Blown Away By Nokia Lumia: iPhone, Blackberry dan Android diKacangin Lumia 800

_415201224734.jpg

Sebuah promosi yang sangat agresif dilakukan nokia dimana terang-terangan campaign “Blown Away By Nokia Lumia” membuat user iPhone, Blackberry dan Android mengakui kekalahannya dari Nokia Lumia 800.

Sebenarnya campaign ini merupakan clone dari Smoke by Windows Phone, cuma lokasinya khusus di India. Kompetisi dilakukan di mall, kampus, pub dan tempat umum lainnya di india untuk menantangi pengguna iPhone, blackberry maupun android untuk adu hebat. Ratusan orang telah menantang nokia lumia 800, dan 94%nya dimenangi nokia lumia 800. Beberapa videonya diupload ke youtube oleh nokia india untuk bisa kamu saksikan disini:

Youtube Nokia India

Ada tiga video yang cukup lucu bagi saya, pertama adalah video berjudul three beauties in kolkata, saat tiga cewe yang pake iphone (4s?) dan blackberry terpaksa mencium pegawai nokia karena hapenya kalah cepat dari lumia 800.

scr000008.jpg

Yang kedua adalah video berjudul you can run, but you can hide, dimana seorang pemilik blackberry langsung kabur setelah tahu blackberrynya diasapi oleh nokia lumia 800.

scr000009.jpg

Yang ketiga adalah video berjudul Typical Dehli Couple dimana si cowo pengguna samsung galaxy s II yang ingin pamer ke pacarnya bahwa dia akan menang di kompetisi itu, malah kena semprot cewenya karena android dual corenya dikadalin sama nokia lumia 800 dg perkataan I told you, your phone was a whorthless piece of sh*t .

scr000011.jpg

Sebenarnya marketing agresif nokia ini ingin menyampaikan kemampuan social networknya nokia lumia yang lebih simple, lebih cepat dan lebih fun. Sebuah tips mengatakan jangan kamu tantangi nokia lumia dalam urusan facebook atau internet, karena hampir bisa dipastikan kalah (nokia lumia 800 dijuluki “The Real Facebook Phone”). Makanya tantangan mengupload foto ke facebook, update status di facebook atau mengomentari wall teman semua dimenangi nokia lumia 800.

Walaupun campaign ini disahkan oleh nielsen, tapi etiskah apa yang dilakukan nokia ini? Samsung secara resmi mengatakan keberatan. Menurutmu sendiri etis atau tidak?

follow my twitter ya: @adit38

Sumber

Iklan

128 comments on “Blown Away By Nokia Lumia: iPhone, Blackberry dan Android diKacangin Lumia 800

  1. Menurut saya mas, tidak terdapat pelanggaran etika pada gaya komunikasi pemasaran nokia ini.
    Pertama, Nokia tidak membohongi konsumen dengan penyampaian informasi palsu dari produknya (lumia). Justru nokia melakukan pembandingan/komparasi teknologinya secara langsung dengan khalayak banyak yang menggunakan produk kompetitor.
    Kedua, kesadaran konsumen terhadap produk Nokia dibentuk dengan cara
    logis dan dapat diterima tanpa ada pemaksaan.
    jadi posisi Nokia tidak melakukan pemaksaan penjualan terhadap calon konsumen.
    Dan yang terakhir masalah moralitas atau etis atau tidaknya dikembalikan pada prinsi/perilaku setidap individu dalam sebuah bangsa. Etika adalah refleksi terhadap moralitas atau tatacara/tingkah-laku yang dianggap baik oleh suatu kaum. Nah, dalam hal ini India sendiri telah menyetujui/melegalkan perilaku tersebut karna tidak bertentangan dengan moralitas menurut pandangan mereka.

    Jadi mas adit, menurut saya dari ketiga hal diatas, tidak terdapat celah yang memberatkan Nokia bahwa komunikasi pemasarannya melanggar etika mas.

    Correct Me If I’m wrong.

  2. saya suka dgn koment anda zalx.
    Sip,mantap!
    Btw kapan mulai nulis blog nya lagi zal?
    Masak,masih ke asikan nulis komen diblog bung adit….

  3. yg udah2 c setau saya dlu nokia itu gak pnh yg namanya menjelek2an produk laen.tp napa skrg disaat pnjualan nokia mulai menurun bs lgsg brubah.seakan2 produk nya lbh hebat n menganggap produk ato os laen lbh jelek..apakah ini mang tnda2 kalo nokia mulai galau n panik menghadapi gempuran produk laen ampe2 melakukan marketing dgn cara itu?hrznya nama sbesar nokia gak perlu melakukan hal tsb,toh nantinya jg knsumen yg akn menilai sndiri mana yg trbaik. #just opini

    • saia stuju “yg udah2 c setau saya dlu nokia itu gak pnh yg namanya menjelek2an produk laen” tapi inget hal itu muncul sejak kemunculan lumia jadi artinya……pasti ngertilah hehe

  4. dan walaupn skrg byk yg membeli lumia,menurut saya bkn krn kecanggihan dr windows phone tsb,tp melainkan krn knsumen lbh ingin mrasa coba2 sesuatu yg bru.mslh ntarnya enk ato gaknya,mkn itu blkangan..hehe..

  5. yg gak pernah pake hp nokia pasti jelek2in hp nokia, yg bermasalah sama hp nokia pasti jelek2in hp nokia, yg gak ngerti pake hp nokia pasti jelek2in hp nokia, yg bawaannya sentimen sama user nokia pasti bawaannya menganggap devicenya tingkat dewa, eeh sekalinya baterenya boros dan bluetooth bermasalah malah pinjem hp nokia… 😀

  6. wah iya sama persis kaya yang smoke by windows phone..
    saya sering mainin lumia temen saya. emank kalo mau update status ke fb tuh gampang en cepet banget, ga ribet deh pokonya.. notif juga real time.. cocok buat yang suka dagang di fb haha..
    kalo pemikiran saya sih harusnya lumia bisa laku buat orang2 indo yang hapenya suka dipake buat fb-an..

    • itu diakui menang oleh microsoft akhirnya gan, orang di storenya aja ngawur, jelas android menang itu.
      tapi…., pada kenyataannya menangnya android ya cuma segelintir gan, lumia menang telak.

      • menang segelintir sja di curangin smpe segitunya, apalagi menang telak.., itu barometer yg bisa dipakai utk mengukur kecurangan nokia gan, sekali curang, pasti yg lainya juga curang, so dg kata lain hasilnya bisa diperdebatkan..,

  7. ternyata Blackberry berpikir android dan apple iOS lebih ada masa depan dibandingkan WP.

    Bos BB bilang akan buat BBM untuk android dan apple.
    TAPI TIDAK UNTUK LUMPIA

    wakakakakak
    gimana si gaublulok addiitttditittt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s