Marko Ahtisaari: Evolusi Smartphone Baru Saja Dimulai

marko-ahtisaari.jpg

Marko Ahtisaari, vice president dari nokia desain menceritakan tentang iphone, android, symbian dan windows phone yang menurutnya masih belum sempurna.

iPhone dikatakan belum berevolusi banyak, seperti punya rumah yang bagus, tapi dari dapur jika hendak ke ruang tidur kita mesti melalui pintu depan lagi (mulai diperbaiki di iphone 4). Android dan symbian digambarkan seperti memiliki ruangan tersendiri dimana kita bisa mengatur perabotannya sesuka kita sehingga bisa melakukan apapun di ruangan itu (maksudnya di homescreen kita bisa pasang shortcut dan widget, sehinggahampir semua kegiatan bisa kita kerjakan dari homescreen). Sementara winddows phone katanya hadir karena orang menginginkan pola baru di smartphone.

Tapi satu kelemahan hape-hape layar sentuh itu kata Marko Ahtisaari, saat mengoperasikannya kita harus nunduk memandangi layar hape, alias butuh atensi dari kita untuk mengoperasikannya.

Marko Ahtisaari mengatakan tak lama lagi akan hadir ponsel touchscreen nokia yang tidak perlu atensi tinggi untuk pengoperasiannya, bayangakan pake hape alfanumerik dulu kita bisa ngobrol menatap mata teman-teman kita sambil tangan mengetik sms, cuma ini di hape layar sentuh.

Haha…., jika nokia ini muncul, saya akan rela melepas nokia e51 saya yang belum tergantikan oleh e72, n8 dan yang lainnya. Bayangkan, selain e51 (dan alfanumerik lainnya), saya mesti balas twitter atau sms menundukkan kepala seperti orang2 di mall yang asyik mainin hape layar sentuh atau Blackberrynya, kepalanya tertunduk terus menatap hapenya kesannya, tidak peduli lingkungan.

Thats what i call evolution

UPDATE

Ternyata proyek ponsel ini jauh sebelum nokia menjalin kerja sama dengan microsoft, ini dilihat dari tanggal artikel dari komentar Marko Ahtisaari yang dikutip guardian dari archive nokia conversation tahun 2010 (baca artikel disini: Live at LeWeb ). Jadi ini BUKAN Ponsel Nokia pake OS Windows Phone ? Menarik…..

follow my twitter ya: @adit38

Sumber: guardian

Iklan

22 comments on “Marko Ahtisaari: Evolusi Smartphone Baru Saja Dimulai

  1. Ini projectnya untuk Symbian Carla ke atas, saya ada download videonya penjelasan Symbian Belle yang mana salah satu petinggi Nokia yg cewe / designer Belle bilang mereka merintis Belle sebagai awal meniadakan kosentrasi user ke hape, jadi lebih interaktif dengan orang disekitarnya tanpa harus terlalu nunduk liat hape. Ada koq di youtube channel Nokia. Cari saja soal Belle, ada tuh dibahas arah ke sana.

  2. mas adit, met hari raya nyepi ya.. Semoga berkah dan tmbah sukses.. Dan semoga kdepannya artikelnya semakin bagus, menarik, dan berbobot..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s