Persentase Pengguna Symbian Justru Melonjak Setahun Terakhir dan Tetap Nomer 1

microsoft-apps-symbian-belle.jpg

Ternyata symbian masih OS paling banyak digunakan, bahkan persentasenya naik dari tahun lalu.

Data dari Maret 2011 sampai April 2012 menunjukkan symbian selalu berada di nomer satu untuk jumlah pengguna (bukan market share penjualan per quarter loh). Bahkan kalo kita perhatikan, sejak februari 2012 sampe april 2012, jumlah user symbian menanjak dan jumlah user android dan iphone menurun terus. Kita tahu februari 2012 adalah saat belle hadir di n8 dan kawan-kawan, kebetulan kah? (sumber: Stat Counter via MNB

screen-shot-2012-04-02-at-14.58.56-600x376.jpg

Windows Phone? Nyaris tak terdengar…., tapi nampaknya akan tetap begitu karena diperkirakan hasil penjualan windows phone baru akan terlihat sukses atau tidaknya di Q3 tahun ini, penjualan besar-besaran windows phone oleh nokia baru akan dimulai tanggal 8 april. Tapi ada yang patut dicatat, dari total user OS di markas nokia di Finlandia (walaupun kotanya nokia, sejak lama di finlandia symbian ditinggalkan shg android dan iPhone jadi raja disana) pada rentang waktu februari 2012 sampai april 2012, semua OS turun teratur, dan cuma satu OS yang menanjak naik. Tebak OS mana itu?

screen-shot-2012-04-02-at-15.01.09-600x389.jpg

Walau persentase total user symbian makin didekati kompetitor selama setahun ini, ada yang menarik perhatian saya di rentang waktu februari 2011 – april 2012, jumlah penjualan symbian yang sudah sejak tahun lalu selalu dikalahkan android, bahkan juga kalah oleh iPhone sedikit bertentangan dengan persentase total user. Persentase penjualan yang signifikan lebih besar belakangan ini dari symbian koq tidak berakibat persentase total user android maupun iOS yang meningkat. Bahkan malah turun dibandingkan total user symbian yang makin naik.

Mungkinkah banyolan di youtube kemaren (cek ke youtube: FRAGILE ) yang mengatakan klo smartphone selain nokia pasti beli berkali-kali karena smartphone kompetitor yang fragile (cepat rusak) benar adanya? Sehingga penjualan yang signifikan kompetitor bukan berarti total usernya bertambah tapi user lamanya yang beli lagi karena yang lama rusak (atau malah bosan?).

Punya tambahan opini, atau opini yang berbeda dengan saya? Sharing di komentar dibawah ya…

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

56 comments on “Persentase Pengguna Symbian Justru Melonjak Setahun Terakhir dan Tetap Nomer 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s