Kamera adalah Fitur Paling dibutuhkan pada sebuah ponsel setelah Sms & Telpon

nokia_n73_cameraphone.jpg

Ternyata kamera adalah fitur yang paling banyak digunakan pada ponsel setelah telpon dan sms, jauh diatas internet maupun donlot aplikasi dari market.

Setahun terakhir fakta menunjukkan 85% orang menggunakan hapenya untuk ber-sms ria, 83% menggunakannya untuk menelpon, dan 71% orang menggunakannya untuk foto-foto, dan hanya 32% yang memakainya buat internet. Menggunakan aplikasi jauh dibawah lagi (sumber: tomiahonen ). Saya tidak menemukan kebutuhan orang akan processor dual core di survey tersebut, xixixi….

241857-shot-with-a-nokia-808-pureview-smartphone.jpg

Ya saya dan kamu menganggap kebutuhan internet maupun install aplikasi jauh lebih penting dari kebutuhan akan kamera, tapi kita adalah minoritas dimana mayoritas menginginkan fitur kamera pada ponselnya lebih dari yang lain (untungnya rata-rata ponsel sudah support semuanya). Fakta menarik, keberadaan kamera pada ponsel dituduh sebagai merosot tajamnya penjualan kamera digital saku 1 tahun terakhir ini (sejak munculnya n8 nampaknya), apalagi kamera saat ini telah beralih fungsi jadi untuk kebutuhan sosial seperti sharing ke social network (sumber: okezone ).

Menyadari akan hal itu tidak aneh kalo nokia selalu berusaha menjadi leader dalam membuat ponsel dengan kemampuan kamera terbaik, terakhir nokia 808 pureview ingin menunjukkan bahwa ponsel pun bisa memfoto sekelas kamera DSLR. Sayangnya kamera canggih membutuhkan orang yang pintar untuk mengoperasikannya, survey menunjukkan 90% orang tidak tau apa itu autofocus bahkan banyak yang menganggap autofocus malah bikin foto buram (sumber: Survey: 90% tidak paham fitur AF ), oleh karena itu nokia melahirkan kamera fixed focus dengan teknologi edof buat mayoritas tadi dan ponsel kamera high-endnya buat yang mengerti teknologi autofocus.

e72vscamdig.png

Satu pertanyaan menarik…., apakah kamu sendiri cukup dengan keberadaan kamera pada ponsel atau masih tetap membutuhkan kamera digital saku? Ceritakan disini mana pilihanmu dan alasannya ya….

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

71 comments on “Kamera adalah Fitur Paling dibutuhkan pada sebuah ponsel setelah Sms & Telpon

  1. dengan hp yang berfitur kamera setara slr, bisa telp, bisa sms, bisa internetan, setel lagu,, dan lain2 saya rasa hp itu dah sangat lebih dari cukup. mungkin jika diwadahi dengan penyimpanan yang besar… itu wes sangat komplit… kerja pake hp?? kurang nyaman,,,, ngegame pake hp?? kurang nyaman…. maen poker facebook pake hp?? kurang nyaman… instal2 aplikasi? untuk apa?? rata2 para developer sudah menyediakan kebutuhan secara umum… jadi riset diatas memang betul adanya.. ntah lagi kalo menyasar maniak hp dan suka doyan utak atik hp… mungkin mereka pada ga setuju ama riset diatas… 😀

  2. simple dan praktis. HP menyediakan segalanya. dulu kita hanya bisa bermimpi mempunyai satu alat dengan multi fungsi dan sekarang udah terjadi. teknologi terus berkembang seiring jaman.
    tinggal tunggu titik balik peradaban dimana kita kembali hidup di jaman purba. heheheh

  3. untuk saat ini mgkn cukup dengan camera hape, walaupun kalo punya digital camera pocket canon itu lebih bagus.
    tapi klo punya N8, itu sudah lebih dari cukup.

  4. tapi mengapa yg autofocus harus yg high end? kalau dibikin fitur auto focus bisa on/off di hape middle end, itu kan lebih baik… jd bs lebih terjangkau u/ dapat fitur autofocus & mayoritas pengguna juga bisa mudah menggunakannya jika tidak ingin fitur autofocus.

  5. klo menurut aku kamera ponsel udah ckup untuk jeprat-jepret sehari2..
    tp ttap tidak bsa d pungkiri kamera ponsel di bwah 2 jt’an hsil ny msih krang memuaskan..
    beda sm kamera digital yg d bwah 2 jt’an yg notabeny emg d fokuskan untuk fto..

    jd ya tergantung opini dan kepuasan masing2..

    salam kekeluargaan symbian..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s