Adu Kualitas Jaringan Operator Menjelang Lebaran

Pernah menemui seseorang mengatakan jaringan operator A dibilang sangat buruk dan dia menyarankan pake operator B yang berkualitas lalu orang yang lain mengatakan justru jaringan operator B yang sangat buruk dan jaringan operator A yang berkualitas? Mmm….., jika benar ada jaringan operator tertentu sangat buruk, bagaimana jutaan orang tetap memakai operator tersebut ??

Saya yakin itu cuma pandangan subjektif, saya yakin tidak ada operator yang demikian hancur dan tidak mungkin ada yang bebas masalah juga. Oleh karena itu, memilih jaringan operator yang baik lebih fair kalo diuji sendiri, dan tidak bisa satu hari jadi, karena bisa jadi pas hari itu lagi gangguan operator tertentu. Walaupun saya juga yakin ada sebagian orang yang sangat terganggu sama kualitas jaringan operator lain.

Tapi yang saya sajikan berikut ini jelas objektif karena cuma menyajukan data yang ada. Nah untuk itu kita perlu data sebagai berikut:

JUMLAH BTS

Berikut jumlah BTS operator yang saya dapatkan informasinya:

JUMLAH PELANGGAN


Sementara jumlah pelanggannya adalah sbb:

PERBANDINGAN SEDERHANA

Dari data yang saya dapatkan itu, dengan perhitungan sederhana bisa saya dapatkan bahwa 1 BTS operator melayani sekian pelanggan

  • Telkomsel : 1 BTS melayani 2588 pelanggan
  • XL : 1 BTS melayani 1676 pelanggan
  • Indosat : 1 BTS melayani 2293
  • Three : 1 BTS melayani 945 pelanggan
  • Axis : 1 BTS melayani 1396 pelanggan

KESIMPULAN

Dari perhitungan sederhana diatas apakah berarti telkomsel punya jaringan paling buruk dan three memiliki jaringan yang terbaik karena 1 BTS nya melayani cuma 945 pelanggan dibandingkan telkomsel yang 1 BTSnya melayani hampir tiga kali lipat pelanggan?? Bisa jadi….., tapi itupun secara umum, bukan secara lokasi. Karena kualitas itu benar-benar tergantung lokasi. Yang jelas secara umum telkomsel memiliki jaringan terluas loh…., walaupun tidak disemua lokasi tentunya.

Tapi saya cenderung menyimpulkan, dengan 1 BTS melayani jumlah pelanggan paling sedikit, otomatis Three paling memungkinkan memberikan tariff paling murah disbanding operator lain, bahkan 2 kali lipat lebih murah dari operator sekelas XL yang menempati peringkat 2. Hal itu juga mempengaruhi kenapa telkomsel paling sulit memberikan tariff murah karena demikian crowded-nya tiap BTSnya.

Bagaimana dengan kesimpulan kamu ??

ps: jika kamu punya data terupdate, tolong kasi linknya ya

dalam foto: Luh Juni Asrini, Yulia Sri Handayani

Iklan

37 comments on “Adu Kualitas Jaringan Operator Menjelang Lebaran

  1. menurut gue axis sinyalnya jarang nge-drop (best quality)dan csnya ramah dan friendly. alhasil, hp gue jarang terrestart sendiri. o,ya apakah operator yang sepenuhnya alokasi frekuensinya di 1800mHz itu bagus ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s