Tabloid Pulsa: Kamera Nokia Lumia 920 Pureview “Cuma” Sekelas iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3

image

Wow…., tabloid paling dipercaya di indonesia membahas nokia lumia 920 secara “in depth”. Saya jadi tertarik membeli tabloidnya, apalagi saya tertarik dg dibandingkannya lumia 920 dengan iphone 5 dan samsung galaxy s3.

Review Tentang Kualitas Pureview Lumia 920

image

Saat saya membaca reviewnya tentang perbandingan kamera lumia 920 dengan samsung galaxy s3 dan iphone 5 saya cukup terkejut karena pulsa mengatakan kameranya “cuma” setara dengan sgs3 dan iphone 5….., tidak ada “in depth” tentang teknologi OIS dan low light lumia 920.

Oke lah foto non-low light boleh disetarakan dengan iphone 5 atau sgs3. Tapi…., dengan catatan bahwa yang make itu bukan orang biasa alias saat moto tangannya steady tanpa getar. Karena kalo yg foto orang amatiran kaya saya, foto sering blurry karena sy kurang jago memfoto dengan tangan steady (foto2 saya dengan n8 sering dikritik pedas oleh @prasetyoh di twitter karena sering ngeblur), dan disinilah letak pentingnya teknologi OIS dari Pureview, meminalisir getaran saat memfoto dengan “floating lens” (OIS).

Teknologi PureView dan OIS dari nokia ini juga telah dinobatkan sebagai teknologi smartphone paling inovatif tahin 2012. (Baca disini: Best Inovation 2012)
image

Untuk foto minim cahaya tidak ada kompetisi, foto low light iphone 5 dan (apalagi) sgs3 jauh tertinggal dari lumia pureview. Silahkan cek sendiri lah:

Hasil foto sgs3 gagal total memfoto di kondisi gelap, sementara lumia 920 tidak masalah

image

Tidak ada kompetisi, iphone 5, sgs3 dan htc masih kalah kelas dari lumia 920 pada foto lowlight dibawah.

image

Tidak cuma iphone 5 dan sgs3, nokia 808 saja masih kalah kalau foto lowlight

image

Sedikit tdk nyambung, tapi ini sample lumia 920 melawan kamera DSLR di kondisi low light, catat lumia 920 dalam mode auto dan kamera DSLR dalam mode night mode (detail komparasi cek disini: DSLR Canon vs Lumia 920)

image

Kamera digital Canon ixus saya pun tidak punya teknologi OIS tersebut, dan saya ragu Canon saya mampu menandingi kemampuan low light lumia 920. Pulsa dengan sangat yakinnya bilang masih belum setara kamera pocket (yah mungkin di luar low light bener kali ya).

Komentar Pulsa tentang Layar Lumia 920

image

Okelah reviewnya…., tapi koq ga disinggung teknologi puremotionHD+ dan teknologi super sensitife screen dari lumia 920 yang jadi andalannya tersebut? Katanya “in depth” ??? Atau biar ga perlu bandingkan dengan sgs3 ??

Komentar Pulsa tentang desainnya

image

Berat, berat dan berat…., ya memang benar. Lebih berat dari sgs3 dan iphone 5 koq. Tapi koq komen “bagaimana jika dijatuhkan dari jarak 1 meter” ???  Loh ga research dulu mungkin ya? Harusnya pulsa lebih khawatir menjatuhkan sgs3 atau iphone 5, bahkan menjatuhkan sgs3 dari jarak 0,5meter kali :).

Belum liat video drop test dari phonebuff kayanya (Lihat drop test video diaini: Drop Test Lumia 920, iPhone 5 dan SGS3.

Komentar Pulsa tentang Benchmark

image

Kata pulsa benchmark antutu ga bisa…., koq ga nyoba benchmark lain kaya sunspider ya? Biar ga kelihatan klo sgs3 kalah dari lumia 920 ?? Ini dah saya kasi benchmark dari gsmarena, eh tunggu….. bahkan lumia 620 yang kelas mid lebih baik skornya dari sgs3 di kedua benchmark yang dilakukan gsmarena.

image

image

Akhir Kata

Ya itu hak pulsa sih ngatain apa tentang lumia 920…., tapi koq kesannya tidak fair, bahkan terkesan melindungi android krn buyers guide android punya halaman sendiri (iklan) ??
Atau cuma perasaan saya saja…

Iklan

110 comments on “Tabloid Pulsa: Kamera Nokia Lumia 920 Pureview “Cuma” Sekelas iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3

  1. Memang review2 teknologi yg sy baca di banyak media, tdk hanya ‘tabloid pulsa’, cenderung dangkal, sok tahu, & bias/menggiring opini.
    Mungkin salah SDM-nya; or hanya politik dagang.
    Tq!

  2. Permisi mas …
    Mau tanya neh … saya berencana mau beli hp baru. Kalo kemarin kepikirannya android. karena belum tahu banyak ttg windows phone. Dan kebetulan, hp yang saya mau beli ini juga untuk dipakai bisnis kecil-kecilan. Sebelumnya, saya pakai nokia C7 (symbian), dimana aplikasi sms nya membantu untuk bisnis saya. Ada percakapan, kotak masuk, konsep, berita terkirim yang masing2 ada di folder berbeda. Tapi di android, saya lihat tidak ada aplikasi jadul spt di symbian itu ya.. Kira-kira ada gak aplikasi android ataupun aplikasi windows phone seperti aplikasi sms symbian itu. Mohon jawabannya ya mas … dan kalau tidak menyusahkan, tolong balasannya ke email saya di : Hafiz_ns@yahoo.com
    Terima kasih banyak ya mas … Barakallahu fiikum

  3. saya lebih suka review dari pocketnow channelnya ada di youtube… fair ngasih pendapat… di pocketnow, mark fisher bilang “lumia 920 heavy, big in the good way”, yang dalam artian solid, dan kerasa kekar. Untuk kamera, saya harus bener2 bilang kalo kameranya ajiib, saya juga punya galaxy note 2 yang juga ckup bagus low lightnya di mode lowlight… tapi begitu punya 920, note2 saya sekarang fungsinta cm sebagai gadget buat nulis notulen rapat, hehe

  4. Ping-balik: tabloid pulsa iphone 5 | tabloid pulsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s