non-smartphone. Forbes mengeluarkan artikel itu , ditinjau dari sisi bisnis saja.

Dimulai saat iphone berjaya yang dilanjutkan dengan kemunculan android, dan android langsung hot karena UInya mengingatkan orang dengan iphone, sampai-sampai dikatakan android adalah ‘iphonenya orang miskin’. Berjayanya android membuat samsung, motorola, sony ericsson, dan lg rame-rame meninggalkan symbian, dan berakibat nokia terpuruk bersama symbian. Bahkan sony ericsson dan motorola yang lagi krisis langsung menghasilkan profit tinggi bersama android.

android-market-indonesia.jpg

Kenapa nokia tidak ikut pake android padahal sedang krisis dan malah beralih ke WP yang ga laku? Nokia menjawab, android adalah solusi jangka pendek bukan jangka panjang. Artinya nokia memilih melawan arus, yang mana cuma dua kemungkinan yakni hancur atau sukses besar (nokia tidak memilih sukses tanggung nampaknya).

Forbes melihat itu sekarang, ponsel dumbphone (hape bodoh) yang ditinggalkan oleh motorolla, sony, dan lg ternyata memiliki profit lebih besar dari android mid-low end tadi. Mereka terlalu fokus di android mid-low end sehingga gontok2an ngasi harga miring, sementara nokia dumbphone berjaya mahalnya karena tanpa saingan. Sekali lagi orang yang tau pasti memilih android dibanding dumbphone, tapi secara bisnis mereka kalah dari nokia berdasarkan analisis forbes. Nah Forbes juga melihat di tahun 2012 ini adalah saatnya smartphone nokia akan mulai bertarung habis2an melawan smartphone android dan iphone.

Hihi…, prinsip nokia seperti slogan pejuang kita dulu: Merdeka atau Mati . Tapi semua itu akan dijawab oleh waktu. Nah, menurutmu apakah nokia akan sukses besar atau mati konyol karena melawan arus??

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

70 comments on “Forbes: Nokia s40 dan s30 Lebih Baik dari Android Mid-Low End

  1. i like this artikel
    dan saya yakin dgn pemikiran nokia yg briliant itu kejayaan nokia akan kembali
    walaupun saya ttp pke E63….
    klo aj bisa naik tingat dgn menghapus angka 3 nya haha

  2. wah menarik juga nih nokia mati ato merdeka. Semoga merdeka deh hehe..
    btw, mas adit ada referensi atau link tentang data statistik pengguna smartphone di indonesia ga?

  3. info lama ndan.. Nokia connecting people.klo nokia bisa melewati 5 tahun kedepan.nokia bakal sukses.saya yakin lama2 pemakai android akan jemu klo udah tau os nya kaya apa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s