Phonearena: Konsumen lebih menginginkan Lumia 920 dari Samsung Galaxy S4

image

Setelah launching resmi samsung galaxy s4 tanggal 14 maret kemaren, phonearena mencoba mengadakan polling smartphone mana yang paling diinginkan konsumen di 2013 ini. Dan sangat mengejutkan bahwa lumia 920 mengungguli samsung sgs4.

Lumia 920 adalah smartphone yang paling diinginkan berdasarkan polling phonearena dg 27,77% suara konsumen, mengungguli sgs4 yg mendapat 23,16% suara. Sementara itu beda tipis dibawah sgs4 adalah htc one dg 21,95%. Lalu sony xperia z diposisi 4 dg 11,89%, dan diposisi terakhir adalah iphone 5 dg suara konsumen hanya 3,09%.

Seperti kita tahu sgs4 sudah resmi mengapalkan 40jt smartphone ke seluruh dunia, sementara.lumia 920 sudah 4 bulan ini penjualannya ga sanpe 4jt unit. Koq bisa konsumen lebih menginginkan lumia 920?

Pertama-tama hasil voting ini tidak mungkin lebih mewakili konsumen secara umum. Hasil ini lebih mencerminkan konsumen yang memilih smartphone berdasarkan referensi internet, padahal konsumen spt ini mungkin kurang dari 5%. Kebanyakan konsumen memilih hape berdasarkan iklan, ketersediaan di toko dan melihat smartphone teman. Sehingga konsumen kebanyakan tdk akan membaca phonearena kan, apalagi ikut2 voting.

Kedua adalah penjualan di luar indonesia, terutama negara2 maju, sangat berbeda dengan disini. Disana penjualan melalui operator (seperti xl/telkomsel) dimana kadang cukup dengan uang 500rb sudah bisa bawa pulang smartphone tsb dg perjanjian make operator tsb selama sekian tahun. Dan operator menerima smartphone itu tentu sesuai selera pasar kebanyakan, dan jika track recordnya baik baru mereka tertarik meningkatkan penjualan smartphone tsb pada generasi tsb.

Contohnya kesuksesan sgs3 yg dikapalkan 30jt membuat operator meningkatkan permintaan sgs4 rata2 sebesar 33%, sehingga angka 40jt tercapai. Jika ternyata sgs4 tidak sesuai harapan operator, sgs5 mungkin akan berkurang permintaannya.

Lain halnya dengan lumia, lumia generasi pertama total hanya terjual 2jt unit, tp karena track record sebelumnya tidak ada, angka itu tergolong fantastis, sehingga lumia generasi kedua permintaannya meningkat 100% menjadi 4jt di lumia generasi kedua. Nah untuk lumia generasi ketiga nanti, walaupun lumia eos kamera 41megapixel muncul, sy kira kalo berhasil meningkat permintaannya menjadi 8jt unit (total), sudah tergolong sukses besar. Jadi fans nokia yang berharap lumia eos laku sendirian sampe 8jt unit saya kira masih sulit, apalagi bisa laku 40jt seperti sgs4 saya kira masi mimpi, seberapapun canggih atau inovatifnya lumia eos tsb.

So smartphone canggih dan inovatif tidak menjamin penjualan….., walaupun lumia 920 menang penghargaan smartphone dengan kamera terbaik dari gizmodo, smartphone terbaik versi pembaca engadget, sistem operasi terbaik versi pcmag, smartphone paling inovatif 2013 dan belasan award lainnya hal itu tidak akan membuatnya laku bak kacang goreng….

Tapi masalah laku emang penting bagimu? Kan yang penting kita beli smartphone terbaik bagi diri kita bukan pilih smartphone karena paling laku. Entah yang baik itu yg lumia atau yang lainnya. Kamu sendiri mana lebih suka?

Sumber: phonearena

Iklan

87 comments on “Phonearena: Konsumen lebih menginginkan Lumia 920 dari Samsung Galaxy S4

  1. saia lebih suka android mas dit. sudah cukuplah saia menderita gara2x lumia 710 dlu… udah ga mau icip2 window phone lgy… kcuali kalo suatu saat nokia maw pke android baruu saia mau nokia lg… huehehehe

    • menggunakan Lumia 710 bikin menderita???

      Kenapa?
      koq bs bgitu?

      Sharing jg keluhan,komplain dan pengalamannya disini

      • itu karna wp7 yang dipake.
        si mas sumbawa keknya lupa kalo ada perubahan besar2an di wp8.
        konektifitasnya melebihi wp7.
        yang paling penting, apa yg dibilang mas adit sesuai realita di pasar.
        dan ini jadi kritikan bagi para hater nokia yg sudut pandang penilainnya pada kualitas suatu produk selalu diukur lewat jumlah unit penjualan. argumentasi bahwa juri terjujur adalah konsumen itu kurang tepat. pola racikan pemasaran suatu produk itulah yg menjadi salah satu faktor dominan apakah nantinya produk tsb bisa diterima atau ngak.
        kajiannya juga harus luas. kebanyakan hater yg gak punya background untuk menilai yah terima aja apa yg udah terjadi. dan ini yg selalu dibawa2 (marketshare, jumlah unit terjual, bal..bla..bla… dll).
        sangat keliatan mana orang yg komentarnya smart dan orang yg dah jadi babunya google ama samsung.
        sorry mas kudasumbawa. komen ane bukan untuk anda. tapi buat sebagian fb g0bl0k samsung android.

  2. emank para beda fans android ma wp. Karna rata2 fans android baru beralih dari symbian dan belum pernah pakai wp8. Sedangkan fans wp8 adalah mantan user android yg beralih ke wp8. Jadi fans andro mana tahu kemanpuan lumia wp8, kalo fans wp8 tau banget gmna android jd wjarlah kmentar fans android agak bodoh

      • Ane user android sgs3, menurut ane sekarang android udah ngebosenin udah kayak kacang bertebaran d sembarang tempat, inovasi nya kurang memuaskan, batre cepet habis , kadang lag , force close kadang kalau kebanyakan buka app, desain gitu” aja gak ada perbaruan, make plastik kesan biasa bukannya premium, bukannya ngejelekin android tapi ini FACT!
        Ane berpaling k wp , liat tu inovasinya wireless charging , kamera mantap udah ngalahin sgs4 , htc one, iphone5 , , UI simple gak monoton kyak android, jgn terlalu freak sama android gan haha

      • hpguesymbianandandroid
        apa yg u banggain dari wp,masa depan suram..,
        U blm prnh nyobain android si dah sok2 an.

        android udah dicoba banyak orang. harganya aja ada yg ratusan ribu.
        gw tanya balik. apa ente dah pernah coba wp8?
        kalo belum jangan sok2an.

        wp masa depannya suram?
        suram tapi kok pertumbuhannya menanjak. positif. tiap quartall selalu meningkat.
        gini nih ciri2 user beg0. ngak smart. komentarnya amburadul. gak punya kerangka yg jadi dasar penilaiannya. anilisis ngaco modal cuap2 doang.
        kasihan lu udah dibodohi ama google plus diajari jadi maling ama samsung. bruakakkakak

  3. abraham lincon
    Dulu article adit bagus. Bener2 original.
    Sekarang cuma ngiklanin nokia/micky$oft terus.
    Gara2 disogok lumia 600.

    nih artikel gak original?
    bagus yah ente. langsung ngejudge gitu.

    isi artikal ini murni analisis mas adit.
    artinya original tanpa modal kopas doang dari site lain.

    lu keknya gak bisa bedain arti dari original ama independen.

    dan gw rasa mas adit ini orangnya idenpenden. gak disuap ama nokia. ini hobinya kok. kesukaannya pada produk nokia.
    itu namanya fanboy. kalo lo gak suka nih site, jangan main kemari b3go. coz ini blognya fanboy. gak cocok buat orang yg udah jadi babunya google ama samsung.

    bruakakakakakakak…

    • eelloooo ppaassstiiii orrraannnggg yaannnggg iiiiqqq nyyyyaaaa suuppperrrr jooongggkoookkk

      duuluuu arrtiiccllllee aaaddit bbeennnneeerrr2 oorriginal seperti cara foto buat jadi doooblleee dooobbllleee, carraaa shaarreee wiiiffiii, dll

      seekkkaaarrannnggg iiinnniii darrriii kuaaalliiattasss artticllleee adddiiittaannjjinnngg terbbuukktttii cummmma bayaaaraannn nookia/micccroosofttt…

      • wkkwkwk, gimana caranya gan nulis artikel begini dibayar sama nokia & microsoft.. kl emang bener mah saya juga mau, wkwkwkk..
        btw itu keyboardnya rusak ya gan?

        • itu namanya astroturfing… cari di google deh.
          di bayar per article, dan semakin banyak yang baca, semakin mahal nilainya.
          dan kalau berhasil buat kesen positif akan ada tambahan lagi

  4. salah satu user awam yg dibodohi ama gimmick opensource.
    lumia seri mid ampe high nya gak ada perbedaan berarti dari segi kapabilitas os yg diusung thd berbagai kompatibilitas dan konektifitas sesama ekosistem (pc maupun hh lain) antar platform yg sama.

    lu harus tahu. di wp8 semua produknya menggunakan spesifikasi yang mirip. ini ada regulasinya. diatur secara ketat oleh microsoft.
    ini os yg gak fragmented.

    kata2 lu pantas ditujukan buat os android geblek.
    tuh lu beli galmin, gal ace, blablabla ama pochin android, sensasinya gak sama kayak lu make android harga 7 jutaan.

    geblek kok dipelihara.

    bruakakakakakaka…

    • sakiinggg ngakkk fraggmenteeddnyaaaa jaaddiii booorrrrrrrrrrrinnnnnnnnnggggggggg.

      wppppp hpppp pallllingggggg boooooooooooorrrriiiinnnnnnggggg seeeluuurrruuuhhhh duuunniiiiaaa

  5. ternyata Blackberry berpikir android dan apple iOS lebih ada masa depan dibandingkan WP.

    Bos BB bilang akan buat BBM untuk android dan apple.
    TAPI TIDAK UNTUK LUMPIA

  6. kisah tragis tentang os beta. kwkwkwk

    -tidak bisa costumize alias monoton. cm ganti warna dan besar kicil doang. Lol

    -app terbatas dan sedikit sekali yg bagus tp gratis dan yg pasti app yg ada adalah app basi di os laen. selalu tertinggal app dan game2 terbaru.

    -tidak ada file manager

    -minim fitur tidak sekaya os laen.

    -bukan os true multitasking

    -cm support sedikit format video sama kayak java yg support cm mp4 ma 3gp

    -tidak bisa transfer keluar video melalui bluthoot kecuali cm hasil rekaman kamera sendiri.

    -tidak ada notif center

    -app banyak yg aspal bukan ori kayak facebook bukan buatan facebook asli mengakibatkan minim fitur dan banyak bug, apalagi youtube, gmail or sekedar opera mini or firefox ga ada.

    -bug other file storage yg berupa cache yg terus bertambah dan tidak bisa dihapus memenuhi memory internal dgn sampah2 cache.

    -tidak ada wallpaper hanya di lockscreen membuat tampilan yg monoton dan membosankan kl sudah selang waktu setahun lebih.

    -terbatasnya dan sedikitnya dukungan komunitas wp8 krn usernya yg sangat minoritas

    -terbatasnya dukungan oem hingga inovasi hardware sangat lambat berkutat dikotak dual core

    -tidak adanya ui pembeda antar vendor menyebabkan beda wp8 htc ma lumia cm sebatas cassing doang di tampilannya.

    -tidak ada app resmi media sosial saat ini kayak facebook, instagram, path, pinterest, youtube, g+, waze, dll. selain itu app yg ada jarang mendapat update dan fiturnya dibawah app serupa di os laen.

    -tidak adanya folder, baik untuk app or file

    -tidak adanya setting ringtone n volume personal.

    -banyak app dan game terbatas dinding region (masalah klasik wm)

    -bug layar freezen, random rebooting, Auto-brightness bug blm dijawab oleh mikock. mungkin harus nunggu wp9

    -tidak support usb otg

  7. 10 BIGGEST SMARTPHONE MAKERS IN Q1 2013 BY UNITS SALES

    1 (1) . . . Samsung . . . 70,7 M

    2 (2) . . . Apple . . . . . . 37,4 M

    3 (7) . . . LG . . . . . . . . . 10.3 M

    4 (3) . . . Huawei . . . . . 9,9 M

    5 (4) . . . ZTE . . . . . . . 9,1 M

    6 (6) . . . Sony . . . . . . 8.7 M

    7 (5) . . . Lenovo . . . . . 7.5 M

    8 (8) . . . HTC . . . . . . . . 7.0 M

    9 (-) . . . Coolpad . . . . . 6.8 M

    10 (10) . Nokia . . . . . . . 6.1 M

    11 (9) . . RIM . . . . . . . . 6.0 M

  8. Mengikuti jejak para pendahulunya, Galaxy S4 kini menjadi smartphone paling diminati. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu hanya sebulan setelah resmi meluncur ke pasar, smartphone terbaru Samsung ini ternyata telah laris terjual hingga 10 juta unit.

    Masih terkait dengan smartphone unggulan Samsung tersebut, baru-baru ini sebuah perusahaan asal Prancis, DxO Labs, bergerak dalam bidang analisis optik kamera telah mengeluarkan hasil pengujian terkait performa kamera beberapa smartphone unggulan.

    Berdasarkan hasil uji DxO Labs tersebut, diketahui jika performa kamera pada Galaxy S4 ternyata melebihi iPhone 5 dan Nokia Lumia 920.

    Dalam hal tingkat kecepatan dan akurasi autofocus, auto-exposure, serta warna yang kaya dalam kondisi tingkat pecahayaan berbeda dan detil yang impresif ketika dalam cahaya terang kamera 13 MP pada Galaxy S4 menuai pujian pihak DxO labs. Untuk urusan tersebut Samsung Galaxy S4 mencetak total 79 poin dari 100, disusul kemudian oleh iPhone dan Lumia 920 yang masing-masing memperoleh 74 poin dan 64 poin.

    • tidak sebanyak kklooiningnya wwppp.
      mmaakklummm zalxd pooostt karennnaa ingin memberikan pencerahan.
      tiddaakkk diibayarrr…. tiddaakkk seepperrttiii aaddiiittt333888.

  9. Wah wah wah kayaknya ada yg ga beres nih dgn si Zalxd mendingan ga usah ditanggepin deh daripada ketularan huahaha. Emangnya hp lo itu apa sih ampe segitunya kalo komen?? yg penting kan sesuai kebutuhan bukan style doang CMIIW ya.

  10. b3go nih oranggg
    gak ditanggapi tapi komennya nanggapin
    hh die 808 keknya ama galnot 2 ma ipad en iphone 5
    tapi fb berat nokie coy.
    hahaha
    lu nanghapin klonengan sama aja boong coy, bruakakakak
    si zalxd asli yg ada avatarnya. sorry wa kloneng juga id lu. hahaha

  11. Video Clip Music terbaru J Lo-Live it Up pake Nokia Lumia 920 putih.
    Video Clip Kelly Clarkson-People Like Us pake Nokia Lumia 920 kuning.

    Emang Nokia Lumia itu penggunanya artis2 eksklusif gak murahan….. 😀

    #Pengguna Windows Phone terutama WP8 silahkan kunjungi idwinphone.com utk update berita & aplikasi2 terbaru….. #Switch to Lumia #Don’t fight!!

    • Nokiiiia seeeebentar laaaagi matiii bangkrutu
      Stevan Elspo dengaaaan strategy Lumpia nya telah membuat nokia turun 10 peringkat dari peringkat 1 menjadi 11

      Artisss2 yang pakeeee hp lumpiia itu adalah arrrtis beggok yang dibayar. sama seperti anda dan pemilik blllog ini si addit begggop. saking maaalunya sampe berhenti ngajar dan tidak berani update blog lagi.

  12. Nokia sebentar lagi matiii bangkrutu
    Stevan Elspo dengan strategy Lumpia nya telah membuat nokia turun 10 peringkat dari peringkat 1 menjadi 11

    Artisss2 yang pake hp lumpiia itu adalah arrrtis beggok yang dibayar. sama seperti anda dan pemilik blllog ini si addit begggop. saking maaalunya sampe berhenti ngajar dan tidak berani update blog lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s