Symbian Berakhir di Belle, Pilih OS Mana Jika Ingin Pindah?

gsmarena_001.jpeg

Symbian Carla dan Donna sepertinya tidak akan ada lagi, symbian akan berakhir di Belle, nantinya update symbian akan maksimal sampai FP1 dan FP2 dimana semua akan kebagian jatah, walaupun generasi nokia n8 hanya akan dapat versi Lite-nya saja. Nokia memang berjanji akan terus mendukung symbian sampe 2016, tapi berita ini sepertinya membuat symbian sama aja dengan OS mati. OS mana nih yang pantas kita pilih dengan kematian symbian?

Saya sarankan user symbian beralih ke android, bukan ke windows phone ataupun iOS.

Kenapa ke android? Karena symbian terkenal dengan kostumisasinya, terkenal karena enak di oprek, satu-satunya OS yang cocok untuk itu adalah android. WP, iOS, dan BB minim kostumisasi dan close OS. Jadi logikanya user symbian seharusnya pindah ke android….

Android dalam pandangan saya relatif lebih powerfull dari WP, hal itu sebenarnya bisa kita lihat dari kampanye mereka: Smoke by Windows Phone dan Samsung Street Chalange.

Smoked by windows phone menantang orang adu cepat seputaran facebook, twitter atau gps, sementara samsung street chalange yang mewakili android menantang orang masalah kemampuan officenya. Dari situ saja bisa dilihat bahwa kemampuan android (dalam hal ini adalah galnot) lebih “berkelas” dibandingkan windows phone.

Samsung street chalange memang gagal menyaingi smoke by windows, dimana smoked by windows telah berhasil membuat 100jt orang mengetahuinya di internet, 8jt orang ikut berpartisipasi di acaranya secara live, dan 50rb smartphone berhasil di asapi (dengan persentase 98%). Sementara samsung street chalange nyaris tak terdengar.

7164337580_54124cb0b3_b.jpg

sumber: ditii.com

Kenapa bisa kalah, karena banyak orang menganggap definisi smartphone adalah bisa facebook-an, dan nampaknya mayoritas demikian. Sehingga orang menonton beramai-ramai begitu ada acara smoked by windows phone, tapi tak peduli dg demontrasi kehebatan android, karena bagi mereka yang penting adalah fitur2 semacam facebook.

Lain halnya jika kamu dulu pake symbian bukan untuk ngoprek tentu pilihannya lain lagi.

Saya sendiri sebenarnya telah lama membeli android untuk mempersiapkan diri saat symbian benar-benar mati. Tapi entah kenapa saya seperti sudah di titik jenuh untuk ngoprek-ngoprek hape lagi (mungkin juga karena kesibukan dan anak saya yang sedang lucu-lucunya), sehingga seperti mubazir pembelian tersebut.

03022012220_1.jpg

Walaupun saya menyarankan user symbian beralih ke android, tentu pilihannya ada ditanganmu (apalagi kamu ga hobi ngoprek), yang penting beralih smartphone dilakukan kalau memang perlu.

Sebagai fans nokia sy tetap berharap lumia-nya sukses. Adakah disini yang beralih ke lumia dari symbian?

Sumber: gsmarena

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

194 comments on “Symbian Berakhir di Belle, Pilih OS Mana Jika Ingin Pindah?

  1. ku msh setia ma symbian, sekarang q pake nokia 700 belle fp1, kemaren katanya d grup symbian belle forum indonesia, belle fp2 udah ada, tapi tersedia cuma buat n701 aja baru sekarang.

  2. pernyataan symbian akan mati itu salah, ini hanya sebatas taktik nokia utk memasuki wp saja, pd kenyataanx nokia terus melakukn riset pngembangn trhadap os ini dan msh brjalan hingga saat ini. Nokia sigap dgn pndirianx berada pd jalur yg sama. Finlandia sarang nokia menyatakn itu.

  3. sekali cinta symbian ya tetap berdiri di symbian saja atuh.. (saya pribadi)

    Kalo android sm sekali ga tertarik.. Toh.. Nokia perusahaan lebih tua, dan yg pasti udah cinta banget sm Produk dr Nokia (Saya pribadi yah)

    We are Nokia Family and Symbian lover.. 😀

  4. sayangnya belle cm sebagian yg mendukung html5. dan, cm adode lite. itu masih kurang. ane sendiri user s60v5.jarang uprek2 hp sih ._.
    rencananya ane mau ganti ke WP. tp, stelah ane googling ternyata WP membingungkan. ngirim file sangat susah.
    jd pilihan ane akan jatuh ke android.. entah itu samsung, sony.

      • wp bukan produk gagal, tapi wp produk berkembang.
        android donat dulu juga banyak bug kali om.
        ga tau yah?
        hehehehe.
        froyo aja masih banyak bug.
        semua prodak berkembang itu cacat, namanya juga baru belajar.
        tar juga ente milih wp.

  5. Kata siapa symbian mati? Itu salah besar….symbian yang lebih bagus dari belle itu bakalan ada…bahkan digoogle udah ada bocoran tentang akan hadirnya symbian CARLA…..
    Gw tetap mencintai symbian…..
    Ayo nokia,tunjukan kalo symbian bisa berjaya lagi….

  6. Jujur aj ane mantan pemakai symbian ,,,,, tpi ane dah pndah ke robot ijo . Pertamanya ane ragu , bisakah robot ijo di oprek ???? Krna ane suka oprek” ,,,,, Trnyta robot ijo sangat sangat bisa d oprek , bhkan bsa lbih leluasa & bebas se bebas bebas nya ,,,,, kita bsa membuka + mengedit + menghapus + mengurangi + menambahi sesuka hti ,,,,,, gonta ganti rom ssuka hti , tnpa pc ,,,, overclock jga krasa bngt beda nya ,,,,,, klau symbian mah overclock cuma hiasan doang , kaga ngaruh sama skli di performa ,,,,,,,,, pokoknya gx nyesel deh pke robot ijo , kmu bsa bebas se bebas nya ,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s