Nokia s40 akan menjelma jadi Sistem Operasi Meltemi | Gabungan Symbian & MeeGo ?

smarterphone-001.jpg

Symbian dan MeeGo mungkin akan berRenkarnasi di Dunia ini melalui OS baru yang (mungkin) akan dikenalkan nokia tanggal 27 februari ini.

OS meltemi ini kurang lebih akan mirip dengan nokia s40 saat ini, kalau kita perhatikan nokia s40 (by default) lebih cantik dari symbian. Perhatikan foto yang saya ambil dari nokia 2730 saya yang dibeli tahun 2009 kemaren.

Wallpaper s40 jadul di nokia 2730 ini bergerak seperti ikan2 di akuarium, layaknya live wallpaper di android kan !!

2012-02-12-032_1.jpg

Kalau terima sms, foto si pengirim tampil di homescreen s40 ini, bandingkan OS Symbian Belle di nokia n8 saya ini aja ga bisa (by default) kaya gitu.

2012-02-12-034_1.jpg

Nah s40 yang pada dasarnya cantik ini akan segera menjadi OS dgn nama Meltemi. Menariknya OS Meltemi ini akan dikembangkan dengan basis linux layaknya MeeGo !! Dan dirumorkan akan membawa sebagian Swipe UI dari Nokia n9 yang sangat menajubkan itu (dirumorkan iphone 5 akan ‘memakai’ swipe UI ini). Plus nantinya QT akan jalan di Meltemi, sehingga aplikasi Symbian dan MeeGo akan bisa terinstall disini, Yipie…..

6450415459_532aee50dd.jpg

Tapi jangan harap OS Meltemi ini akan sekeren dan secanggih android ics, wp7, iOS atau symbian belle. Karena Meltemi akan dijalankan di processor dan ram rendah untuk memaksimalkan daya tahan batre, ya philoshopi symbian yang diterapkan disini. Prototype meltemi ini bisa kamu liat di nokia asha 300 dan 303, mungkin kamu sempat heran kenapa hape s40 dikasi procie gila 1 ghz dan ram 128mb? Karena nantinya meltemi akan menggunakan procie tsb dan ram 512mb (saat meltemi hadir, spek itu bakal tergolong rendah).

sumber-1

Yang menarik, nokia sepertinya akan membongkar rahasia itu di MWC tanggal 27 februari dengan hints:

run an unusual software feature normally found only on high-end smartphones.

Yang arti bebasnya: “nokia akan mengenalkan perangkat lunak yang ‘unusual’ dan biasanya hanya ada di smartphone kelas atas”. Dugaan saya mengatakan akan ada OS seperti smartphone kelas atas mau dikenalkan mereka, dan kata ‘unusual’ bisa jadi berarti OS tersebut mampu berjalan di procie dan ram minim. malu.gif

sumber-2

Ada fakta menarik lagi…., nokia baru saja dapat dapat persetujuan dari FCC untuk menjual ponsel yang mereka rahasiakan, ponsel itu punya kode produksi RM-833.

rm_8033_label.jpg

sumber

Yang menarik dari ponsel rahasia ini adalah batre yang tertanam disana sangat kecil, mungkinkah ini ponsel dengan OS meltemi yang dirumorkan seperti smartphone high end tapi sangat hemat energi (cukup batre kapasitas kecil) karena tidak membutuhkan procie dan ram besar ?? Kita tunggu saja 27 februari ya…., stay tune di twitter saya untuk berita terupdate ttg OS ini.

Ingat !! OS Meltemi ini adalah OS buat smartphone low end nokia, jadi jangan berharap terlalu tinggi (kecuali masalah batrenya malu.gif )

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

61 comments on “Nokia s40 akan menjelma jadi Sistem Operasi Meltemi | Gabungan Symbian & MeeGo ?

  1. Pengganti s40 ya? Keren banget, apa lg kalo harganya murah, kalo mahal mending symbian aja, tp ne os bwt pndamping aja ya, lumyan buat full inet batrenya awet. M0ga ada design N9 dngan qwerty hehe

  2. heey beegoog namnya aja symbian.
    Ya harus harus pasang sendiri lah aplikasinya.
    Seperti walpaper gerak atau poto si pengirim homescreen.itu lah symbian.

    Terus kalo elu cari Stopwatch di hp symbian.terus ga ada????terus elu harus bilang woow gitu????

    Yaaaa pasang sendiri lahh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s