Nokia 808 PureView | Penerus Nokia N8 dg 24 Megapixel + Optical Zoom

n8-cam-600x450.jpg

Elop pernah mengatakan bahwa apa yang ada di nokia n8 adalah ‘pecahan kecil’ dari apa yang sedang dikerjakan di lab nokia. Dan hal itu akan diiplementasikan di penerus nokia n8 yang dirumorkan punya tagline Nokia 808 PureView .

Sebelumnya rumor penerus nokia n8 ini dikatakan akan bernama nokia n8-01, tapi kemudian digantikan dengan rumor bernama nokia 803 dan sketsa bentuk nokia 803 berhasil didapatkan saat itu. Tampak benjolan besar pada sketsa tsb yang menguatkan dugaan bahwa sensor kamera yang ditanamkan sangat besar dan mungkin teknologi true zoom (diyakini optical zoom) yang disebutkan elop akan ada dipenerus ini.

nokia-803.jpg

Rumornya makin hangan menjelang MWC tanggal 27 Februari ini, banyak analis yang meyakini nokia akan mengenalkan penerus nokia n8 itu disini, dan nama nokia 808 PureView muncul disini, sehingga orang yakin tagline PureView ini adalah suksesor nokia n8 tersebut. Dari sketsa diatas, seseorang bernama brian merender kemunkinan model nokia 808 PureView seperti dibawah.

front.jpg

Seseorang bernama dsmobile, yang selama ini selalu merumorkan hal tentang nokia di mnb, sebelum hal itu ternyata benar (sehingga diyakini dia orang dalam nokia), kembali nyeletuk di mnb:

No info about the screen. But Camera’s resolution is …. crazy.

Resolusi kamera dikatakan GILA, jika resolusinya dikatakan GILA, mungkinkah bakal sama kaya resolusi Titan 2 yang 16 megapixel? Rasanya tidak…., sehingga muncullah dugaan kameranya beresolusi 24 megapixel (walaupun menurut saya dari sketsa itu, benjolan dibelakang mestinya terlalu kecil buat 24 mp). Tapi ingat, resolusi besar bukan jaminan kualitas bagus, tapi kita tau nokia sealau membuat ponsel kamera kualitas terbaik.

Sebenarnya bukan resolusi besar yang dinantikan fans nokia n8, tapi ukuran sensor besar, dan memang elop telah memastikan sensor di penerus nokia n8 akan lebih besar (pdhl kompetitor nokia belum ada yg sebesar nokia n8 sensornya). Lampu xenon tentu tetap jadi harapan, dengan harapan ada tambahan flash led buat video. Dan tentu yang paling ditunggu adalah seperti apa true zoom yang sudah disebut2 sejak akhir 2010 lalu (tentu harapannya adalah optical zoom). Plus perekam video dengan resolusi 1080 yang serius, bukan 1080 pada kebanyakan ponsel droid yang kualitasnya ternyata msh dibawah 720 nokia n8.

Beberapa rumor baik tentang nokia 808 ini diantaranya adalah layarnya yang jadi 4 inci, adanya nfc, pake procie 1,4ghz dan menggunakan symbian carla. Well kamera di nokia lumia terbukti mengecewakan karena pakar nokia membuat alghoritma kamera ini di symbian sehingga implementasinya di windows phone masih belum bisa seperti di symbian, jadi hampir pasti nokia 808 PureView menggunakan OS Symbian Carla. Catat bahwa, resolusi 24 megapixel di nokia 808 hanya spekulasi saja (walaupun bisa jadi benar juga).

Berita sedihnya, mungkin nokia 808 PureView adalah symbian terakhir nokia, sehingga nokia ingin memberikan hadiah terbaik kepada para fans nokia. Tapi semua itu masih merupakan rumor, cuma dua hal yang pasti karena dikonfirmasi oleh nokia, yakni True Zoom dan Ukuran Sensor Besar, tapi ingat dua hal itu tidak dikatakan akan hadir langsung di Nokia 808 PureView.

Kita tunggu saja kebenarannya di MWC tanggal 27 februari ini, silahkan follow twitter saya jika ingin cepat mendapatkan rumor dan info ponsel2 nokia yang akan hadir di MWC besok. Saat ini baru ada 8 rumor ponsel nokia yang akan diperkenalkan di MWC, dan semuanya belum ada yang resmi dari nokia, jadi stay tune:
– nokia 808 pureview
– nokia lumia 910
– nokia lumia 730
– nokia lumia 610 *ponsel murah WP
– nokia asha 302 *penerus nokia c3
– nokia asha 203
– nokia asha 202
– nokia 305

sumber: mnb , symbiantweet

UPDATE

Nokia ternyata telah mendaftarkan istilah PureView sebagai Trademark-nya, so kata PureView sudah resmi dan bukan rumor lagi.

sumber

follow my twitter: @adit38

Iklan

68 comments on “Nokia 808 PureView | Penerus Nokia N8 dg 24 Megapixel + Optical Zoom

  1. waw waw, menakjubkan kalau benar 24 mp. Kira2 sekali foto memerlukan berapa mb mas? Lalu rekam videonya juga besar sekali ya?

  2. gila sampe 24mp.makan bnyk memory data bwt nyimpan nya.5mp aja udh hmpir 3mb.gmana 24mp?bisa 20mb kali skali foto.bner2

  3. padahal dah bagus 1 tombol menu kayak N8 dan E7, kok jadi 3 tombol lagi. Tapi mudahan aslinya gak kayak sketsa diatas. Ditunggu update nya mas.

  4. Hohoho…Mantabs banget kalo bner. Tp harganya jg mantabs tuh. Wah, sekali jepret brapa MB yg dbutuhkan tuh? Kudu memorinya jg gede buat video nya. Iya ya, 1080p di andro2 biasa aja, msh bgus 720p nya N8, dkira aq za yg salah lihat? Hehe

  5. haduh…
    spek super tp kok di bayar dengan bentuk begitu ya..
    bentuknya kyk silangan dr c6-01 dan c6-00
    semoga sebenarnya lebih keren…

  6. sensor camera gunanya buat apa to?kok kayaknya lagi hot
    nb:benjolan cameranya lebih besar ketimbang perut gendut saya:p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s