Windows Phone 8: Mendukung Dual-Core hingga 64-Core, File Transfer, MicroSD dan Install Game Laptop?

Tanggal 20-21 Juni 2012 kemaren microsoft memberikan preview windows phone 8 ke developer, tentu yang menarik bagi konsumen belum dibahas disini, hanya yang menarik bagi developer, tentunya paparan microsoft pada developer ini menyiratkan fitur yang menarik bagi konsumen. Yang menarik diantaranya adalah kemampuan wp8 menghandle processor dual core, quad core, okto core hingga secara teori bisa mendukung 64-core, wp8 juga akhirnya mendukung microSD dan file transfer, dan yang paling menarik adalah sharing core yang sama antara windows 8, windows 8 RT dan windows phone 8 yang sederhanya adalah jika developer membuat software/aplikasi/game buat salah satu platform, maka produk tersebut akan jalan di laptop, tablet dan smartphone.

Beberapa Hal yang perlu kamu ketahui dari windows phone dari beberapa sumber akan saya ringkas disini

  • Mendukung removable storage, artinya besok bakal ada slot microSD pada smartphone windows phone, ini juga artinya kita bisa berharap bahwa fitur USB OTG akan hadir di nokia lumia series, untuk non-nokia mungkin bisa dengan sedikit trik
  • Windows Phone siap mendukung multi-core processor, artinya baik processor dual core, quad core, okto core dan secara teori bisa hingga 64 core. Ini tentu berita bagus mengingan Intel mengatakan OS sebelah tidak siap memakai processor multi-core (sumber: phonearena), bahkan baru saja ada kasus bahwa salah satu produk yang menggunakan procie quad core terbakar saking panasnya (baca laporannya: eweek)

  • Mendukung multi-screen resolution  yakni 800 x 480 (15:9), 1280×768 (15:9), dan 1280×720 (16:9), yang saya tangkap disini adalah sebuah smartphone bisa diatur resolusi layarnya sesuka kita layaknya laptop sesuai keinginan kita, misal saat maen game kita set reolusi tinggi dan saat ingin hemat daya kita set resolusi rendah. CMIIW

  • Browser bawaan yang kencang, dengan browser IE10 mobile, microsoft mengklaim kecepatan browser di wp8 mengungguli browser bawaan di samsung galaxy sIII, htc one x maupun iphone 4S (sumber: techradar)

  • Shared Windows Core, ini berita bagus buat developer, jika membuat software/aplikasi/game buat laptop, maka karyanya juga langsung bisa diinstal di tablet maupun smartphone, sehingga developer ga perlu repot buat aplikasi berbeda buat laptop hingg smartphone, apalagi kemampuan multi-screen resolution akan hadir di wp8. Buat konsumen kaya kita artinya secara teori semua game atau software windows phone 8 di laptop akan bisa dimainkan di smartphone (tentu jika spek memenuhi dan developer mengeksekusi karyanya buat ketiga platform). Bayangkan phothoshop beneran (halo instagram), microsoft office beneran (oya, wp8 semua langsung pre-loaded dengan microsoft office 2013) sampai game PC dihadirkan di wp8. Intinya jika selama ini smartphone/tablet dibuat untuk menggantikan beberapa fungsi laptop, maka apa jadinya kalau smartphone kita softwarenya sama persis dengan laptop, do we need another OS??

  • Dukungan NFC, dengan NFC file transfer (foto, video, lagu, dokumen dll) bisa dilakukan dengan menyentuhkan dua ponsel berbasis NFC, bukan semata itu, besok pembayaran tiket dan lainnya akan dilakukan dengan NFC. Jika tidak salah di stasiun kereta api bandung kemaren pembelian tiketnya bisa dilakukan dengan NFC, saya melihat ada tanda “Sentuhkan ponselmu disini untuk membeli tiket” pada loketnya (anehnya gambarnya nokia e63 yang jelas tak mendukung NFC).
  • Nokia Map secara resmi menggantikan Bing Map, artinya nokia map akhirnya bisa diakses melalui ponsel lain yang pake OS WP8 (yang pake WP7 juga bisa dengan trik tertentu), nokia map adalah yang terbaik khususnya masalah offline, google map pada android juga bisa offline, sayangnya terbatas di puluhan negara sementara nokia map sudah ratusan negara, dan area offline di nokia map juga meliputi searching suatu lokasi yang mana di google map searchingnya harus online lagi. Hanya saja nokia map bagus di daerah padat seperti jawa dan bali kalo di indonesia, kalau di lombok kaya saya masih enakan pake google map.
  • Fitur Bisnis di wp8 sangat lengkap, seperti BitLocker dll, sepertinya wp8 ingin membunuh blackberry untuk layanana enterprise

  • Homescreen baru, sekarang kamu bisa mengatur ukuran tiles di wp8, cukup manarik, saya menyukai ini, jenis live tile di wp7 terlalu sedikit yang bisa ditampilkan dalam satu layar, dengan start screen baru ini informasi “live” bisa muat 4 kali lebih banyak.

  • “True” Multi Tasking, windows mengklaim wp8 mendukung “true” multi tasking, padahal tidak true multitasking seperti di symbian, hanya multitasking saat standby lebih baik, dulu di wp7 jika layar standby maka voip macam skype akan jadi offline, ini tak akan terjadi di wp8. Mungkin ini sebabnya nokia maps tidak default di wp7

  • Integrasi VOIP, yah…., ini berita bagus setelah integrasi facebook dan di twitter pada wp7, dengan VOIP kita bisa menenlpon lewat internet, ya itu bukan barang baru, saya sudah menggunakannnya di nokia E70 yang waktu itu hanya bisa via wifi sejak tahun 2005 hingga bisa digunakan via jaringan seluler di nokia e51, nokia e71 dkk. Tapi dengan integrasi kamu akan merasa menggunakan skype seperti menelpon atau menerima telpon seperti biasa, cukup langsung telpon dari phonebook, tidak perlu buka aplikasi segala seperti di handset lain. Jika kamu pemakai lumia dan mengerti integrasi facebook di lumia, kamu akanngerti bahwa nulis di wall fb atau mention di twitter cukup via phonebook tanpa buka aplikasi twitter dan facebook seperti di android, blackberry atau iphone (yah kamu harus pernah jadi user semuanya untuk merasakan fun-nya integrasi ini di windows phone). Yah, saya berencana akan beli dua wp8 buat istri dan saya, sehingga langganan internet unlimited sudah cukup buat telpon, text maupun internet. Ga perlu mikir jelimetnya tarif telpon operator indonesia.

  • Data-Smart, dengan ini kamu bisa mengamati seberapa besar smartphonemu menghabiskan data, pengalaman saya di lumia 610, saya menghabiskan 100mb sehari tanpa ada aktifitas download (mungkin juga karena hape baru ya? Entahlah)
  • Mendukung 50+ bahasa, mungkin penting buatmu seperti di lumia 800 atau 710 yang tidak ada bahasa indonesianya (baru di 610 ada), kecuali kamu lebih suka pake bahasa inggris seperti saya fitur ini tentu tidak penting, tapi kebanyakan orang indonesia pake bahasa indonesia di ponselnya (survey saya di kaskus bertahun-tahun yang lalu).
  • Microsoft Office 2013 pre-loaded, yah ini yang saya harapkan dari dulu, kemampuan office ala laptop, saya berkali-kali beli smartphone (android dan symbian) hanya merasakan kemampuan office “mirip” laptop, bahkan di lumia 610 saya officenya hanya Microsoft office 365, yang saya rasa cuma mirip sama microsoft office di laptop. Sebagai matematikawan kemampuan office smartphone atau tablet saat ini kurang pas, microsoft office 2013 ini harapan besar buat saya.
  • Update Software OTA, sebuah kekecewaan besar user nokia pada lumia adalah ketidakmampuannya update software (misal dari mango ke tango) via OTA, dan hanya mendukung via Zume (via Laptop), di WP8 dijamin bisa via OTA oleh microsoft.
  • Masih banyak fitur-fitur lainnya dari Windows Phone 8 ini yang bisa kamu lihat di sumber saya (baca: gsmarena atau androsym), dan di sumberpun berdasarkan paparan ke developer, tentu akan lebih banyak lagi fitur-fitur saat paparan buat konsumen, kita tunggu saja.

Beberapa fitur yang kita sebagai user symbian inginkan masih menjadi misteri, apakah file transfer juga didukung via bluetooth (tidak hanya via nfc), apakah ganti ringtone hape bisa semudah di ponsel symbian, apakah bisa besar suara berbeda baik untuk musik maupun nada panggil (di lumia saya volumenya universal buat ringtone atau musik). Untuk transfer file via bluetooth saya merasa tidak akan terjadi karena jika itu dibiarkan hacker bisa dengan mudah mengambil file dari ponsel kita (bahkan saat bluetooth ponsel kita matikan), ini jadi momok bagi selebriti yang takut foto pribadinya diambil paparazi yang dekat dengannya, klo saya sih ga peduli dengan hal tsb, hehe…

Sayangnya pengguna nokia lumia lama tidak dapat jatah ke windows phone 8, tapi mereka dapat update menjadi windows phone 7.8, dari sisi tampilan jangan khawatir sama dengan windows phone 8, tapkecewanya adalah bahwa aplikasi wp8 ga akan jalan di wp7, tapi sebaliknya jalan.

Beberapa hari sebelumnya microsoft juga mengumumkan tablet pertamanya dengan nama surface, ada dua pilihan yakni dengan OS windows 8 dan windows 8 RT, kedua OS baru ini nantinya akan mirip dengan windows phone saat ini di nokia lumia, termasuk juga di laptop kedepannya. Berikut penampakannya

Sebelumnya saya tidak tertarik tablet sama sekali, karena tidak mobile (ga masuk kantong saya, jadi repot / tidak nyaman bawa sana-sini) dan kemampuannya untuk menggantikan laptop semata hanya untuk dengar musik atau internet, kemampuan officenya belum pas buat saya (terutama masalah equation di office), tablet windows ini mungkin akan merubah pemikiran saya karena tablet ini sepenuhnya bisa menggantikan peran laptop saya (bahkan ada colokan USB standar, bukan OTG kaya tab lain), bahkan processornya pakai iCore seperti yang ada di PC/laptop, sayangnya masih belum built-in simcard buat ngenet…., mudahan nokia buat tablet (kayanya sih meragukan, tapi dikatakan nokia akan membuat sesuatu diantara smartphone atau tablet)

Wow…, sepertinya menunda beli laptop dan smartphone adalah pilihan bijak buat saya, rumornya nokia akan mengeluarkan dua smartphone wp8 di Q4 (bahkan dikatakan september), rumornya keduanya pakai desain lumia 900 dengan ukuran layar diatas 4,3 inci, dan salah satunya pake slide QWERTY ala nokia E7, dan Q1 2013 akan mengeluarkan lumia QWERTY ala nokia e6.

Oya…, presentasi microsoft kemaren memakai gambar yang mirip lumia tuh…., bahkan dari ukuran layanya kayanya seperti galaxy note (max), jangan-jangan memang itu nokia lumia terbaru yang rumornya akan diumumkan september (dijual oktober?)

Follow my twitter ya buat info lebih cepat dan lengkap: @adit38

Iklan

198 comments on “Windows Phone 8: Mendukung Dual-Core hingga 64-Core, File Transfer, MicroSD dan Install Game Laptop?

  1. wew hebat nokia emang dari dulu deh.,android linux kernel nya aja.tapi source nya java basic.. Klo di bilang android turunan linux kayak nya jauh.. Meego dan maemo tu baru anak nya linux

  2. hahahahahaha…
    hidup NOKIA hidup WINDOWS hidup LINUX for NOKIA MeeGO MAEMO,

    saya pecinta berat NOKIA dan OS yang di pakai NOKIA,
    karna saya juga suka WINDOWS dan LINUX dari sisi KOMPUTER dan NOKIA dari sisi MOBILE

    I ALWAYS LOVE NOKIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s