Total User Windows Phone Naik 7x Lipat di Finlandia?

screen-shot-2012-05-26-at-11.21.43-600x382.jpg

Saya tidak percaya dengan yang namanya sukses yang instan, tapi saya seakan tidak percaya dengan data dari stat counter yang menunjukkan peningkatan jumlah user windows phone yang menggila dalam 3 bulan dari februari 2012 hingga mei 2012 di finlandia, peningkatan persentase hingga 7 kali lipat seakan menunjukkan lumia bisa sukses dengan cepat di finlandia.

Perlu kamu ketahui bahwa ini bukan penjualan atau market share, tapi jumlah total pengguna os windows phone. Jika februari 2012 masih tercatat 1% total user windows phone di finlandia, maka mei 2012 total user wp mencapai 7,5%. Lumia juga membuat nokia kembali jadi nomer 1 di finlandia pada pasar smartphone yang sebelumnya dikuasai android, dengan total user smartphone nokia sekarang adalah 41% (sumber: StatCounter ).

Memang total user symbian masih banyakan, tapi lumia lah yang punya peran penting dalam upaya nokia menguasai pasar smartphone di finlandia, tidak percaya, lets do the math.

Asumsi kita, dalam 3 bulan itu jumlah ponsel yang terjual 30% dari yang sudah ada. Jadi jika awalnya ada 100 ponsel, maka selama 3 bulan jumlah ponsel bertambah 30 menjadi total 130 ponsel. Jika februari cuma 1% total user lumia, artinya dari 100 ponsel, cuma 1 yang pake lumia.

Nah yang kita tidak tahu adalah seberapa banyak yang terjual selama 3 bulan, kita misalkan saja jumlah lumia terjual adalah X ponsel, akibatnya mei ini total user lumia adalah 1+X buah, karena total user mei adalah 130, maka (1+X)/130 = 7,5%. Dengan perhitungan sederhana didapat X = 8,75, artinya dari 30 ponsel yang terjual selama 3 bulan, 8,75nya adalah lumia, yang artinya market share-nya Lumia adalah 29% .

Ini tentu hanya di finlandia, bukan di seluruh dunia, tapi tren ini menunjukkan di tanah air nokia, kepercayaan penduduk finlandia kembali ke nokia setelah cukup lama dikuasai android. Taloussanomat bahkan mengatakan “Finland Find Nokia’s Smartphone Again” (sumber: taloussanomat )

marketlumiafinlandia.png

Dan baru saja nokia lumia 900 dan nokia lumia 610 launching di finlandia, tentu ini harapan nokia untuk kembali mendominasi kembali pasar finlandia seperti di Q3 2010 dimana nokia menguasai 76% pasar smartphone. (sumber: taloussanomat ).

Menurutmu apakah nokia bisa mengalahkan perperangan smartphone di tempat lain?

follow my twitter ya: @adit38

Iklan

87 comments on “Total User Windows Phone Naik 7x Lipat di Finlandia?

  1. bnr bgt..ada hp bgus n smooth trus pas diksh tau tp ga bs ngirim file lwt bt,ga bs gnti custom nada dering,ga bs multitasking,,pzt org akn manyun..pdhl itu cm fitur standar n kyanya di indonesia wjb ada kalo mw laku

    • wp ada multitasking gan, lagian mayoritas ga tau multitasking.
      lo tau ga di donut android ga bs kirim file lewat blutut, pasang ringtone mp3??? Nyatanya bisa laku juga kan…….., just need time.

    • Ini jamannya nfc dan internet unlimited, bluetooth udah ke laut !
      Kalo mau gonta ganti custom , pake aja andro, dan lo bisa abisin 1/3 hidup lo buat gonta ganti custom kaya cewe ababil umur 15 tahun
      Ga bisa ganti ringtone ? Tolol !!!! Kalo belum coba jangan komentar !!! Di wp bisa ganti ringtone apapun dasar idiot !!!
      salah satu devinisi smartphone adalah multytasking , multytasking di lumia adalah yang terbaik di antara os yang lain

      2012 kenapa masih ada orang bego

  2. ah, gak masalah kok fitur bluetooth toh bnyk media transfer lain ke lain device semata2 buat mencegah penyebaran aplikasi, konten bajakan. Dan pastinya juga buat mencegah masuknya virus. Saya juga gak mau transferan lagu ke platform android meski beda platform via bluetooth, takut kemasukan virus dan malware hehe.. Sarangnya virus dan malware kan ada di android yaaa..

      • lo ga baca banyak berita tentang mobile nampaknya.

        gini aja, kita maen logika: yang paling banyak pemakainya wajar kan plg banyak virusnya, nah di kompie kan paling banyak dipake itu windows, jd emang paling banyak mallware dan virusnya.
        Sementara di smartphone, android paling banyak, jadi malware ama virusnya lebih banyak

  3. oya,buat bro lumia fans.
    Walopun anda mati-matian membela os wp diblog bung adit ini,tapi sayang bill gates gak akan pernah mau menjadi kan anda staff di perusahaan mikocok nya.
    Hehehehehe….
    Any way,walopun jijay sama coment anda,jujur saja saya suka baca koment anda,soal nya lucu,norak,jablay dan ajib bgt,hehehehe….
    Peace bro lumia fans!

    • iya bener bgt bang zaxroel
      NORAK
      padahal alay droid udah diem smua
      gak cri masalah
      eh tp bang lumiafans masih cari rame aja nih
      gimana…spirit of peace nya mana?!?!?

  4. gw beli lumia 800 td,, hargany 4,7jt… ma’all.. tp sebanding sama fiturny.. gw ada galaxy S ii, tp bosan.. gw kira oprek2 rom itu asik,, ga tauny cuma ngabisin waktu, ujung2 cuma untuk osny jd bug,, sebagus2ny rom buatan orang, bagusan oficialny,, tujuan dibangun rom biar osny jadi cepet,, walah.. mending beli lumia ga butuh oprek2 rom,, udah smoothhhhhhh…. geser sana geser sini… live tileny bikin terasa hpny update terussss……… ibarat gonta ganti rom terussss….. huahahahahhaha… i love my lumia 800 cyan… gak ada matinyee… very love it… ;D

  5. orang2 yg mempermasalahin gak bisa transfer lah, gak bisa memory card lah.,, itu cuma orang2 yg sensitif sama duit… hare gene masih sensitif sama duit… hihi.. miskin… ;D

    • banyak orang miskin yang ga perlu transfer bluetooth gan, palingan yg mau nuker koleksi bokep yg butuh gituan.

      #kabur

  6. hehehehe,buat andika.
    Status seseorang bukan diliat dari hp yg dia pakai,
    saya punyai kenalan pengusaha yg sudah dilevel trilyuner,mau tau beliau pake hp apa?
    Nokia 6300!
    Dan juga ada kenalan org2 yg pake iphone 4s,lumia 800.
    Mau tau profesi mereka apa?
    Yg pake iphone 4s,teman saya di lhokseumawe(aceh) pns golongan biasa.
    Yang pake lumia 800,teman saya dulu waktu smu,dia sekarang tinggal dimedan,punya usaha grosir sayur-sayuran.
    Dan ternyata pake hp mahal itu untuk gaya-gayaan.
    Dan itu lah realita sebenar dari bgs indonesia ini.

      • gak ada yg nanya sih,bro andika.
        Cuma saya mau ingati anda saja,mungkin anda lupa baca buku petunjuk di lumia 800nya.
        This phone for show off only.
        Hahahahaha…..

        • belum tentu lah bro… mungkin yang pakai 6300 itu dah tua renta bro dan ga ngikutin perkembangan teknologi dan ane ga yakin yang pake itu umurnya masih dibawah 40…. dan itu biasa bro… ga perlu dikasi tahu udah banyak lah yang tahu… yang namanya bapak bapak, ibu2 kita, ntu, udah males ngikutin teknologi… apalagi dengan maaf, matanya yang udah agak rabun mungkin, selama barangnya bisa dipake, ya dipake aja lah… coba dicek, apa kata2 saya ini ada yang salah atau ga… hehehee

          • udah lah bro rizal, si zahroel kan “katanya” pengusaha kaya punya 210 pegawai, ga bisa kita debat dengan dia.
            kaya wp cm pake show off, nyatanya kemaren ada artikel mas adit mengatakan android = toy, wp = tools. Lagian org custom rom intinya buat apa? Buat pamer bahwa dia jago atau hape beda.

            Hihihi…..

    • bgus bro andhika.emg si zaxroel org ny belagu.gw suka gaya lo bro.liat dh kment zaxroel di blog angga lagak ny tngik mau bli saham.hahaha.ktauan bngt pasti si zaxroel cm org ga mampu yg pnya angan2 trlalu tinggi.wake up cuy

      • benar sodara semar,saya ini adalah pemimpi.
        Tapi semua manusia dimuka bumi ini punya mimpi.
        Dan adalah mimpi kalo ingin beli saham symbian dari nokia.
        Soal nya jumlah aset bersih keluarga saya cuma sekitar 28,9 juta(perhitungan taon 2011,bukan kurs rupiah lho!)
        mana cukup untuk beli saham symbian walopun cuma 10 persen.
        Tapi saya punya mimpi ingin punya aset 1milyar.
        Dan adalah hal yg konyol,kalo ada milyuner bermimpi ingin jadi jutawan(emang ada ya pejabat pengen jadi tukang ojek?hehehehe)
        pasti anda juga punya mimpi kan?saya doa kan smoga semua mimpi anda menjadi kenyataan ya.
        Tetap selalu berusaha dan selalu ber doa kepada sang pencipta alam semesta.

  7. ane rela pindah ke lumia kalau…
    ada usb mass storage, usb otg
    removeable battery
    true multitasking sehebat symbian
    qwerty fisik
    apps: slick chat, opera mini, opera mobile, uc browser, mangareader

    • tenang bro, mass storage dan kirim file blutut sbenarnya bisa di lumia dg moding, ada di artikel mas adit.

      user android cuma sirik aja nyebut itu berkali-kali, katanya biasa moding di android.

      LOL

  8. benar, mending nunggu update dari oficialnya langsung, terjamin dan gak khawatir ada fitur2 yg malah tidak bisa bekerja setela gonta ganti custom rom. Banyak tuh, yg devicenya gak dapat update oficial ics nekat pake cara cr dr cyanogen, dll malah ada fitur kamera yg gak bekerja atau ada fitur bluetooth yg gak bisa berfungsi transfer ke sesama tipe smartphonenya. Bangga pajang ke sana sini dgn ics nya eeh, giliran mau transfer file cr malah minta sama hape nokia… Walah, malu deh!!

    • justru costum room yang menyebabkan bugs. mending pake defaultnya aja.
      kelemahan android dibanding symbian (nokia dibanding samsung) yah di support softwarenya. kebiasaan Samsung (android) selalu menelantarkan device lama ketika muncul pembaharuan frimware/Platformnya (kebanyakan devicenya). coba lihat nokia. walaupun devicenya udah berumur 3 tahunan tapi tetap di support osnya. bahkan diberikan update berkala. dan semuanya dapat karena HW setiap platformnya seragam.

      jadi kalo pengen pake android ics, mending beli device barunya aja. itu kan yang di ingini si samsung.

  9. benar tuh, terbukti pada keluarga nokia symbian^3, mulai dari perbaikan browser, update ke anna fp1 dan fp2 yg membawa versi nokia maps terbaru, terus lanjut ke belle dgn peta terbaru serta ada segudang aplikasi microsoft dan katanya ada lagi update belle refresh buat n8 dll. Banyak sekali! Tapi saya malah cenderung suka ke symbian anna daripada ke belle karena sampai skrg belum bisa fullscreen menu buatan coderus dgn pilihan gridnya hahaha…

    • hahahaha…..
      mending ke belle gan. kalo dibandingkan penggunaan RAM nya jelas lebih irit belle. cuma sayang juga gak bisa buat folder di dalam folder. kecuali pake cara matrix menu nya buatan Razvanel kan. hehehe

      • @Zalxd85: iya pakai matrix menu razvanel yg anak kaskus ya? Iya makasih ya raz, 🙂 matrix menu nya yg paling banyak pilihan foldernya. Bener deh, kalau belle mirip android tapi kekurangannya itu tidak seperti symbian dulu hehe..

  10. 100 perak buat bro zaxld85.
    Disitu lah kelebihan symbian di bandingkan androidnya samsung.
    Maka nya saya masih pede sampe sekarang pake symbian.

  11. kalo ane beli gadget hp kudu disesuaikan kebutuhan tentunya…
    kalo tdk brti uda terkena wabah tren teknologi.
    Dan hp c6.01 sudah cukup bwt aq..imud,mungil n customise di belle udah se smooth di wp apalagi ngenetnya bisa dipacu di 500 kb/s pake hsdpa..
    Kurang apa lagi…

  12. sekarang jamannya semua orang melek teknologi bung, kalo anda cuma berpikir user is stupid people yang make hape cuma sekedar make tanpa peduli fitur dan spesifikasi mungkin itu udah ketinggalan jaman.. orang makin lama makin pinter… kenapa penetrasi android bagus?? karena buyer itu mulai smart, gak kaya jaman dulu orang ga peduli OS dan spek… intel aja kembagin android yang jalan di platform X86… gak lama lagi dominasi mikocok di x86 bakal tergerus OS lain seperti android dan os x…

  13. user symbian yg mau beli wp pasti santai aja melihat wp yg saat ini gk bisa kirim kiriman blutut dkk..

    user symbian = oprek sejati, pasti adalah caranya
    User android = ???

    itulah bedanya 🙂

  14. android= ???
    andro malah lebih opreknya (ciri khas linux user) gan, pantengin aja xda atau forum2 android, founder-nya linux (mbahnya opensource) aja pake andro
    bukan symbian atau meego yg katanya lebih opensource padahal dia juga finlandian, senegara dgn nokiem gitu

    ane punya symbian dan andro
    kalo cuma mau ngebandingin.
    :ngacir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s