Phonearena: Konsumen lebih menginginkan Lumia 920 dari Samsung Galaxy S4

image

Setelah launching resmi samsung galaxy s4 tanggal 14 maret kemaren, phonearena mencoba mengadakan polling smartphone mana yang paling diinginkan konsumen di 2013 ini. Dan sangat mengejutkan bahwa lumia 920 mengungguli samsung sgs4.

Lumia 920 adalah smartphone yang paling diinginkan berdasarkan polling phonearena dg 27,77% suara konsumen, mengungguli sgs4 yg mendapat 23,16% suara. Sementara itu beda tipis dibawah sgs4 adalah htc one dg 21,95%. Lalu sony xperia z diposisi 4 dg 11,89%, dan diposisi terakhir adalah iphone 5 dg suara konsumen hanya 3,09%.

Seperti kita tahu sgs4 sudah resmi mengapalkan 40jt smartphone ke seluruh dunia, sementara.lumia 920 sudah 4 bulan ini penjualannya ga sanpe 4jt unit. Koq bisa konsumen lebih menginginkan lumia 920?

Pertama-tama hasil voting ini tidak mungkin lebih mewakili konsumen secara umum. Hasil ini lebih mencerminkan konsumen yang memilih smartphone berdasarkan referensi internet, padahal konsumen spt ini mungkin kurang dari 5%. Kebanyakan konsumen memilih hape berdasarkan iklan, ketersediaan di toko dan melihat smartphone teman. Sehingga konsumen kebanyakan tdk akan membaca phonearena kan, apalagi ikut2 voting.

Kedua adalah penjualan di luar indonesia, terutama negara2 maju, sangat berbeda dengan disini. Disana penjualan melalui operator (seperti xl/telkomsel) dimana kadang cukup dengan uang 500rb sudah bisa bawa pulang smartphone tsb dg perjanjian make operator tsb selama sekian tahun. Dan operator menerima smartphone itu tentu sesuai selera pasar kebanyakan, dan jika track recordnya baik baru mereka tertarik meningkatkan penjualan smartphone tsb pada generasi tsb.

Contohnya kesuksesan sgs3 yg dikapalkan 30jt membuat operator meningkatkan permintaan sgs4 rata2 sebesar 33%, sehingga angka 40jt tercapai. Jika ternyata sgs4 tidak sesuai harapan operator, sgs5 mungkin akan berkurang permintaannya.

Lain halnya dengan lumia, lumia generasi pertama total hanya terjual 2jt unit, tp karena track record sebelumnya tidak ada, angka itu tergolong fantastis, sehingga lumia generasi kedua permintaannya meningkat 100% menjadi 4jt di lumia generasi kedua. Nah untuk lumia generasi ketiga nanti, walaupun lumia eos kamera 41megapixel muncul, sy kira kalo berhasil meningkat permintaannya menjadi 8jt unit (total), sudah tergolong sukses besar. Jadi fans nokia yang berharap lumia eos laku sendirian sampe 8jt unit saya kira masih sulit, apalagi bisa laku 40jt seperti sgs4 saya kira masi mimpi, seberapapun canggih atau inovatifnya lumia eos tsb.

So smartphone canggih dan inovatif tidak menjamin penjualan….., walaupun lumia 920 menang penghargaan smartphone dengan kamera terbaik dari gizmodo, smartphone terbaik versi pembaca engadget, sistem operasi terbaik versi pcmag, smartphone paling inovatif 2013 dan belasan award lainnya hal itu tidak akan membuatnya laku bak kacang goreng….

Tapi masalah laku emang penting bagimu? Kan yang penting kita beli smartphone terbaik bagi diri kita bukan pilih smartphone karena paling laku. Entah yang baik itu yg lumia atau yang lainnya. Kamu sendiri mana lebih suka?

Sumber: phonearena

87 comments on “Phonearena: Konsumen lebih menginginkan Lumia 920 dari Samsung Galaxy S4

    • Dulu article adit bagus. Bener2 original.
      Sekarang cuma ngiklanin nokia/micky$oft terus.
      Gara2 disogok lumia 600.

      • emang ada lumia 600 wkkwkwk baru darimana aja kamu adanya juga 610
        kalau disogok ms dia pasti punya surface pro,lumia 920 dll

      • abraham lincon
        Dulu article adit bagus. Bener2 original.
        Sekarang cuma ngiklanin nokia/micky$oft terus.
        Gara2 disogok lumia 600.

        nih artikel gak original?
        bagus yah ente. langsung ngejudge gitu.

        isi artikal ini murni analisis mas adit.
        artinya original tanpa modal kopas doang dari site lain.

        lu keknya gak bisa bedain arti dari original ama independen.

        dan gw rasa mas adit ini orangnya idenpenden. gak disuap ama nokia. ini hobinya kok. kesukaannya pada produk nokia.
        itu namanya fanboy. kalo lo gak suka nih site, jangan main kemari b3go. coz ini blognya fanboy. gak cocok buat orang yg udah jadi babunya google ama samsung.

        bruakakakakakakak….

  1. kalo saya sih milih yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan…. jadi sekarang sudah terpuaskan dengan Galaxy Chat dan BB Pearl…

    untuk Lumia kepengen sih yang 620 cuman harganya masih belum rasional dengan kantong saya… hehe

      • klo bwt dagang msi bgusan bb coy..gampang promosiin klo ada brang baru di grup..klo lu ga yakin,cek aja di seluruh pusat grosiran di jkt..

        • saya liat si bb sama nokia udah sama2 terpuruk di indonesia.
          saya liat patner nokia yang membuka gerai2 di mall sudah mulai dagang yang lain. sedangkan bb sekarang memasuki saat kritis karena orang banyak yang mulai sadar bb itu bukan bener2 smartphone.

          • memang sih sekarang trend android dan sebentar lagi nampaknya Windows Phone 8 menyusul… plus I – Phone
            tapi sebagai konsumen malah untung banyak pilihan tinggal sesuaikan ama keuangan 🙂

        • Setuju… buat dagang emang top grup bbm… dan untuk update berita ke komunitas dan rekan bisnis lebih mudah.. kalo ga pending sih bbm nya 🙂

      • wah jangan dong… kan masih dipake buat kontak komunitas rekan bisnis yang pake bb… tar kalo udah pada beralih ke selain bbm saya pensiunkan deh bb nya 🙂

  2. saya suka nokia, n8 saya sudah 2 tahun masih mulus mulus aja tuh, tapi sejak nokia pake os yang namanya windows, saya jadi ga tertarik sama sekali, memang dari segi kamera dan build quality nokia masih the best lah tapi itu osnya terlalu ngatur kita, pake lumia seperti kita yg dikendalikan hpnya mungkin karena secara default os nya uda kaya gitu ya ”maklum saya orang gaptek XD” oya satu lagi ni paling saya tidak suka beli aplikasi musti pake CC memang ada operator yg menawarkan beli pake pulsa tapi itu cuma buat aplikasi lokal doank tuh maklum saya ga punya CC hehe cuma bisa barter aplikasi pake pulsa doank

    • berarti nanti kalo n8 nya rusak, pasti beli android donk.
      soalnya sekarang toko2 nokia sudah hampir ngak jual symbian lagi.

    • ikipyon
      saya suka nokia, n8 saya sudah 2 tahun masih mulus
      mulus aja tuh, tapi sejak nokia pake os yang namanya
      windows, saya jadi ga tertarik sama sekali, memang
      dari segi kamera dan build quality nokia masih the best
      lah tapi itu osnya terlalu ngatur kita, pake lumia seperti
      kita yg dikendalikan hpnya mungkin karena secara
      default os nya uda kaya gitu ya ”maklum saya orang
      gaptek XD” oya satu lagi ni paling saya tidak suka beli
      aplikasi musti pake CC memang ada operator yg
      menawarkan beli pake pulsa tapi itu cuma buat aplikasi
      lokal doank tuh maklum saya ga punya CC hehe cuma
      bisa barter aplikasi pake pulsa doank

      coba dulu mas. lumia lebih bagus stabilitasnnya dari symbian. tapi yah agak sulit buat dimodif2in
      itu symbian emang bagus tapi arsitektur os nya dah jauh tertinggal diblakang kalo dibandingin android ama WP.
      wp bagus.

      maksud ente ttg pake lumia seperti kita yg dikendalikan hpnya apa?
      filosofi dasar pembentukan ui lumia tuh buat kepraktisan, nilai seni dan estetika. makanya sangat berbeda dgn android dgn statis ui nya. dimana sisi ribetnya? dimana sisi pengendaliannya?
      justru dgn make android maka ente akan diribetin dgn berbagai embel2 opensourcenya. moding2an, custom os, bla…bla…bla… dll.
      bikin kita jadi lupa waktu. kebanyakan ngoprek ampe botak.

  3. sebenarnya gak salah sih yang mereka pilih, karena memang android sedang trendnya. Sebaik apa pun smartphone dan platformnya kalau bukan trendnya maka tidak di pilih orang banyak. Spt trend bbm pada bb banyak yg pilih bb untuk smartphonnya dan dulu yg tdk sanggup membeli bb saja, trend bb qwerty pada hp cina dan lokal laris manis. Tapi tentunya trend android yang diwakili seri galaxy s lama2 akan surut diganti trend lainnya.

    • iya galaxy s sudah surut 2 tahun lalu
      dan di ganti oleh galaxy s2

      itu pun sudah surut tahun lalu
      dan di ganti oleh galaxy s3

      tahun ini galaxy s3 akan surut
      dan di ganti oleh galaxy s4

      mungkin anda tidur terlalu lama… tidur 3 tahun??? sampe masih mikir nokia yang terbaik

      • seri galaxy s baru berapa generasi dan berapa tahun???
        Symbian seri N sudah berapa generasi dan berapa tahun???
        Jadi jangan bangga dulu…

    • nah benar. trend selalu berganti.
      tinggal posisis vendor yg mengkonstruksi opini konsumen.
      tugas berat nokia adalah mendestruksi mindset konsumen yg udah dikontaminasi ama gimmick dari opensource.
      orang awam sekalipun (yg gak tahu apa2) udah dipengaruhi ama pandangan ini.
      selama nokia terus berinovasi, maka nih perusahaan pasti akan menguasai pasar dikemudian hari. sisi marketing juga harus ditingkatkan. sebagai bagian propaganda masal. kualitas prima harus dipasarkan besar2an.
      tinggal kebanyakan konsumen yg belum tahu.

      tunggu aja saatnya. nokia baru melewati masa transisi. habis melakukan restrukturisasi besar2an.
      tujuan menguasai pasar harus melewati proses panjang untuk mencapai hal tsb. gempuran android secara bertahap akan mengalami penurunan.
      tinggal waktu yg bicara.

  4. Barusan baca di detik,microsoft ajan menghentikan dukungannya akan window phone 8 pada2014,dan tdk akan ada update lg,kok begitu ya cara memperlakukan konsumen?bagaimana bang adit?

    • masih percaya ma detik? lucu banget deh. udah jelas2 detik itu titipan android.
      gw jelasin wp8 itu udah pake kernel terbaru sama seperti w8. jadi wp8 otomatis bisa diupgrade ke wp9. jadi pas pertengahan tahun diharapkan user wp8 udah diupgrade semua karena nanti wp8 ga disupport lagi. kalo bisa diupgrade ke wp9 ngapain didukung lagi wp8 nya? LOL
      emang pinter banget tu yang nulis artikel bisa menggiring orang yang mau beli wp ga jadi.

      • artikel yang di tulis detik itu kutipan dari luar negri
        intinya adalah, microsoft EMANG BERNIAT tutup support wp8 karena di anggap tidak sukses.

        dan dalam hukum di luar negeri seperti negara paman sam, microsoft bisa celaka bila tiba2 nutup sesuatu yang baru diluncurin, maka itu mereka taruh dulu WARNING. sehingga mereka tidak akan di tuntut di pengadilan.

          • gan crooot yg terhormat, jadi bener kan support wp 8 akan dihentikan

            “masih percaya ma detik? lucu banget deh. udah jelas2 detik itu titipan android.
            gw jelasin wp8 itu udah pake kernel terbaru sama seperti w8. jadi wp8 otomatis bisa diupgrade ke wp9. jadi pas pertengahan tahun diharapkan user wp8 udah diupgrade semua karena nanti >>>>> WP8 GA DISSUPORT LG <<<<<<<. kalo bisa diupgrade ke wp9 ngapain didukung lagi wp8 nya? LOL
            emang pinter banget tu yang nulis artikel bisa menggiring orang yang mau beli wp ga jadi."

            jadi yang dikatakan detik benar berdasarkan komen ente (terlepas dari wp9, wp9 sudah diluar konteks)

    • untuk mas aswanto tau saja…

      pada waktu penjualan WP7 (Windows Phone 7) ternyata kalah oleh WM6.5 (Windows Mobile 6.5), Steve Balmer (CEO Mikocok) murka. langsung saja WM 6.5 ditutup supportnya, dan tidak di jual licence barunya. artinya partner microsoft tidak bisa buat lagi hp WM baru karena microsoft sudah tidak mau jual ‘softwarenya’.

      Jadi emang betul, microsoft punya sejarah ‘SEENAK PERUT’.

      hal yang sama terjadi juga dengan WP7 dan WP8. WP7 menggunakan Silverlight, WP8 menggunakan C#. Jadi apps tidak compatible, dan ini membuat murka DEVELOPER.

      Bagi mereka yang setiap hari menghadapi microsoft tidak akan merasa aneh membaca berita seperti ini.

    • aswanto
      Barusan baca di detik,microsoft akan menghentikan
      dukungannya akan window phone 8 pada2014,dan tdk
      akan ada update lg,kok begitu ya cara memperlakukan
      konsumen? bagaimana bang adit?

      kebanyakan kita gak sadar kalo sebenarnya si mbah google juga udah menghentikan support os 2.3 dan 4.0 nya.
      bukan cuma microsoft yg melakukan hal ini.
      kalo ada os yg lebih baru, support terhadap os lama akan ditinggalkan.
      nah tugas vendornya lah yg memainkan peranan setelah supportnya dihilangkan. itu sama kek wp7. walaupun support dihentikan (wp7.8) tapi nokia gak tinggal diam pada ekosistem ini. contohnya pada aplikasi, game dll yg eksklusif terdapat diberbagai produk lumia.
      faktor lainnya juga yg dilihat adalah persentasi user terhadap penggunaan os. jika mayoritas masih menggunakan os bawah, maka supportnya gak akan dihilangkan begitu saja. tapi secara bertahap. itu yg dilakukan nokia.

      lagian ntar pasti seri high end nya akan mendapat kesempatan buat di upgrade ke os yg lebih anyar. karna kesamaan kernel di wp8 dengan kernel yg dipake pada desktop pc nya.

      dan yg paling penting, semua vendor tujuannya buat menjual barang. os baru pasti ada produk baru. sama kek yg dilakukan samsung, htc, sony dan lain2. sisanya hanya beberapa produk aja yg disupport untuk update ke os lebih anyar.

      contoh nyata disini adalah samsung. dari ratusan varian android yg menggunakan versi 2.3 nya, hanya beberapa varian yg disupport secara official buat upgrade os.

      udah ngerti mas

    • ngak aneh.
      orang microsoft emang arogant
      kemarin ini aja si elop banting hp apple seorang reporter.
      kalau saya jadi tuh reporter, saya akan tuntut di pengadilan.

      • emang reporternya juga gk suka sama iphone terus mau apa lagi toh diganti sama lumia
        udah gitu suka kabur lagi

      • geblek. dah liat videonya mas?
        itu si reporter yg bilang kalo dia pengen pake lumia buat gantiin iphonenya. makanya si elop jatuhin tuh iphonenya.
        hahahahha
        ini cuma responsifitas aja yg dilakuin si elop. dia sebagai pimpinan satu perusahaan yah wajar melakukan hal ini ke produk saingan dari perusahaannya.

        tapi yg jelas iphonenya gak rusak dan tuh reporter dikasih lumia baru secara gratis ama elop.
        bwahahhahahaha

        otak lu gak bisa sampai mengejawantahkan cara becandaan para elit/petinggi dari satu komunitas.

        lu kan biasanya becandaannya cuma dgn masyarakat kelas bawah yg gak mampu beli produk mahal.
        kekekekekekek

        ^^v

    • Kalau Galaxy S3 sekarang harganya 5.8 juta.
      Galaxy Note II harganya 6.5 juta.
      Google neXus 4 harganya 5.2 juta

      kalau mau beli lumpia beli bekas aja.
      lumpia 800 bekas harganya cuma 1.6an juta.

  5. @morhabur ane ga tertarik ama tabung gas 3kilo alias android, udah keliatan anda mau ngejebak, kasian banget sih~

  6. @morhabur hahaha sampe mati2an berdarah2an belain android LOL elu jelek2in nokia disini emang si Mr. Elop bakal tau? emang Phonearena bakal tau? emak lu mngkin yg tau wkwkwk

    • +1juta nih hahaha
      voting dilakukan oleh phonearena (situs luar yang keren tuh) jadi yang ikut ngevote pasti pengunjung setia phonearena juga 🙂

  7. Jangan salah,jujur sy dulunya pecinta symbian nokia,sejak 3660 mpe e51terakhir,tp sejak beralihplatfor pk wp sy jadi males,tambah lg sikap microsof ky gitu perlakuaan, nantinya yg dirugikan kn jd konsumennya to,mana ket kl update ga perlu ganti hadware?ga ada!semua serba gk pasti!nokia yg skrng sy gk kenal ga ky nokia yg dulu!

    • emangnya tuh 3660 ente bisa di upgrade ke symbian v.2, symbian v.3 atau s60v5?
      emangnya tuh e51 ente bisa upgrade ke symbian^3 anna belle?

      setiap upgrade os ada namanya minimum reqruitment nya.
      selain software juga ada hubungan ama hardware.
      kalo dulu wp7 terkendala dimasalah kernel. wm 6.5 juga terkendala dimasalah hw. karna ada yg coba porting os wp7 di ponsel wp6.5 hasilnya tetap ngelag. tugas vendor sebenarnya cukup berat jika mengupgrade keseluruhan produk lamanya ke platform yg lebih baru. karna gak sesimpel gitu caranya.

      nah tujuan vendor adalah menjual barang gan.
      samsung, sony, htc, lg, zte, huawei dan lain2 juga melakukan hal yang sama.
      gak usah dibikin ribet gan.

  8. hp yg kami bli bkn smrtphone tren dan gk bkalan ikut2tan norak tp hp yg enjoy nyaman inovatif gk boros liar dan kaku sprti os nya ancoid palagi cap nya samsuck

  9. @mohnyungseb,
    anda bangga dengan samsung?
    Hahaha masa hp terkenal,dikota saya di kota cirebon
    samsung cuman dipajang di toko2 kecil itupun bisa di itung pake jari,
    terus masa hp terkenal disediakan layanan kredit dari columb*s
    hahaha bangga gitu pake hp kredit??
    Kalau produknya Nokia Lumia(contoh
    620,820,920) di pajangnya tuh di pusat mall besar,
    seperti grage mall,
    CSB terus ada juga tantangan Lumia,
    anda pasti ga tau apa2 tentang Nokia
    jangan SOTOY!
    @symbian,Lumia 720
    kemungkinan bulan april soalnya di indo kan ada bea cukai yang mahal…

  10. Waduuuhh selama ini saya seneng dengan blog ini bukan krn bnyk belain nokia, tp mas adit emang reviewnya bagus..tapi lama2 kok jadi kayak iklan gini ya..nggak ada review yang ori gitu, cuma ambil2 dari sumber2 tertentu yang semuanya britain kebaikan nokia & microsoft.
    Ayo dong mas adit kembali seperti dulu isi blognya

    • lu lihat lah tulisan mas adit. itu original buatannya. sumbernya memang diambil dari site lain. tapi analisis ama gaya bahasannya itu murni interpretasi darinya terhadap sumber yg diambil.
      artinya gak murni kopas dan modal translate doang.

      sadar gak sih neng apa yg ente nilai.

  11. ne blog dah gk independent lg..
    Isi nya cuma bnr2 gk brmanfaat lg,alias pembodohan publik.!
    Isi nya cuma belain nokia mulu,jilat pantat nya elop mulu…
    Mntang2 user wp8 lumia.
    Blog abal2.

  12. pada munafik smua…
    Sok2 gk suka android..
    Blm nyoba si uda d cap itam..
    Payah emg klo otak nya udh d hipnotis olh suatu brand..
    Smpe2 brand lain d cap buruk,padahal brand xg d cap buruk itu lbh bgus dari brand sesembahannya..
    Terlalu.

    • lugak libih bermanfaat lagi. geblek bin munafik.
      siapa elu?
      oh… cuma orang yg gak penting yah.
      bruakakaka…

      kasihaaannn udah dibodohi ama android.

      ada aksi ada reaksi. siapa yg mulai menjatuhkan produk lain?

      fb samsung dgn galaxy mininya.

      orang gila, orang gak berpendidikan, orang kusta yg hidup di daerah kumuh semuanya bisa make android.
      harganya ratusan ribu bisa didapat.

      bwahahahahahah

  13. wp ama apple gak beda jauh memperbudak kita .. gw dah pake semua OS yg paling menyebalkan ya apple masa apa2 harus itunes gak bsa pake blutut, harus dijailbrake gak semua org bsa ngoprek gadgetnya .. lumia jg ngikut2 gw males ngopreknya klo close bgt gitu apalagi 22nya anti bgt updatenya lagi2 apple gak bsa downgrade klo gak ada backup jilbrakenya .. 2 os ini bagusnya buat gaya2n doang ..

    pake android enak gak dpt jellbean ada yg porting lah lumpia 710 gw cuma mentok di wp7.8 .. apps nya dikit .. parah bgt nokia skrg gag kaya dulu jaman symbian ..

    skrg udah cukup ama androidd + bb
    klo pengen beli nokiem ama apple bagus yg mahal sekalian biar makenya puas klo yg murah siap2 gigit jari dah makenya ujung2 jg dijual lg ..

    mending opensource kemana2 udah dpt ilmu dpt kepuasan lg ..

    no offence

    • salah satu user awam yg dibodohi ama gimmick opensource.
      lumia seri mid ampe high nya gak ada perbedaan berarti dari segi kapabilitas os yg diusung thd berbagai kompatibilitas dan konektifitas sesama ekosistem (pc maupun hh lain) antar platform yg sama.

      lu harus tahu. di wp8 semua produknya menggunakan spesifikasi yang mirip. ini ada regulasinya. diatur secara ketat oleh microsoft.
      ini os yg gak fragmented.

      kata2 lu pantas ditujukan buat os android geblek.
      tuh lu beli galmin, gal ace, blablabla ama pochin android, sensasinya gak sama kayak lu make android harga 7 jutaan.

      geblek kok dipelihara.

      bruakakakakakaka…

      wp7 disamain ama wp8.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s