Tarung 12 Megapixel: Kamera Sony Xperia S Mengungguli Nokia n8

nokia-n8-and-sony-xperia-s-back.jpg

Ponsel pertama sony, Xperia S yang berkamera 12 megapixel baru saja diadu head to head dengan nokia n8 oleh dialaphone. Dan Xperia S memenangi pertarungan itu !!

Tiga aspek yang diadu oleh dimobile yakni: Point-and-Shoot Mode, Landscape Mode dan Macro Mode. Dalam ketiga aspek tersebut, xperia s memenagi semuanya. Detailnya bisa kamu lihat di dialaphone . Pertarungannya bisa kamu saksikan langsung di youtube: klik untuk menonton

Tapi perlu dicatat bahwa kebanyakan yang direview adalah Interface kamera seperti kecepatan start kamera atau mensetting manual shoot-nya. Tidak begitu jelas apakah kualitas gambarnya memang menang xperia s atau tidak. Tapi memang tak dipungkiri sony xperia s memiliki kamera mantap, terutama di interfacenya.

Yang menarik, karena kebanyakan yang dibandingkan adalah interface kamera, nokia n8 yang digunakan masih pake symbian PR 1.0, padahal symbian anna sudah PR 1.2 dan symbian belle pake PR 1.3. Yang dalam pengamatan saya interface kamera nokia n8 sudah berubah drastis dari PR 1.0 sampai PR 1.3. Dan jika kita perhatikan video di youtube, saya koq melihat hasil foto xperia s rada pink ya? Atau mata saya sudah ga bagus nih…., untuk pastinya mengenai adu kualitas foto kedua ponsel, mungkin ada baiknya kita menunggu review dari pihak ketiga macam gsmarena.

Sebagai seseorang yang mulai menyukai ngoprek hape saat menggunakan sony ericsson k700 (dulu fans sony ericsson), saya senang akhirnya sony membuat ponsel kamera yang kompetitif lagi sejak k800. Tapi karena xperia s belum dijual, mungkin saja momen mereka ini bakal terganjal oleh rumor beredarnya penerus nokia n8, nokia 808 PureView di akhir bulan ini, yang rumornya berkamera 24 megapixel. Cek detail rumor nokia 808 disini .

follow my twitter ya: @adit38

114 comments on “Tarung 12 Megapixel: Kamera Sony Xperia S Mengungguli Nokia n8

  1. aku tetep percaya pada kamera jadulku canon a510 hehehe walau cuma 3,2 mp tapi mumpuni tajam dan terpercaya untuk macro apalagi di tambahin lensa pembesar yang buat servis hp di jamin setara sama DSLR low entri level maklum belum mampu beli yang agak mendingan dikit

  2. Saat jepret close-up di N8, si penjepret cm make auto-mode (keliatan di video-nya) lha jelas ajalah blur…
    N8 ga sedia fitur utk berganti otomatis ke macro-mode sedangkan settingan auto-mode di Xperia S mungkin memiliki range fokus yang lebih dari auto-mode N8 (jarak terpendek dari objek utk macro mode di N8 sekitar 7-10cm dari objek. mungkin Xperia S bisa lebih dekat dari N8) atau Xperia S punya fitur berganti otomatis ke macro-mode.
    selain itu, teknologi layar si Xperia S jauh lebih baik dari N8. klo hasil jepret dibandingin di layar hape langsung, N8 akan terlihat inferior dibanding Xperia S.

  3. Heloooooo…fans nokia, Xperia S membawa sensor yg mematikan kasta kamera kaleee,, Exmor R jelas lebih oke…tabloid pulsa aja uda bilang Exmor R emang bagus, bgt juga dgn klan Xperia lainya yg kalian2 pada jelek2kan

  4. N8 lah,lebih natural… back to nature.. supaya bs macro otomatis pake aja kamera pro dapet dari nokia store..cm 10k.. vidionya jg 30fps. ya pnya kekuranga dan kelebihan masing2.. kekurangan nokia n8 sebagai pemiliknya sy bilang aja di cahaya rendah,
    beres kan

  5. xenon flashnya juga burem klo di sinar lampu dalam mode otomatis.. siapa yg punya sony xperia s berani g bilang kelemahan hp lo? n8 klo di perbesar maximal gambarnya masih bening.

    • betul bang, ane pake xperia sl, kameranya agak payah kalah jauh dalam pewarnaan sama ketajamannya cuman bagus layar hp doang

  6. ngakak saya bacanya .
    ternyata dsini fanboynya nokia .
    ga pernah mau mengakui kehebatan produk lain .
    dulu saya cuma senang make nokia (bukan FANBOY!) alasannya karena makenya simple, dan juga dari segi kamera dahulu saya kira nokia paling bagus, ttapi setelah saya membeli hape nokia N85 (5mpix, carl seiz) hasil kameranya pada malam hari tampak sangat mengenaskan, dan juga dr segi auto fokusnya sangat-sangat kurang.
    bila dibandingkan dengan LG KU990R (5mpix, schneider lens), dapat dilihat dengan jelas kalo LG KU990R menang telak dari segi autofokus dan mode malam)

    -CLEAR-

    lalu terakhir saya mau membeli hape high end, dan pilihannya adalah XPERIA ARC dan NOKIA N8.
    saya tau kalo waktu itu NOKIA N8 adalah kamera dengan pixel terbesar dan hasilnya mengalahkan soner satio yang sama2 12mpix .
    tetapi hasil kamera tidak bisa dilihat dari segi pixelnya saja, tetapi MAN BEHIND THE GUN.

    fine, back to topic .
    tetapi ketika saya adu dari kedua hape (arc dan N8) saya mengakui nokia n8 memiliki hasil yang baik tetapi ARC jauh lebih baik.
    WHY ?
    pixel besar hanya keliatan bila di ZOOM, ga percaya “BUKTIKAN”
    tidak hanya pada segi kamera, tapi dari segi video juga, dan lagi2 ARC menang, walau sama2 merekam dengan kualitas HD, tapi tidak dipungkiri kalo hasil pada ARC jauh lebih detail, dan warna yang hidup hal ini dikarenakan adanya fitur bravia engine dan sensor exmor.

    emang nokia N8 bagus tetapi tidak bisa dibandingkan dengan xperia S.
    selain beda zaman juga karena XPERIA S emang sangat AMAZING !

    saya bukan SONY FANBOY, cuma saya hanya mengatakan yang sebenarnya.

    • asemmmm bnget komennya…
      baca dlu gan smua catatan bang adit.. mangnya bang adit ga prnh mngakui khebatan produk lain? jga jgn agan mngira fanboy nokia dgn sepatah duapatah komen trus lngsung prcaya aja.. smua artikel bang adit ada smbernya.. mngkin gan blm baca smber? sy yakin psti sdh mmbacanya.. tpi klo mau komen yg pedas2, lngsung aja di sumbernya. bang adit hnya merangkum sumbernya trus di publikasikan d blog ini.. gitu gan

      • pada artikel ini saya sudah menonton videonya .
        dan hasilnya memang Xperia S kualitasnya diatas N8.
        sedangkan dibandingkan dengan XPERIA ARC saja untuk kualitas foto dan video masih lebih baik dari N8 (ini perbandingan tanpa melihat hasil ZOOM maksimal ya).
        knapa masih dikatakan kalo bagusan N8 bro .
        sekedar liat dari web perbandingan lainnya, kualitas foto N8 warnanya sedikit PUDAR (BUKAN TERANG) .

        walau saya komen begini , saya bukan SONY FANBOY, saya juga memiliki hape NOKIA , saya hanya tidak ingin hanya karena BLOG ini orang yang ingin membeli hape dengan kamera2 terbaik mulai menjadikan blog ini (NOKIA FANBOY) sebagai patokan kalo N8 emang raja dikelasnya (padahal bukan) !

        • siapa yg bilang n8 hrs jd patokan buat hp kamera super? ingat ini kan blognya bang adit dn brsifat pribadi, trserah bang adit dong mau posting artikel ttg brand favoritenya…
          kmu tdk mau org2 mmbeli n8 ato hp dgn kmera super dr nokia kan? itu trserah orgnya yg mau beli dong.. ga hrus juga ada patokan utk mmperkuatnya… gitu brother neutral men…

    • stuju bung, klo mslh kamera sma layar sony ga ada tandingannya, arc slh satu best camera phone versi EISA, tp emg gw akuin kualitas kamera arc sangar bgt, ampir bsa d setarain sma kamera digital, dgn bntuan sensor exmor R bsa mengambl gmbr d t4 yg minim cahaya, gw jg stuju megapixel bkn patokan sbg kualitas gmbr, soalnya megapixel cma berfungsi pas d zoom ato d cetak, sisanya tergntung sensor kamera itu sndr, tp gw msih penasaran kra2 unggul mna y arc vs xperia s, pertarungan 2 sodara, pny sensor sma cma bda d megapixel 😀

      • kalo arc vs xperia s , saya gatau mas .
        soalnya saya sendiri belum pernah ngecompare dgn xperia s (belum ada unitnya sih)
        tapi kalo dari bentuk, masih lebih bagus xperia arc menurut saya gan, lekukannya seksi abiss.

  7. Hoi…..kalian mau beli hp apa kamera sih…..
    Sudah lah Ngga usah bela satu produk, apa untungnya bagi kita, kalau mau ulasan dan hasil ponsel datang aja di gsmarena.Com
    Di sana Ngga jelek jelek ini satu produk.
    yang suka nokia silakan, penggemar sony silakan. Jangan mudah percaya sama perbandingan yang dilakukan oleh seseorang, lebih baik kita bandingkan sendiri.

  8. Sesama hape kampung pada narsis bagus2an foto, gak penting itu! Paham! Kalo mau foto bagus ada kamera digital! Paham!
    Gak berguna itu kamera 12 megapixel di hape kampung.
    Semoga kalian semua paham!

    • mas boy , ngomong pake otak dong .
      kalo emang xperia S dan N8 hape kampung , trus hape kotanya gmana?
      IDIOT BANGET !

      ngapain beli camera digital kalo kualitasnya kalah sama handphone ?!
      hasil foto dan video rekaman camera digital teman saya malah tak bisa nandingi ketajaman foto dan video di hape xperia arc saya !
      apa masih mau beli camera digital yang kualitasnya kalah dari handphone ?!
      hape (camera + komunikasi + entertainment = lengkap)
      camera digital (camera doang)

      #dalam kasus ini CAMERA DIGITAL bukan DSLR !

  9. PISS….jangan pd berantem…ak pengguna SONER & NOKIA, menurutku keduanya bagus…masing-masing punya kelebihan & kekurangan….

  10. menurut ane perbandingan nya kurang adil. soalnya software symbian masih yang terdahulu. pengaturannya juga lengkapan nokia. sedangkan dalam pencahayaan, xenon flash lebih baik kualitasnya dari pada LED. tapi kenapa di sony lebih bagus ? atau lebih detail ?
    itu karena rsolusi layar yang digunakan berbeda. karena di nokia cuma 360 x 640, sedangkan untuk sony 720 x1280. kalaiu mau bandingin buka foto dari kedua ponsel di komputer. saya rasa itu lebih adil.

  11. sony xperia s payah kameranya, fokusnya sering error, pewarnaan juga kalah ma si n8 yang jadul, waktu buat foto dalam kondisi kurang cahaya si xperia s punya banyak noise, exmor r nya kalah ama xperia arc tuh

Tinggalkan Balasan

