Iklan Pada Aplikasi Android Menguras 75% Batre-nya | Tips Mengatasinya

dead-battery.jpg

Penelitian dari Universitas Purdue berhasil mengungkap bahwa iklan pada tiap aplikasi android lebih banyak mengkonsumsi energi ketimbang aplikasinya sendiri.

Bayangkan, jika kamu menjalankan aplikasi atau games android, selalu dibarengi iklan yang cukup mengganggu, maen angry bird asik-asik tiba-tiba muncul iklan tentu mengesalkan. Tapi itu bukan yang paling parah, dari total energi yang dipakai oleh aplikasi dan games tersebut, hanya 25%nya yang dipake aplikasi / games itu, 75% energi justru dikonsumsi oleh iklan tersebut. Okelah ada iklan, tapi bikin batre tambah parah???

gsmarena_001.jpg

Kenapa bisa iklan itu menguras energi? Begini cara kerjanya, aplikasi atau games menggunakan gps-mu untuk mendeteksi lokasimu, kemudian mengirim data lokasi ke internet untuk mengunduh iklan yang sesuai lokasi untuk ditampilkan di games atau aplikasi tsb. Jadi kebayang kan kalau GPS dan Internet aktif juga, maka games dan aplikasi akan sangat menguras batre (jangan-jangan untuk kepentingan ini maka android butuh processor dan ram gede?).

Jangan khawatir, ada solusinya untuk mengatasi ini, pertama-tama sebelum maen game atau menjalankan aplikasi, pastikan setting akses mobile data dimatikan, demikian juga gps-nya. Tapi solusi ini akan membuat kamu kehilangan push email, real time notifikasi fb & twitter dan sejenisnnya, dilema sekali kan….? Cara lain adalah dengan me-root hapemu lalu menginstall aplikasi adfree atau sejenisnya, walaupun aplikasi adfree ini juga mengkonsumsi batre dan ram, tapi tentu tidak separah jika iklannya ada.

Sumber: GSMArena

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

42 comments on “Iklan Pada Aplikasi Android Menguras 75% Batre-nya | Tips Mengatasinya

    • iya sy tau itu, tpi knapa c6-01 ga d turunin jg? kan aneh… mmangnya hrga c7 bakal naik lgi kaya biasa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s