Multitasking di Windows Phone Mango | Cukupkah??

nokia-lumia-800-multitasking.jpg

Peluncuran windows phone 7 dapat kritik pedas dari para pencinta smartphone, karena ketiadaan multitasking. Tapi hal itu telah diperbaiki, karena sekarang windows phone ada multitasking ala ‘iphone’.

Oke, multitasking di windows phone tidak ‘real multitasking’ seperti di symbian atau android, dimana aplikasi yang di minimize akan ada dalam posisi idle, tidak running seperti di symbian dan android. Dan tidak cuma itu, jumlah multitasknya pun cuma dibatasi 5 slot. Disini 5 slot tidak mesti 5 aplikasi, karena aplikasi youtube mengambil jatah 2 slot. Untungnya beberapa aplikasi kaya mucsic player tidak idle klo di minimize.

wp7mt-348x196.png

Saya pribadi sih biasanya wajib multitasking aplikasi operamini, gravity, email dan wordmobi non stop 24jam. Kalo lagi kerja di hape, bisa lebih banyak. Sejujurnya klo saya harus pakai windows phone, minimal 10 slot lah yang dikasi.

Kenapa musti ‘semi-multitasking’? Nampaknya alasan klasik jadi sebabnya: menghemat RAM dan menghemat batre!! Coba perhatikan ‘penguna biasa’ sering ngeluh hapenya hang atau lemot, ternyata sebabnya mereka sering tidak menutup aplikasi sehingga RAMnya habis. Begitu muncul ponsel yang ga pake multitasking langsung berakibat ‘pengguna biasa’ ini bilang hape baru itu hebat, tidak pernah hang atau lemot kaya hape lama. Luar biasa lah, ketiadaan multitasking malah buat hape tsb banyak pujian (pengguna biasa banyakan dari yg smart kan?). Padahal di ponsel android baru atau nokia belle, real multitasking ini udah mantap. Oya, rekor multitasking terbanyak pun masih dipegang ponsel jadul nokia e5 yang mampu multitasking 74 aplikasi.

Yah semua kembali ke pengguna, jika ingin real multitasking pilih android atau symbian, klo semi-multitasking pilih iphone atau nokia lumia yang pake windows phone. Kamu sendiri suka yang mana??

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

60 comments on “Multitasking di Windows Phone Mango | Cukupkah??

  1. Artikelnya sangat menarik Pak Adit.
    Terima kasih atas ilmu dan infonya.
    Semoga dengan saling berbagi ilmu, amal Pak Adit bertambah juga.

    Kalau berkenan izinkan saya untuk….

    *ngacir*

  2. Multitasking paling sempurna itu emang ada di symbian, dari s60v3 sampai belle semuanya jago multitasking
    kalo android pengalaman ane, udah pake high end macam gtab7plus, kewalahan multitasking 5 biji aja udah pake acara force closed, apalagi kalo buka game, dan yg pasti di android batere jadi cepet habis, mungkin juga karena os nya yg memang terkenal rakus

    sementara wp keknya lebih parah dari android, sempet coba live unit lumpia 800 dan 710, cuma bagus di desain fisik hapenya

  3. bukannya N9 yang paling banyak ya multitasking? cmiiw..
    sempet nyobain playbook, cuma sanggup 12 aplikasi, yang ke 13 aplikasinya ga mau kebuka :ngakaks
    kemaren sempet mainin lumia, kebingungan kenapa ga bisa di multi tasking, ternyata baru tau skarang kalo ga real multi tasking hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s